Prosedur Perawatan Idiopathic Thrombocytopenic Purpura Secara Medis

Perawatan Idiopathic Thrombocytopenic Purpura (ITP) Secara Medis,- www.ujangherbal.com – Idiopathic Thrombocytopenic Purpura atau ITP merupakan kondisi kelainan autoimun yang bisa dialami oleh anak dan dewasa. Namun, hingga saat ini penyebab pastinya belum diketahui. Anak-anak yang mengidap ITP memiliki peluang sembuh yang cukup besar dibandingkan orang dewasa.

Walaupun begitu, ada beberapa langkah perawatan Idiopathic Thrombocytopenic Purpura yang bisa dilakukan untuk membantu mencegah komplikasi serta meningkatkan kualitas hidup penderita. Bagaimana caranya? Berikut uraian lengkapnya !

Perawatan Idiopathic Thrombocytopenic Purpura

Prosedur Perawatan Idiopathic Thrombocytopenic Purpura Secara Medis

Idiopathic Thrombocytopenic Purpura (ITP) merupakan gangguan darah golongan autoimun yang ditandai dengan menurunnya jumlah trimbosit darah (trombositopenia) dalam tubuh, sehingga menimbulkan kecenderunagn perdarahan. Bentuk perdarahan yang timbul bisa sebagai purpura, yaitu perubahan warna pada kulit atau selaput lendir karena adanya perdarahan pembuluh darah kecil atau memar. Atau juga bisa dalam bentu ptechiae, yaitu bintik-bintik merah akibat pendarahan di dalam kulit.

Perawtaan Idiopathic Thrombocytopenic Purpura sangat bergantung oada jumlah trombosit dan usia. Prosedur perawatan mungkin tidak perlud ilakukan ketika tidak ada tanda perdarahan dan jumlah trombosit mendekati normal. Sedangkan pada kasus yang lebih serius, obat-obatan akan diberikan dan bahkan mungkin diperlukan operasi untuk situasi yang cukup parah.

Umumnya Idiopathic Thrombocytopenic Purpura yang terjadi pada anak akan pulih dengan sendirinya tanpa perlu perawatan khusus. ITP kurang lebih akan pulih dalam waktu 6 bulan dan anak dengan ITP kronis akan pulih kurang lebih beberapa tahun setelahnya.

Bagi orang dewasa dengan ITP ringan, perawatan khusus tidak diperlukan. Tetai penderita harus tetap diawasi dan melakuakn pemeriksaan jumlah trombosit secara rutin. Jika gejala yang dirasakan cukup mengganggu dan kdar trombosit cukup rendah, dokter akan menyarankan beberapa prosedur perawatan. Perawatan Idiopathic Thrombocytopenic Purpura ini bertujuan untuk memastikan jumlah trombosit yang aman dan mencegah perdarahan.

Berikut ini beberapa jensi obat yang biasanya digunakan dalam perawatan Idiopathic Thrombocytopenic Purpura, yaitu :

  • Kortikosteroid. Obat ini berfungsi untuk meningkatkan jumlah trombosit dengan cara menekan sistem kekebalan tubuh. Konsumsi obat ini bisa dihentikan jika jumlah trombosit telah kembali normal, namun tetap ikuti saran dokter ketika harus menghentikan konsumsi obat ini. Sebaiknya obat ini tidak dikonsumsi dalam jangka panjang. Pasalnya kortikosteroid bisa menimbulkan efek samping berupa bertambahnya berat badan, kadar gula darha tinggi, dan osteoporosis.
  • Terapi biologis. Rituximab merupakan salah satu contoh obat biologis. Obat ini diberikan jika kortikosteroid tidak dapat membantu dalam perawatan Idiopathic Thrombocytopenic Purpura. Obat ini memiliki fungsi untuk mengurangi aktivitas sistem kekebalan tubuh.
  • Throbopoietin receptor agonists. Obat ini berfungsi untuk meningkatkan produksi trombosit oleh sumsum tulang.
  • Intravenous immune globulin (IVIG). Obat ini berfungsi untuk meningkatkan jumlah sel darah sebelum operasi dan menghentikan perdarahan.

Operasi pada Idiopathic Thrombocytopenic Purpura

Jika Idiopathic Thrombocytopenic Purpura yang dialami parah dan obat-obatan tidak bisa lagi membantu mengatasi gejalanya yang timbu, maka operasi pengangkatan organ limpa atau splenektomi eprlu dilakukan. Prosedur perawatan Idiopathic Thrombocytopenic Purpura ini berfungsi untuk meningkatkan jumlah trombosit dalam tubuh dan menghilangakn sumber utama perusakan trombosit dalam tubuh.

Akan tetapi, prosedur ini jaranga sekali dilakukan karena akan meningkatkan risiko infeksid e ngan tidak adanya limpa dalam tubuh. Untuk menentukan prosedur perawatan Idiopathic Thrombocytopenic Purpura yang tepat untuk Anda, maka sebaiknya konsultasikan lebih lanjut dengan dokter.

Gejala Idiopathic Thrombocytopenic Purpura

Idiopathic Thrombocytopenic Purpura adalah kondisi yang memiliki gejala umum seperti perdarahan dan ruamh kulit yang tampak seperti bintik-bintik merah (ruam prtekie). Selain itu, ada beberapa gejala Idiopathic Thrombocytopenic Purpura lainnya yang mungkin timbul, seperti diantaranya :

  • Darah pada urine atau tinja
  • Perdarahan dari hidung atau mimisan
  • Perdarahan akibat luka yang berlangsung lebih lama
  • Perdarahan berlebih saat menstruasi
  • Memar mudah timbul atau terjadi pada banyak bagian tubuh
  • Perdarahan pada gusi, terutama setelah perawatan gigi
  • Sangat kelelahan
  • Perdarahan yang terjadi di bawah kulit dan terlihat seperti bintik-bintik merah-keunguan yang terjadi pada kaki

Khusus pada anak-anak, gejala Idiopathic Thrombocytopenic Purpura terkadang tidak timbul sama sekali. Ketika anak-anak mengidap ITP, sistem kekebalan tubuhnya secara keliru menghasilkan antibodi terhadap trombosit setelah infeksi virus atau kuman lain. Kondisi ini merupakan reaksi sistem kekebalan tubuh yang bisa terjadi selama beberapa minggu dan akhirnya menghilang. Namun, dalma beberapa kasus, ITP bisa menjadi kronis atau berkelanjutan.

Segera periksakan diri ke dokter jika Anda mengalami gejala tesebut. Selain itu, Anda juga perlu melakukan pemeriksaan jika mengalami perdarahan parah dan tidak berhenti dalam wkatu 5 menit. Setiap orang memiliki kondisi tubuh yang berbeda-beda. Maka dari itu, selalu konsultasikan dengan dokter mengenai kondisi yang Anda alami. Dengan begitu, maka dokter bisa menentukan prosedur perawatan Idiopathic Thrombocytopenic Purpura yang tepat sesuai dengan kondisi Anda.

Semoga bermanfaat.

Tags: