Penyebab Hemokromatosis

Selamat datang di website resmi  kami, Terimakasih anda sudah mengunjungi websit ujangherbal Kali ini kami  akan menjelaskan tentang penyakit dan penyebab Hemokromatosis sekaligus dengan pengobatannya.  Apa yang di maksud penyakit Hemokromatitis?

Penyebab Hemokromatosis

Penyebab Hemokromatosis

Penyebab Hemokromatosis – Hemokromatosis adalah kelainan metabolis, dimana tubuh meneyerap terlalu banyak zat besi. Pada dasarnya zat besi merupakan nutrisi penting yang berasal dari jenis makanan.  Zat besi ini lalu bertugas membawa oksigen di dalam hemoglobin darah. Kelebihaqn zat besi juga dapat di simpan dalam pankreas, sendi, hati, testi atau ovarium. Tindakan utama dalam mengatasi Hemokromatosis adalah penghapus rutin darah, dilakukan untuk mengurangi kelebihan zat besi dari tubuh. Jika gejala Hemokromatosis dapat dideteksikan sejak awal,dan pengobatan segera diberikan kemungkinann untuk sembuh.

Gejala Hemokromatosis

Gejala penyakit Hemokromatosis biasanya akan timbul pada kisaran usia 30 dan 50 tahun. Gejala pertama biasanya akan terlihat jelas dan mungkin termasuk merasakan lemah dan lelah, pada sendi dan perut.

Gejala yang lebih sepesik akan semakin terlihat beberapa gejala diantaranya termasuk diabetes, peningkatan volume hati, sirosis hati, penyakit otot jantung (kardiomiopati) dan masalah persendian, terutama buku jari dan dua sendi pertama pada jari,

Jika hemokromatitis berkembang tersebu dapat menyebabkan hilangnya hasrat dan berkurangnya bulu bulu pada tubuh. Penderita pada wanita akan mengalami impontensi, sementara penderita wanita akan mengalami gangguan menstruasi seperti berhentinya menstruasi, Dan pada penderita laki laki juga akan mengalami impotensi. Beberapa gangguan lainjuga bisa terjadi, seperti gangguan depresi, mudah tersinggung, dan gangguan nemori.

Penyebab Hemokromatosis

Hemokromatosis disebabkan oleh mutasi gen yang bmengontrol jumlah zat besi yang diserap dari makanan. Kondisi dri orang tua kepada anak-anak.nya. Gen bermutasi pada pasien dengan Hemokromatosiss keturunan disebut HFE. Seorang anak mewarisi satu gen HFE dari salah satu orang tua mereka. Namun jika kedua orang tua mewariskan gen HFE kepada anak mereka, anak dapat menderita hemokromatosis

Tubuh memerlukan zat besi untuk memproduksi hemoglobin dalam sel darah yang berfungsi untuk mengikat dan mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh. Makanan yang di konsumsi sesuai kebutuhan. Umumnya hanya 8-10% zat besi dari makanan yang diserap oleh tubuh. Sedengkan pada penderita Hemokromatosis, penyerapan zat besi bisa sampai 4 kali lipat dari normal. Selain itu, terdapat juga gangguan pada proses pengangkata zat besi didalam tubuh yang normal.

Pencegahan Hemokromatosis

Perinsipnya Hemokromatosis primer tidak bisa dicegah. Risiko akan meningkatkan padaa kondisi seperti adanya riwayat keluarga, merupakan pada wanita post menopause dan ras Eropa.

Hemokromatosis dapat di hindari dengan faktor resikonya seperti : Melakukan cek bila ada riwayat diabetes dalam keluarga, konsumsi alkohol, penyakit hati,diabetes,serta kebanyakan mengkonsumsi suplemen zat besi  dan Vitamin C.

Tags: