Pengobatan Mata Kering

Pengobatan Mata Kering Secara Alami Serta Pencegahannya –¬†Pernahkah anda tiba-tiba mengalami penglihatan menjadi buram sementara lalu membaik ketika mengedip? serta mengalami mata merah dan bengkak terasa gatal, panas, bahkan sakit? juga terdapat adanya selaput lendir tipis di area sekitar mata?

Jika pernah, Anda sebaiknya perlu waspada karena kondisi tersebut merupakan ciri dari gejala-gejala penyakit mata kering.

Pengobatan Mata Kering

Sebelumnya, apa itu penyakit mata kering?
Penyakit mata kering adalah kondisi dimana mata mengalami kekurangan cairan yang di akibatkan produksi air mata yang terlalu sedikit atau karena air mata yang mudah menguap.

Apakah penyakit mata kering dapat di hindari?

Cara Pencegahan Mata Kering

Penyakit mata kering dapat di hindari atau di cegah dengan beberapa cara, yaitu;

  • Selalu menjaga kebersihan area di sekitar mata.
  • Cukupi kebutuhan cairan mata dengan mengkonsumsi air mineral.
  • Perbanyak mengonsumsi makanan yang kaya akan zat Omega-3 dan Omega-7.
  • Lindungi mata Anda dari paparan debu dan paparan asap (biasanya pada saat anda sedang berada di jalan raya).
  • Gunakan produk pelembab udara
  • Istirahatkan mata Anda saat sudah terasa tegang atau lelah setelah bekerja seharian di depan layar komputer.
  • Menghindari pemakaian make-up mata seperti mascara dan eyeliner

Tahukah anda bagaimana cara pengobatan mata kering?

Pengobatan Mata Kering

Anda dapat melakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter untuk mendapatkan penanganan dan pengobatan mata kering yang tepat. Biasanya dokter akan menawarkan prosedur penyumbatan saluran pembuangan air mata atau sumbat punktus. Melalui cara ini, lubang-lubang pembuangan air mata yang terdapat di sudut mata akan disumbat agar mata tidak cepat kering. Prosedur ini terdapat yang bersifat sementara dan juga permanen. Prosedur yang akan dijalankan tentunya tergantung dengan persetujuan pasien.

Pengobatan Mata Kering Secara Alami

Di samping itu, sebelum ke dokter Anda juga dapat mencoba melakukan pengobatan mata kering sendiri terlebih dahulu apabila gejala yang di alami masih tergolong ringan.

Berikut ini cara untuk pengobatan mata kering secara alami yang dapat anda lakukan;

  1. Menggunakan Obat Tetes Mata

    Cara pertama untuk anda yang mengalami mata kering ialah dengan menggunakan obat tetes mata yang tentunya memiliki fungsi untuk membantu menghasilkan uap air lebih banyak.

  2. Menghindari Dehidrasi

    Salah satu pemicu mata kering adalah dehidrasi. Dengan itu, cukupi kebutuhan cairan dengan mengonsumsi air mineral sesuai takaran yang dibutuhkan karena akan sangat bermanfaat dalam menjaga selaput lendir mata agar selalu pada kondisi lembab.

  3. Mengusahakan Mata Selalu Lembab

    Dapat dilakukan dengan cara memijat ringan bagian sekitar kelopak mata yang berfungsi untuk menetralkan kembali kondisi mata dan mengembalikan kelembaban mata secara alami. Adapun bisa juga dengan menggunakan gel pelumas atau salep khusus untuk mata.

  4. Mencukupi Asupan Nutrisi

    Umumnya, Asupan nutrisi sangat penting untuk menjaga kondisi tubuh agar terhindar dari kondisi yang merugikan. Pada mata, asupan nutrisi yang paling baik ialah mengonsumsi berbagai jenis buah dan sayur dengan kadar vitamin A yang tinggi untuk membantu mengurangi kondisi mata yang kering.

  5. Mengistirahatkan Mata

    Pada umumnya, mata kering juga sering terjadi akibat kurangnya istirahat dari rutinitas menonton televisi, handphone, dan komputer. Serta, pada kondisi luar ialah karena efek buruk dari radikal bebas yang membawa berbagai jenis kotoran serta debu yang bisa masuk ke dalam mata. Oleh karena itu, istirahat juga sangat diperlukan oleh mata sebagai salah satu pencegahan penyakit mata kering. Beberapa caranya yaitu dengan memanjakan mata melihat pemandangan alam agar lebih memberikan rileksasi bagi mata yang lelah. Juga bisa menggunakan cara kompres menggunakan air hangat untuk menutup mata atau menggunakan uap esensial bunga untuk dipijarkan pada mata.

  6. Pelembab Indoor

    Meletakkan pelembab indoor (di dalam rumah) akan berfungsi secara efektif untuk menjaga kelembaban mata karena uap udara di dalam ruangan rumah lebih banyak.

  7. Terapi air mawar

    Cara ini dilakukan dengan mencelupkan mata beberapa saat ke dalam rendaman air mawar. Manfaatnya diyakini dapat membantu kesehatan mata terutama untuk mata kering dan lelah. Ini karena Air mawar berfungsi untuk menghilangkan kotoran mikro yang menempel pada mata. Pembuatan air mawar dapat dilakukan sendiri dengan merendam bunga mawar segar dalam air dingin, atau bisa juga membelinya lnagsung di toko terdekat.

  8. Menggunakan Minyak Kelapa Atau Minyak Kastor

    Minyak kelapa mempunyai kandungan anti-inflamasi sangat tinggi yang berguna sebagai mengurangi risiko ketidaknyamanan yang disebabkan oleh mata kering.Caranya ialah dengan mencelupkan kapas bersih ke dalamnya dan kemudian dikompreskan selama 15 menit pada kelopak mata yang tertutup.
    Minyak Kastor juga dapat mengatasi mata kering secara alami yaitu dengan cara mengaplikasikan langsung minyak kastor pada kedua mata secara bergantian menggunakan alat tetes mata. lakukan sehari 2 kali untuk menjaga kelembapan mata dan menurunkan potensi kemerahan.

  9. Sering Membasuh Kelopak Mata

    Cara ini perlu menggunakan beberapa tetes sampo bayi yang diletakkan pada ujung jari Anda dan kemudian dengan mata tertutup, oles serta pijatkan sampo tersebut pada kelopak mata. lalu jika telah selesai gunakan air hangat untuk membasuhnya, bersihkan sampo yang ada di area mata tersebut.Untuk hasil yang maksimal, lakukan secara rutin sehari 1-2 kali agar mata tidak cepat kering.

  10. Latihan Berkedip

    Agar mata tidak kering, Anda dapat melakukan latihan atau olahraga berkedip. Tutuplah mata selama 2 detik dan kencangkan lalu hitung 2 detik lagi sebelum mata kemudian dibuka secara lebar dan hitung sampai 2. Lakukan cara ini beberapa kali, akan lebih baik jika bisa dilakukan 4 kali sehari agar dapat membuat mata kering menjadi lembab kembali.

Sebagai salah satu alat indra dengan fungsi yang luar biasa dalam membantu aktifitas kita, tentu saja kesehatan mata harus menjadi hal yang penting untuk diutamakan.

Oleh karena itu, Anda dapat melakukan pencegahan mata kering sesuai dengan informasi yang telah kami sampaikan dalam artikel ini. Demikian juga, untuk anda yang telah mengalami gejala mata kering. Berikanlah pengobatan secepat mungkin secara tepat.

Pada intinya, berikut artikel informasi kesehatan mengenai pengobatan mata kering yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat untuk anda, terutama pada kesehatan mata anda.

Pengobatan Mata Kering Secara Alami Serta Pencegahannya

Tags: