Pengobatan Tinnitus Secara Alami Gejala dan Penyebabnya

Pengobatan Tinnitus Secara Alami Gejala dan Penyebabnya – Telinga merupakan salah satu panca indera yang sangat penting dalam kehidupan kita. Jika kita tidak ada telinga, maka hidup pun akan sunyi karena tidak bisa mendengar apa-apa. Itulah alasannya mengapa sangat penting dalam menjaga kesehatan telinga, jangan sampai menyesal setelah terkena gangguan pada telinga, salah satunya yaitu Tinnitus.

pengobatan tinnitus secara alami gejala dan penyebabnya

Definisi Tinnitus

Apa itu Tinnitus?

Tinnitus lebih dikenal dengan telinga berdenging yaitu persepsi dering di bagian telinga yang diakibatkan oleh suatu kondisi tertentu, yang berkaitan dengan hilangnya pengdengaran saat memasuki usia menua, terjadinya cedera pada telinga, atau adanya gangguan pada sistem sirkulasi. Sebenarnya tinnitus ini merupakan penyakit yang umum terjadi, bahkan tidak ada obat medis yang khusus untuk menyembuhkan kondisi tinnitus. Mungkin Anda akan diberikan saran-saran oleh dokter dan minum obat yang umum digunakan pada penyakit ringan tersebut.

Tanda & Gejala Tinnitus (Telinga Berdenging)

Pada umumnya kondisi tinnitus ini ditandai dengan timbulnya bunyi yang berdenging pada telinga, juga dapat berupa bunyi berdesis, atau bahkan siulan. Pada bunyi tersebut bisa saja terdengar pada salah satu atau kedua telinga orang yang mengalaminya. Kondisi ini memang bukan kondisi yang serius dan akan membaik dengan sendirinya. Akan tetapi kita juga harus tetap mewaspadai dan tidak ada salahnya untuk konsultasikan pada dokter, terutama jika :

  • Bunyi yang muncul sangat mengganggu pada aktivitas sehari-hari seperti susah tidur atau mengalami depresi.
  • Tinnitus akan muncul setelah penderita mengalami infeksi pada saluran pernafasan atas (seperti flu), yang tidak kunjung membaik dalam kurun waktu 7 hari.
  • Tinnitus yang disertai dengan rasa pusing atau kehilangan pendengaran.

Untuk penyebab terjadinya kondisi tinnitus sebagian besar yaitu karena mendengarkan suara yang terlalu keras dan dalam jangka waktu yang cukup lama. Hal ini bisa terjadi karena Anda menggunakan earphone yang terlalu sering, waktu yang lama dan dengan volume yang cukup keras. Selain itu juga dapat terjadi akibat dari cedera pada ujung syaraf dan infeksi telinga, adanya penumpukan kotoran pada telinga, dan lain-lain.

Pengobatan Tinnitus Secara Alami

Berikut ini ada sejumlah obat alami dalam pengobatan tinnitus yang bisa digunakan agar telinga tidak lagi mengalami berdengung secara terus-terusan, antara lain :

1. Cuka sari apel

Ternyata cuka sari apel dapat digunakan dalam pengobatan tinnitus baik dalam meredakan peradangan yang bersifat anti-inflamasi. Dengan mengkonsumsi cuka sari apel juga akan meredakan adanya infeksi, caranya seduh cuka apel setengah cangkir menggunakan air hangat dan minum sebanyak 2 kali sehari.

2. Ginkgo Biloba

Untuk pengobatan tinnitus secara alami selanjutnya yaitu menggunakan ginkgo biloba, karena ginkgo biloba mampu untuk melancarkan peredaran darah dan dapat meningkatkan fungsi dari pendengaran. Adanya sensasi dengung pada telinga dapat berkurang dengan penggunaan bahan alami ini karena bersifat antijamur dan antibakteri yang bekerja secara maksimal.

3. Pisang

Pisang adalah obat alami untuk meredakan kondisi tinnitus, karena dipercaya dapat membersihkan telinga dan mengurangi suara dering dan dengung. Caranya Anda bisa makan pisang sebanyak 3 kali sehari selama seminggu guna untuk memperbaiki kondisi tinnitus. Selain itu Anda juga bisa makan buah lainnya yang cukup keras dan membutuhkan banyak untuk mengunyah seperti apel, pir dan nanas yang akan membantu dalam meningkatkan sirkulasi darah ke telinga serta dapat membantu untuk meringankan gejala tinnitus.

4. Daun Kemangi

Daun kemangi yang biasanya digunakan sebagai lalapan dan sangat berguna untuk mengatasi bau mulut. Namun ternyata daun kemangi juga dapat digunakan untuk pengobatan tinnitus. Adanya kandungan antibakteri pada daun kemangi tersebut dapat bekerja secara optimal sebagai pembunuh bakteri yang menyebabkan telinga sering mengalami berdenging. Apabila denging tersebut disertai dengan rasa sakit, maka daun kemangi ini mampu untuk meredakan rasa sakit yang dialami.

5. Bawang Putih

Tinnitus dapat terjadi karena udara yang sangat dingin. Bawang putih ternyata juga salah satu pengobatan tinnitus secara alami. Cara penggunaannya, goreng terlebih dahulu sebanyak 2 siung dan sesendok makan minyak wijen. Setelah melakukan penyaringan, biarkan hingga dingin. Anda juga dapat menaruh beberapa tetes minyak ke bagian kanal telinga yang dilakukan setiap sebelum tidur selama satu minggu penuh.

6. Labu

Ternyata labu juga dapat digunakan untuk pengobatan tinnitus yang paling mujarab. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung tanpa harus membuat ramuannya. Sebaiknya konsumsi secara rutin setiap hari hingga telinga terasa membaik. Selain itu, labu siem juga bisa dikonsumsi sebagai lalapan.

Perlu diketahui bahwa, secara signifikan kondisi tinnitus bisa mempengaruhi pada kualitas hidup seseorang, yang dimana adanya dampak yang terjadi dari tinnitus untuk setiap orang berbeda-beda, akan tetapi memiliki kaitan yang erat dengan hal-hal dibawah ini, seperti :

  • Stress
  • Kelelahan Kronis (Fatique)
  • Insomnia
  • Susah untuk berkonsentrasi
  • Menurunnya daya ingat
  • Depresi
  • Mengalami kekhawatiran yang berlebih

Itulah sejumlah obat alami untuk pengobatan tinnitus yang dapat Anda coba dirumah ketika telinga Anda berdengung secara terus menerus. Akan lebih baik lagi jika Anda juga menghentikan kebiasaan penyebab tinnitus seperti mendengarkan musik yang terlalu keras menggunakan earphone dan dalam jangka waktu yang lama. Pastikan juga saat tidur, tidak ada suara yang mengganggu karena telinga juga butuh istirahat.

Tags: