Penyebab Obesitas-Pengobatan dan Gejala

Penyebab Obesitas-Pengobatan dan Gejala – Obesitas merupakan kondisi ujangherbal tubuh yang mengandung telalu banyak lemak. Orang akan mengatakan obesitas yang di sebutkan dengan kegemukan. Berat badan yang terlalu berlebihan salah satu gejala yang di alami oleh orang yang mengalami obesitas. Yang mengalami obesitas dapat menimbulkan bebrapa penyakit yang dapat menyerang tubuh seperti darah tinggi, dibetes serta dapat menimbulkan penyakit lainya, Maka Obasitas tidak baik untuk kesehatan.

Penyebab Obesitas-Pengobatan dan Gejala

Penyebab Obesitas-Pengobatan dan Gejala

Obesitas ditentukan dengan penghitung IMT, namun tidak secara langsung mampu mengukur kadar lemak dalam tubuh. Cara penghitung IMT adalah berat badan dalam kilogram di bagi kuadrat dan tinggi badan dalam satuan meter. IMT Sehat adalah yang dalam rentang 24,9-18,5 kg/m2, IMT berada di angka 25-29,9 disebut sebagai ”overweight” 34-34.9 disebut ”Obesitas kelas I”, 0-39,9.35 disebut ”Obesitas kelas II, dan di atas 40 desiebut Obesitas III.

Obesitas baik bagi perempuan ataupun laki laki penyakit Obesitas tidak baik, selain mengurangi penampilang obesitas memiliki resiko kesehatan. Orang yang punya penyakit yang lebih gemuk dari orang lain menjadi kurang percaya diri. Apalagi buat wanita, menurut pandangan banyak wanita yang seksi dan cantik yaitu wanita yang tida terlalu gemuk (tidsk obesitas) serta tidak terlallu kurus.

Penyebab Obesitas-Pengobatan dan Gejala

Obesitas terjadi ketika tubuh mengkonsumsi lebih banyak kalori dari pada membakan kalori. Di masa lalu, banyak orang yang berpikir bahwa obesitas itu hanya disebabkan oleh makan berlebihan dan kurang.nya berolahraga, Kurang kemauan dan kontrol diri. para ahli mengakui bahwa obesitas itu merupakan masalah medis yang kompleks yang melibatkan faktor gentik (keturunan), prilaku, lingkungan dan sosial. faktor ini berperan dalam menentukan berat badan seseorang.

faktor gentik (keturunann) tentu dapat menyebabkan perubahan nafsu makan dan metabolisme lemak yang memicu obesitas. Untuk orang yang gentik renta terhadap kenaikan berat badan ( misalnya, memiliki metabolisme yang lebih rendah) risiko menjadi obesitas tinggi.

Hipotiroid atau kadar tiroid yang rendah. Kadar tiroid yang rendah juga dapat menjadi pemicu berat badan seseorang mudah naik, umumnya banyak dialami oleh kaum wanita. sesorang yang kekurangan cairan tiroid dalam tubuhnya menyebabkan lemak yang menumpuk dalam darah, susah di cairkan dan laju metabolisme tubuh berjalan lamban.

Penyebab Obesitas-Pengobatan dan Gejala

Pengobatan Obesitas

Obesitas dapat di tangani sendiri dengan menerapkan pola makan teratur dan makan makanan yang sehat sepeerti mengkonsumsi makanan yang tidak berlemak dn gula, anda juga harus berolahraga teratur agar berat badan terjaga . Olahraga tidak perlur berat2 misalakan dngan aktivitas berjalan pagi, bermail bulu tangkis, bersepedah atau berenang sudah cukup, asalkan dilakukan dengan olahraga secara rutin. Di anjurkan dengan berolahraga  2,5-5 jam tiap minggu.

Perlu di ingan bahwa berat badan dilakukan dengan usaha sendiri membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Karena itu dibutuhkan kesabaran demi mencapai hasil yang di inginkan dan komitmen untuk mempertahankan dalam jangka panjang.

Gejala Obesitas

Obesitas sudah jelas terlihat dari fisik , Berat badan yang berlebihan dan bentuk tubuh yang tida propesional.

Obesitas yang memiliki gangguan asupan makanan, seperti makan tidak merasa kenyang , makan yang berlebihan, kebiasaan makan sebelum tidur ini yang menyebabkanya.

namun gejala yang timbul dapat diakibatkan oleh komplikasi dari obesitas itu sendiri, seperti :

  • Pada komplikasi diabetes,: rasa sering lapar, sering buang air kecil, rasa sering haus, dan peningkatan atau penurunan berat badan berlebihan yang tidak dapat dijelaskan.
  • sesak nafas, Pada komplikasi penyakit paru-paru.
  • Pada komplikasi serangan jantung; dad terasa berat, nyeri dada, dan sebagainya.

Perlu di ingat bahwa penurunan berat badan yang di lakuakan usaha sendiri membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Karena itu dibutuhkan kesabaran demi mencapai hasil yang di inginkan dan komitmen untuk mempertahankannya dalam jangka panjang.

Tags: