Pengobatan Penyakit Gondok dengan Manfaat Bahan Alami

Pengobatan Penyakit Gondok dengan Manfaat Ramuan Bahan Alami,- Leher terasa membengkak dan sulit menelan ? Mungkin Anda mengalami gondok. Tidak hanya menimbulka ketidaknyamanan, penyakit gondok ini juga bisa menimbulkan benjolan di leher sampai sulit bernapas. Namun, setiap penderita mungkin mengalami gejala yang berbeda, tergantung dengan tingkat keparahan dari penyakit gondok yang dialami.

Lalu, bagaimana cara pengobatan penyakit gondok secara alami yang tepat dan efektif ? Simak uraian lengkapnya dibawah ini !

Pengobatan Penyakit Gondok

Mengetahui Cara Pengobatan Penyakit Gondok dengan Manfaat Ramuan Bahan Alami

Sebelum mengetahui langkah pengobatan penyakit gondok, alangkah baiknya jika kita ketahui terlebih dahulu apa itu penyakit gondok.

Penyakit gondok merupakan suatu kondisi dimana kelenjar tiroid mengalami pembengkakan. Ukuran pembengkakan atau benjolan gondok ini berbeda pada setiap individu.

Hampir sebagian besar penderita penyakit gondok tidak merasakan adanya gejala apapun, kecuali timbulnya benjolan di leher. Pembengkakan atau benjolan yang tidak normal pada leher merupakan gejala utama yang biasanya dikeluhkan oleh penderita. Akan tetapi, pada kasus yang lebih parah, gejala penyakit gondok seperti batuk-batuk, suara serak, susah menelan, leher terasa tercekik, dan sulit bernapas terkadang sering dialami oleh penderita.

Kekurangan yodium merupakan salah satu penyebab utama terjadinya gondok di masa lalu. Namun pada saat ini, penyebab penyakit gondok terkadang sulit untuk diketahui. Namun, terdapat beberapa faktor yang diduga menjadi faktor umum timbulnya penyakit gondok, diantaranya seperti :

  • Hipertiroidisme dan hipotiroidisme
  • Pengaruh kanker tiroid
  • Pajanan radiasi, seperti ketika menjalani radioterapi
  • Defisiensi yodium
  • Keberadaan nodul dalam kelenjar tiroid
  • Perubahan hormon karena pubertas, kehamilan, dan menopause
  • Kebiasaan merokok
  • Pengaruh obat litium yang biasanya digunakan untuk mengatasi depresi dan gangguan bipolar
  • Peradangan kelenjar tiroid yang disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, atau obat-obatan tertentu.

Langkah Pengobatan Penyakit Gondok dengan Manfaat Bahan Alami

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengobati penyakit gondok, salah satunya yaitu dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Saat ini, bahan alami memang sering menjadi pilihan untuk membantu pengobatan penyakit. Selain lebih terjangkau, pengobatan alami juga diyakini memiliki manfaat yang tidak kalah dengan pengobatan medis serta lebih aman dan minim efek samping.

Dan berikut ini merupakan beberapa bahan alami yang diketahui memiliki manfaat untuk membantu pengobatan penyakit gondok secara alami, yaitu :

Belimbing wuluh

Belimbing wuluh atau belimbing sayur ini sering dijadikan sebagai lalapan oleh masyarakat Indonesia. Namun, apakah Anda tahu, jika belimbing wuluh ini manfaat untuk kesehatan ?

Salah satu manfaat dari belimbing wuluh yang perlu diketahui yaitu dapat membantu mengatasi penyakit gondok. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa membuat ramuan alami dari belimbing wuluh, caranya :

  • Siapkan belimbing wuluh dan bawang merah
  • Cuci belimbing wuluh dan bawang merah sampai bersih, kemudian hancurkan
  • Balurkan ramuan tersebut pada bagian leher yang bengkak
  • Lakukan perawatan ini setiap hari ntuk membantu mengurangi pembengkakan.

Daun Dandelion (Daun Randa Tapak)

Daun Dandelion merupakan ramuan bahan alami berikutnya yang memiliki manfaat untuk membantu mengobati penyakit gondok. Ramuan ini diketahui memiliki khasiat untuk membantu mengurangi pembengkakan di leher. Untuk penggunaannya, Anda bisa mengolah ramuan tersebut dengan cara berikut :

  • Haluskan daun dandelion dengan sedikit air putih hingga menjadi pasta
  • Campurkan pasta daun dendilion yang telah jadi dengan mentega, kemudian panaskan
  • Balurkan ramuan tersebut ke daerah sekitar leher yang bengkak dan diamkan selama kurang lebih 15 – 20 menit
  • Setelah kering, bilas dengan air
  • Ulangi pengobatan penyakit gondok ini setiap hari selama 2-3 minggu atau sampai gejala berkurang.

Bawang putih

Bawang putih memang telah dikenal kaya akan khasiat untuk kesehatan tubuh. Salah satu manfaat kesehatan bawang putih yang juga perlu diketahui yaitu mampu mengurangi pembengkakan dan mendorong produksi glutathione, molekul yang membantu kelenjar tiroid agar tetap sehat. Tidak hanya itu, bawang putih juga kaya akan kandungan antioksidan dan mengandung banyak senyawa yang bersifat antiinflamasi.

Cara untuk mendapatkan manfaatnya, yaitu :

  • Anda bisa mengunyah 3-4 siung bawah putih secara langsung di pagi hari. Atau juga bisa ditambahkan sedikit cengkeh.
  • Anda juga bisa merebus 1/2 sendok teh bawang putih yang sudah dicincang dengan secangkir air. Tambahkan juga 1/2 sendok teh perasan lemon, dan 1 sendok teh madu murni. Minum ramuan tersebut setiap hari secara teratur.

Selada air

Selain enak untuk dikonsumsi, selada air ini ternyata juga diperkaya dengan kandungan yodium, sulfur, germanium, vitamin B17, serta antioksidan. Dengan kandungan yang dimilikinya, menjadikan selada air ini bisa membantu mengobati penyakit gondok secara alami.

Untuk langkah pencegahan penyakit gondok, Anda bisa menambahkan selada air ke dalam masakah Anda. Dan untuk pengobatan, Anda bisa menghaluskan selada air hingga menghasilkan 2 sendok makan pasta. Balurkan pasta ini pada bagian leher dan diamkan selama 15-20 menit. Kemudian bilas dengan air dan keringkan. Lakukan pengobatan penyakit gondok ini secara teratur setiap hari hingga kondisi membaik.

Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan 2 sendok makan selada air yang telah dihaluskan dengan 1/2 gelas air putih. Minum ramuan tersebut 3 kali sehari selama 5-6 minggu atau hingga gondok sembuh.

Akar jarong

Akar jarong merupakan ramuan bahan alami selanjutnya yang diketahui dapat membantu proses pengobatan penyakit gondok. Cara membuat ramuan alami ini cukup mudah, Anda hanya perlu merebus akar jarong hingga mendidih dan konsumsi air rebusannya minimal 2 kali sehari secara rutin. Selain itu, kita juga bisa menempelkan akar jarong pada bagian leher untuk membantu mengurangi pembengkakan akibat penyakit gondok.

Biji rami

Dalam pengobatan India kuno, biji rami sering digunakan untuk membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan pada setiap penyakit. Hal ini disebabkan karena biji ramu mengandung banyak vitamin dan mineral. Kandungan tersebut juga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan penyakit gondok, mengurangi peradangan, serta pembengkakan.

Cara pembuatan :

  • Tumbuk 2 sendok makan biji rami hingga halus
  • Campurkan biji rami yang telah halus tersebut dengan sedikit air dan aplikasikan pada bagian leher yang bengkak selama kurang lebih 15-20 menit
  • Bilas dengan air dan keringkan.

Itulah beberapa ramuan bahan alami yang diketahui memiliki manfaat yang dapat membantu proses pengobatan penyakit gondok secara alami. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan bisa menjadi solusi terbaik untuk Anda. Semoga lekas sembuh.

Tags: