Cara Sederhana Perawatan Flu Beserta Pencegahannya

Cara Sederhana Perawatan Flu Beserta Pencegahannya РMemasuki peralihan dari musim kemarau ke musim hujan yang dikenal dengan masa pancaroba, yang selama musim pancaroba ini cuaca akan diperkirakan berubah dengan cepat, dari cerah menjadi berawan tebal hingga turunnya hujan. Sehingga cuaca sering tidak menentu. Dalam cuaca seperti ini, penyakit akan mudah menyerang, salah satu yang kerap menyerang di musim peralihan ini yaitu influenza atau flu. Meskipun penyakit ini tidak tergolong penyakit yang serius, tetapi dapat dipastikan semua pernah mengalami flu. Apakah ada cara perawatan flu? Mari kita simak penjelasannya dibawah ini.

cara perawatan flu

Pengertian Flu

Flu atau influenza adalah suatu infeksi virus yang menyerang pada sistem pernafasan (terdiri dari hidung, tenggorokan dan paru-paru). Kondisi flu normalnya berlangsung selama satu minggu, meskipun terkadang bisa bertahan hingga 2 minggu, dan dapat disembuhkan tanpa harus melakukan pengobatan. Karena ada cara perawatan flu yang sangat sederhana dan dapat Anda lakukan. Tetapi jika penyakit flu berlangsung lebih dari 2 minggu, sebaiknya untuk segara konsultasikan dengan dokter karena bisa jadi hal tersebut merupakan suatu tanda yang serius.

Pada kebanyakan orang mengalami flu 2 hingga 4 kali dalam setahun. Sementara pada anak-anak akan lebih rentan terkena flu setidaknya 6 hingga 10 kali dalam setahun. Datangnya virus flu dalam sekitar 200 bentuk yang berbeda-beda. Bisa dengan melalui pernafasan, bersentuhan atau berjabat tangan. Ada statistik yang menunjukkan bahwa seseorang yang menderita asma atau alergi kemungkinan akan lebih mudah terinfeksi virus flu. Bahkan stress juga menjadi salah satu alasan mengalami kondisi tersebut.

Gejala umum dari flu :

  • Hidung tersumbat dan berair
  • Bersin
  • Batuk
  • Sakit tenggorokan
  • Mata berair
  • Demam
  • Berkurangnya fungsi indera penciuman
  • Kelelahan

Cara Perawatan Flu

Pada dasarnya flu dapat sembuh dengan sendirinya. Umumnya flu akan sembuh dalam waktu 2-7 hari. Untuk obat-obatan baik dari dokter ataupun bukan, berfungsi untuk meredakan gejala flu saja. Dan berikut ini ada beberapa cara perawatan flu yang cukup sederhana, diantaranya :

  • Minum air hangat

Dengan meminum air hangat dapat membantu untuk mengencerkan lendir yang ada didalam sinus sehingga akan melancarkan aliran dan terasa lebih baik. Teh panas tanpa kafein bisa menjadi pilihan Anda. Bila perlu pilihlah teh herbal seperti kamomil atau pepermin untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Caranya tambahkan sedikit madu dan lemon agar tenggorokan tenang dan dapat mempertahankan efek lebih lama. Selain itu kamomil juga bermanfaat untuk mengurangi stress dan kelelahan, sedangkan pada pepermin dapat melegakan hidung yang tersumbat.

  • Istirahat

Istirahat juga menjadi salah satu cara perawatan flu. Karena Anda harus mendapatkan banyak istirahat supaya tubuh dapat melawan virus flu dengan baik dan efisien.

  • Mandi dengan air panas

Mandi air panas merupakan cara perawatan flu yang umum dilakukan. Tidak mandi adalah salah satu kesalahan yang sering dilakukan, karena mandi air hangat justru dapat membantu tubuh menjadi lebih segar. Selain itu juga, adanya uap yang dikeluarkan dari air panas akan membantu untuk mengeluarkan cairan atau lendir dari hidung. Apabila mengalami bersin-bersin, maka hal ini akan menjadi petanda baik.

  • Rajin mencuci tangan

Cara perawatan flu lainnya yaitu rajin mencuci tangan, bila perlu gunakan cairan antiseptik. Saat sedang pilek, Anda bisa mencuci tangan dengan air hangat, karena cara ini dapat membantu untuk membersihkan kuman dan virus di bagian luar tubuh.

  • Konsumsi makanan mengandung protein

Salah satu makanan yang mengandung protein yaitu telur. Telur mengandung protein dan asam amino yang penting dalam melawan adanya infeksi virus atau bakter dalam tubuh. Selain itu, mengonsumsi telur juga dapat membantu untuk mendapatkan tenaga dan sumber nutrisi yang sangat penting. Jika sedang merasa tidak nafsu makan, telur dapat menjadi penggantinya.

  • Konsumsi vitamin C

Vitamin C menjadi cara perawatan flu. Bahkan cara ini baik dalam mengatasi berbagai masalah saat pilek seperti batuk dan sakit kepala. Kandungan vitamin C ini menjadi antioksidan alami dan dapat melawan berbagai macam sumber infeksi. Selain itu juga penting untuk menurunkan demam dalam waktu yang cepat. Buah jeruk dan stroberry merupakan jenis buah yang tinggi akan vitamin C.

Langkah Pencegahan Flu

Perlu diketahui bahwa virus flu dapat menular dengan melalui butiran liur yang dikeluarkan oleh penderita ketika sedang bersin atau batuk. Selain itu juga, pada benda-benda yang telah terkontaminasi virus flu dapat menjadi media penularan. Terdapat langkah utama untuk mencegah penyakit ini yaitu dengan cara menjaga kebersihan. Seperti yang telah dijelaskan diatas yakni untuk mencuci tangan sebelum makan. Sementara bagi pengendara umum, disarankan untuk memakai masker ketika sedang bepergian.

Tags: