Gejala, Penyebab, Dan Langkah-Langkah Perawatan Cystitis

Perawatan Cystitis, Gejala, Penyebab, Pencegahan, Serta Pengobatan Secara Tepat – Selamat datang di website kami www.ujangherbal.com yang dalam kesempatan ini akan berbagi informasi kesehatan mengenai salah satu penyakit yang kebanyakan sering dialami oleh kaum wanita yaitu Penyakit cystitis. Apabila anda belum mengetahui tentang penyakit cystitis atau bahkan Anda tengah mengalami Penyakit ini, akan lebih baik untuk menyimak terus artikel kami. Sebab, disini akan dibahas juga mengenai bagaimana cara perawatan cystitis secara tepat.

Gejala, Penyebab, Dan Langkah-Langkah Perawatan Cystitis

Cystitis adalah peradangan (inflamasi) yang terjadi pada kantung kemih. Gangguan ini umumnya tidak menimbulkan masalah yang serius, hanya saja kondisinya dapat mengganggu kenyamanan.

Kebanyakan kaum wanita yang mengalami Penyakit cystitis ini, karena uretra (saluran urine) pada wanita mempunyai ukuran yang lebih pendek dibandingkan pada pria. Sehingga bakteri dari anus dapat masuk dengan mudah ke dalam kandung kemih.

Gejala Cystitis

Hal yang mengidentifikasi penyakit cystitis adalah munculnya gejala-gejala berikut ini:

  • Terdapat darah pada urine
  • Terasa nyeri dibagian bawah perut
  • Adanya rasa sakit atau perih ketika buang air kecil
  • Urine berbau tajam atau menjadi keruh
  • Frekuensi untuk buang air kecil melebihi normal serta dengan jumlah sedikit
  • Tubuh menjadi terasa kurang sehat atau bahkan terjadi demam.

Sedangkan pada anak-anak gejala yang ditimbulkan ialah berupa muntah, selera makan berkurang, lemas, sering mengompol, menjadi lebih rewel, dan terjadi demam juga yang suhu tubuhnya melebihi 38 derajat Celcius.

Gejala-gejala ini sangat penting untuk diketahui agar Anda lebih awal menyadari bahwa penyakit cystitis terjadi pada diri Anda. Sehingga Perawatan cystitis pun akan lebih cepat dilakukan dan Anda dapat dengan cepat sembuh dari penyakit ini.

Faktor Risiko Dan Penyebab Cystitis

Penyebab utama dari penyakit ini ialah karena bakteri yang masuk dan berkembang biak di dalam saluran kemih. Biasanya bakteri ini dapat masuk melalui uretra dengan cara seperti saat menggunakan kateter, kebiasaan menyeka anus ke arah vagina, dapat juga ketika berhubungan seksual.

Selain itu, infeksi bakteri dapat semakin membesar pada orang yang sedang mengalami penyakit diabetes, menopause, atau gangguan menggosongkan kandungan kemih.

Faktor-faktor pemicu Cystitis, diantaranya:

  • Radioterapi.
  • Bahan-bahan kimia. seperti yang terdapat pada sabun pembersih daerah kewanitaan
  • Penggunaan pada obat-obatan kemoterapi.
  • Dapat pula dipicu oleh beberapa penyakit tertentu.
    (Seperti pembesaran prostat, batu ginjal, dan peradangan atau pembengkakkan pada saluran kemih).

Langkah-Langkah Perawatan Cystitis

Langkah-langkah perawatan cystitis ini dapat dilakukan dengan pengobatan dan pencegahan, sebagai berikut:

Pengobatan cystitis

Langkah-langkah perawatan Cystitis secara mandiri untuk mengurangi gejala Cystitis. Diantaranya dengan mengompres di antara kedua paha atau perut menggunakan air hangat, memperbanyak minum, serta jika dibutuhkan dapat mengonsumsi obat pereda nyeri (ibuprofen atau paracetamol).

Saat gejala Cystitis tidak mereda, dapat dilakukan penanganan melalui pemberian obat antibiotik yang akan berfungsi untuk mengatasi infeksi tersebut. Dosis yang akan diberikan dokter pada pemakaian antibiotik ini akan disesuaikan pada bakteri yang terdapat pada urine juga pada tingkat keparahan cystitis. Pada kasus cystitis yang berulang, biasanya dokter akan menganjurkan untuk lebih lama mengkonsumsi antibiotik.

Pencegahan cystitis

Ada langkah-langkah sederhana yang dapat dilakukan untuk menghindari peradangan, dan mencegah kambuhnya cystitis. Yaitu:

  • Memperbanyak minum untuk dapat mencegah perkembangbiakkan bakteri di dalam kandung kemih.
  • Hindari pemakaian sabun mandi atau sabun pembersih organ intim yang mengandung farfum pada saat membersihkan organ intim.
  • Selalu kenakan celana dalam yang berbahan katun lembut
  • Tidak menahan keinginan buang air kecil.
  • Serta menyeka anus atau dubur ke arah belakang.

Inilah informasi mengenai cystitis yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat untuk kesehatan Anda.

Terima kasih.

Tags: