Cara Perawatan Kista Payudara Alami Terbaik di Rumah

Perawatan Kista Payudara Alternatif dengan Bahan Alami di Rumah,-ujangherbal.com – Ladies, jangan langsung panik saat menemukan benjolan di payudara. Karena tidak semua benjolan di payudara merupakan kanker. Bisa saja benjolan di payudara yang Anda alami tersebut merupakan kista payudara.

Apakah kista payudara sama berbahayanya dengan kanker payudara ?

Anda jangan khawatir, karena kista payudara tidak berbahaya dan bersifat non kanker. Biasanya kista payudara dialami oleh wanita menjelang masa menopause antara usia 35 sampai 50 tahun. Walaupun begitu, kista payudara ini tetap bisa terjadi pada wanita usia berapapun.

Lalu, apakah ada cara perawatan kista payudara yang bisa dilakukan ? Tentu saja ada. Bahkan, Anda juga bisa memanfaatkan bahan alami yang ada di sekitar untuk membantu mengatasi kista payudara.

Untuk informasi lengkapnya, langsung simak uraian di bawah ini !

Perawatan Kista Payudara

Ramuan Bahan Alami untuk Perawatan Kista Payudara secara Tradisional

Payudara merupakan salah satu organ tubuh yang terdiri dari kelenjar yang memproduksi air susu serta saluran yang menyalurkan air susu ke puting. Sama halnya dengan organ tubuh lain, payudara juga bisa mengalami beberapa gangguan kesehatan, seperti salah satunya kista payudara.

Kista payudara merupakan benjolan yang berisi cairan dan tumbuh di jaringan payudara. Jika diraba, kista payudara terasa lembek seperti balon yang berisi air atau terkadang juga bisa terasa seperti benda padat.

Sampai saat ini, penyebab kista payudara sendiri belum diketahui secara pasti. Namun, terdapat beberapa faktor yang diduga dapat menyebabkan kista payudara, seperti kadar hormon estrogen di dalam tubuh tinggi.

Selain itu, gaya hidup dan tingkat stres yang tinggi juga bisa memicu pembentukan kista pada payudara. Namun, untungnya sebagian besar kista payudara bisa hilang dengan sendirinya. Walaupun begitu, pemeriksaan dan perawatan kista payudara tetap perlu dilakukan untuk mengetahui dan mengatasi kondisi kista yang Anda alami.

Cara Alternatif Perawatan Kista Payudara dengan Bahan Alami

Anda tidak perlu panik jika diketahui terdapat kista pada payudara. Karena kondisi ini bersifat jinak dan tidak berbahaya. Umumnya kista payudara tidak menimbulkan gejala dan juga tidak memerlukan pengobatan dokter.

Namun, jika Anda merasa tidak nyaman dan terganggu dengan rasa sakit yang timbul, Anda bisa memanfaatkan beberapa bahan alami berikut sebagai langkah perawatan kista payudara secara tradisional, diantaranya yaitu :

  • Daun sirsak

Pohon sirsak memiliki buah yang cukup nikmat untuk dikonsumsi dan tentunya juga menyehatkan. Namun, selain bagian buahnya, daun sirsak juga diketahui memiliki manfaat bagi kesehatan dan dapat membantu pengobatan berbagai penyakit, termasuk kista payudara.

Banyak penelitian yang telah dilakukan untuk mengetahui khasiat serta manfaat dari daun sirsak. Dan sekitar tahu 1965, berbagai studi yang dilakukan para ilmuwan membuktikan jika ekstrak daun sirsak memiliki khasiat yang lebih baik dari kemoterapi. Bahkan, ekstrak daun sirsak disebutkan mampu memperlambat pertumbuhan kanker dan tumor.

Salah satu kandungan senyawa yang terdapat dalam daun sirsak yaitu diantaranya Acetagonin yang mampu membunuh sel kanker, dan memiliki efek antioksidan untuk menjaga daya tahan tubuh. Mengonsumsi rebusan daun sirsak secara teratur bisa membantu menghentikan pertumbuhan kista.

  • Kulit manggis

Telah lama kulit manggis diketahui memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan dan dapat membantu mengobati berbagai jensi penyakit. Kulit manggis kaya akan kandungan antioksidan tinggi melebihi vitamin C dan E. Kandungan ini mampu menangkal radikal bebas, sehingga mengonsumsi rebusan kulit manggis secara teratur bisa membantu menghilangkan kista dalam tubuh.

  • Kunyit putih

Kunyit putih atau dalam istilah ilmiah disebut dengan curcuma mangga memiliki khasiat anti inflamasi yang berperan dalam mengobati peradangan. Tidak hanya itu, kunyit putih juga mampu membunuh sel kanker pada payudara.

Untuk mendapatkan manfaatnya Anda bisa mengolah kunyit putih menjadi teh rebusan dan mengkombinasikannya dengan temu putih. Rebus kedua bahan tersebut dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Anda bisa mengonsumsi air rebusan ini secara rutin 3 kali sehari.

  • Mahkota dewa

Mahkota dewa merupakan salah satu tanaman herbal khas Indonesia yang sudah sejak lama diketahui memiliki khasiat sebagai obat tradisional berbagai penyakit, termasuk untuk perawatan kista payudara.

Disebutkan jika mahkota dewa memiliki berbagai komposisi zat aktif seperti kandungan alkaloid, flavonoid, saponin, dan polifenol. Kandungan tersebut berfungsi sebagai anti bakteri dan anti inflamasi yang sangat baik untuk membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan.

Anda bisa mengolah mahkota dewa ini menjadi ramuan tradisional dengan komposisi 30% daun mahkota dewa, 10% buah mahkota dewa kering, dan 60% temu mangga. Semua bahan tersebut direbus dengan 4 gelas air hingga mendidih dan tersisa 2 gelas air. Konsumsi air rebusan tersebut 2 kali sehari.

  • Bunga evening primose

Bunga ini mengandung asam lemak esensial yang tinggi. Beberapa asam lemak disebutkan dapat mencegah pertumbuhan dari kista, termasuk kista payudara. Selain itu, bunga evening primose ini juga memiliki manfaat sebagai anti peradangan sehingga dapat mengurangi rasa nyeri yang timbul menyertai pertumbuhan kista.

  • Rumput mutiara

Rumput mutiara atau Hedyotis corymbosa merupakan tanaman perdu liar yang memiliki manfaat untuk membantu mengobati kista secara alami. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa merebus ramuan ini untuk kemudian diminum seperti ramuan herbal pada umumnya. Biasanya rumput mutiara ini direbus dengan campuran mahkota dewa dan benalu teh.

Itulah beberapa bahan alami pilihan yang bisa menjadi solusi perawatan kista payudara terbaik di rumah. Selain memanfaatkan bahan-bahan alami tersebut, Anda juga bisa melakukan beberapa langkah mudah berikut untuk mengurangi dan menghilangkan nyeri akibat kista payudara, diantaranya :

  • Kompres dengan air hangat atau dingin
  • Gunakan penyangga atau bra yang dapat menopang payudara denagn nyaman
  • Lakukan pola makan sehat

Semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat dan bisa menjadi solusi perawatan kista payudara terbaik yang dapat membantu mengatasi kista payudara yang dialami secara efektif. Semoga lekas sembuh.

Tags: