Perawatan Ketoasidosis Alkoholik, Gejala, dan Penyebabnya

Perawatan Ketoasidosis Alkoholik, Gejala, dan Penyebabnya,- Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata alkohol? Minuman keras, mabuk, dan kecanduan alkohol mungkin termasuk beberapa hal yang terpikirkan oleh sebagian besar orang ketika mendengar kata alkohol.

Namun selain itu, perlu diketahui alkohol ternyata juga bisa menjadi penyebab timbulnya kondisi yang berbahaya, salah satunya yaitu ketoasidosis alkoholik. Kondisi ini bisa terjadi jika alkohol dikonsumsi secara berlebihan dan dalam jangka panjang. Lalu, apa itu ketoasidosis alkoholik ? Apakah kondisi ini bisa membahayakan nyawa penderitanya ?

Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui informasi lengkap seputar ketoasidosis alkoholik beserta gejala, penyebab dan cara perawatan ketoasidosis alkoholik, simak informasi lengkapnya dibawah ini!

Perawatan Ketoasidosis Alkoholik

Mengetahui Cara Perawatan Ketoasidosis Alkoholik, Gejala, Penyebab, dan Pencegahannya

Ketoasidosis alkoholik yaitu suatu kondisi dimana benda keton didalam darah mengalami penumpukan. Keton sendiri adalah zat yang terbentuk dari sisa-sisa pembakaran lemak dalam tubuh untuk menghasilkan energi.

Secara sederhana, ketoasidosis alkoholik terjadi ketika bahan bakar yang berupa karbohidrat dan air dalam tubuh seorang pecandu alkohol habis. Maka, tubuh akan mulai membakar lemak dan protein, sebagai pengganti karbohidrat kedalam bentuk keton untuk menghasilkan energi.

Alkoholisme atau pecandu alkohol cenderung mengabaikan waktu makan. Tidak hanya itu, mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan juga bisa mengakibatkan muntah-muntah. Kondisi tubuh yang kekurangan asupan makanan dan diperparah dengan muntah secara terus menerus bisa mengakibatkan tubuh mengalami kelaparan yang menyebabkan berkurangnya produksi insulin dan berdampak pada defisiensi energi.

Setelah itu, secara otomatis lemak akan di bakar terus-menerus oleh tubuh untuk mensuplai energi tubuh. Pembakaran lemak inilah yang menyebabkan asam keton menumpuk dan menjurus pada penyakit ketoasidosis.

Ketoasidosis alkoholik merupakan kondisi yang serius dan bisa menyebabkan kematian. Maka dari itu, Anda perlu waspada. Segera periksakan diri ke dokter jika Anda mengalami beberapa gejala berikut :

  • Mual
  • Pusing
  • Sakit perut
  • Nafsu makan hilang
  • Muntah terus menerus
  • Sering merasa haus
  • Badan terasa lelah
  • Gerakan menjadi lebih lambat
  • Terlihat bingung
  • Terlihat resah dan gelisah
  • Tingkat kewaspadaan menurun
  • Napas menjadi cepat, dalam, dan tidak teratur (pernapasan Kussmaul)
  • Koma

Jika Anda didiagnosis dengan masalah ketoasidosis alkoholik, maka perawatan ketoasidosis alkoholik yang akan Anda dapatkan tergantung pada sejumlah faktor. Segera mencari bantuan setelah merasakan adanya beberapa gejala tersebut dapat membantu mengurangi timbulnya komplikasi serius. Pengobatan dan perawatan ketoasidosis alkoholik juga diperlukan untuk mencegah kondisi tersebut kembali kambuh.

Tips Perawatan Ketoasidosis Alkoholik yang Perlu Diketahui

Penderita ketoasidosis alkoholik harus mendapatkan perawatan di rumah sakit. Di rumah sakit, dokter akan memantau tanda vital penderita, termasuk detak jantung, tekanan darah, dan pernapasan. Penderita juga akan mendapatkan cairan infus, nutrisi, dan vitamin untuk mengganti cairan dan nutrisi tubuh yang sebelumnya telah hilang.

Namun, pada prinsipnya, utamanya terapi perawatan ketoasidosis alkoholik bertujuan untuk mengatasi penurunan cairan ekstraseluler, penurunan glikogen (gula otot), dan perbaikan rasio NADH dengan NAD+.

Maka dari itu, biasanya cairan infus yang diberikan berupa larutan garam fisiologis dan cairan gula (dextrose). Kemungkinan obat untuk mencegah efek samping kecanduan alkohol juga akan diberikan.

Apakah ada cara yang bisa dilakukan untuk mencegah ketoasidosis alkoholik ?

Untuk mencegah timbulnya kondisi tersebut, Anda bisa menyiasatinya dnegan cara membatasi asupan alkohol yang dikonsumsi. Jika Anda termasuk salah satu pecandu alkohol, sebaiknya carilah bantuan profesional untuk mengurangi tingkat kecanduan Anda.

Anda juga bisa belajar mengurangi asupan alkohol atau bahkan menghilangkannya sama seklai. Perlu diingat, Anda harus mengikuti semua hal yang telah direkomendasikan oleh dokter untuk memastikan jika Anda mendapatkan nutrisi dan pemulihan yang tepat.

Tags: