Cara Alami Pengobatan Kurap Dengan Aman Dan Efektif

Pengobatan Kurap Secara Alami, Aman, Dan Efektif – Selamat datang di ujangherbal.com situs yang menyediakan berbagai informasi kesehatan, berbagai penyakit, dan pengobatannya. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara lengkap mengenai penyakit dan pengobatan kurap.

Cara Alami Pengobatan Kurap Dengan Aman Dan Efektif

Pengertian Kurap

kurap atau yang dikenal dengan tinea merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Penyakit ini dapat menyerang kuku, kepala dan tubuh bagian atas serta selangkangan dan kaki.

Gejala-Gejala Penyakit Kurap

Gejala yang paling umum dan mudah dikenali pada penyakit kurap adalah munculnya ruam kemerahan, berbentuk cincin dengan adanya garis luar yang tidak beraturan. Ruam ini akan terasa gatal dan bersisik. Berikut ini beberapa gejala yang mungkin di alami oleh penderita kurap, antara lain:

  • Kulit menjadi bersisik dan kasar.
  • Kulit lebih mudah terkelupas.
  • Muncul ruam kemerahan pada kulit yang disertai dengan rasa gatal.
  • bagian kulit yang melepuh akan berbentuk seperti cincin.
  • Mengalami peradangan atau pembengkakkan pada kulit.
  • Serta terkadang kulit dapat mengeluarkan nanah dari bercak.

Jika terjadi pada kuku gejala yang dapat terjadi ialah:

  • kuku akan menebal.
  • Akan terjadi perubahan warna pada kuku.
  • serta kuku juga akan mulai pecah-pecah.

Sedangkan jika terjadi pada kulit kepala gejala-gejala yang mungkin akan terjadi ialah:

  • Terasa gatal pada kulit kepala.
  • Dapat menyebabkan luka pada kulit kepala.
  • Terjadi kerontokan pada rambut.
  • kulit kepala akan kering dan bersisik.

Penyebab Munculnya Kurap

Kurap bisa muncul akibat jamur dermatofit atau jamur yang dapat bertahan hidup pada kulit. Adapun beberapa faktor yang menjadi penyebab terjadinya kurap, yaitu:

  • Adanya kontak kulit dengan penderita kurap.
  • Menggunakan pakaian yang ketat.
  • Mempunyai penyakit kurap di bagian tubuh lain.
  • Kondisi lingkungan yang lembab atau panas.
  • Jarang mengganti pakaian atau memakai pakaian kotor.
  • Serta keringat yang berlebih.

Pengobatan Kurap Secara Alami

Ternyata terdapat bahan-bahan alami yang dapat mengobati penyakit kurap dengan aman dan efektif. Bahan-bahan tersebut ialah sebagai berikut:

Bawang Putih

Bawang putih menjadi salah satu langkah yang dapat digunakan dalam pengobatan kurap karena kandungan antibakteri dan antioksidan yang tinggi pada bawang putih dapat membunuh jamur penyebab kurap. Cara menggunakannya ialah dengan menumbuk bawang putih sampai halus lalu oleskan pada bagian kulit yang terkena kurap dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat.

Lengkuas

Bahan alami yang juga dapat di gunakan untuk pengobatan kurap adalah lengkuas. Kandungan senyawa esensial pada getah lengkuas mempunyai fungsi membasmi jamur secara cepat. Langkah penggunaannya yaitu tumbuk lengkuas sampai pipih hingga menjadi seperti sapu, kemudian masukkan lengkuas yang sudah di tumbuk tadi ke dalam cuka. Oleskan pada bagian kulit yang kurapan (lakukan cara ini minimal dua kali dalam sehari).

Minyak Kelapa

Minyak kelapa dapat membantu menyembuhkan kurap dengan cepat serta dapat membersihkan kulit dari bekas kurap. Cara penggunaannya ialah hanya dengan mengoleskan minyak kelapa tersebut secara langsung pada bagian kulit yang mengalami kurap. Lakukan cara ini selama beberapa kali dalam sehari.

Larutan Cuka Dan Garam

Kurap dapat disembuhkan juga dengan larutan cuka dan garam, Perawatan ini dapat menyembuhkan kurap dengan jangka waktu kurang dalam satu minggu. Adapun cara penggunaannya dengan membuat pasta dari bahan cuka dan garam lalu setelah itu serap menggunakan kapas kemudian tempelkan pada bagian kurap selama sekitar 10 menit. Jika terasa sudah hangat, angkatlah kapas dan bersihkan bagian kurap tersebut.

Cuka Sari Apel

Cuka sari apel dapat membantu mengobati infeksi akibat kurap hingga kurap tidak kembali datang. Langkah penggunaannya sangat sederhana yaitu Anda hanya perlu memberikan cuka sari apel ini ke bagian kulit yang terkena kurap atau dapat juga menggunakan media kapas. Cara perawatan ini dilakukan 3 hingga 5 kali dalam sehari.

Lidah Buaya

Tumbuhan lidah buaya mempunyai kemampuan anti jamur yang dapat membunuh berbagai jenis jamur patogen. Selain itu, adanya kandungan saponin pada gel pekat lidah buaya ini dapat berfungsi menghilangkan rasa gatal, sakit dan tidak nyaman karena kurap.

Cara penggunaannya dapat Anda aplikasikan secara langsung gel pekat lidah buaya ke daerah yang mengalami kurap. Untuk mendapat hasil terbaik ulangi cara ini beberapa kali dalam sehari.

Pepaya hijau

Salah satu bahan alami yang dapat digunakan pada pengobatan kurap adalah pepaya mentah yang masih berwarna hijau. Kandungan enzim luar biasa (terutama chymopapain dan papain) yang ada pada pepaya mentah dapat menghancurkan jenis-jenis jamur apapun termasuk jamur penyebab kurap. Bahkan enzim tersebut juga dapat membantu menyembuhkan luka bakar dan peradangan.

Adapun cara penggunaannya ialah dengan memotong pepaya mentah menjadi beberapa bagian sesuai yang di inginkan, kemudian gosokkan langsung ke bagian kulit yang mengalami ruam kurap.

Pengobatan Kurap Dengan Medis

Selain dengan bahan-bahan alami, pengobatan kurap juga dapat dilakukan dengan menggunakan obat anti jamur. Jenis yang biasa di berikan oleh dokter ialah itraconazole (tidak dianjurkan utuk penderita gangguan hati serta anak-anak dan manula), terbinafine, dan griseofulvin.

Anda dapat menggunakan salep, krim, atau obat semprot yang dapat dibeli di apotek tanpa resep dokter untuk mengobati kurap pada tubuh bagian atas dan selangkangan. Sedangkan, untuk mengobati kurap pada kulit kepala dapat menggunakan tablet griseofulvin dan terbinafine yang dikombinasikan dengan sampo antijamur. Penggunaan sampo ini ialah untuk mencegah penyebaran infeksi untuk membantu proses penyembuhan. Begitu pula pada kurap di kuku, penderita dapat mengkonsumsi tablet anti jamur dan di anjurkan untuk menggunakan cat kuku antijamur.

Pencegahan Kurap

Pada intinya pencegahan kurap ialah dengan melakukan gaya hidup sehat dan selalu menjaga kebersihan. Adapun langkah-langkah pencegahan terhadap kurap yang dapat dilakukan diantaranya:

  • Selalu keramas dan mandi dengan teratur.
  • Menjaga kebersihan kuku dengan baik.
  • Rutin untuk mencuci handuk, pakaian dan seprai.
  • Selalu cuci tangan.
    (terutama saat setelah berinteraksi dengan hewan peliharaan dan sehabis keluar rumah).
  • Usahakan selalu menggunakan alas kaki.
  • Hindari berbagi pemakaian barang pribadi dengan orang lain.

Pencegahan Penularan Kurap

Bagi penderita kurap pencegahan terhadap penularan kurap sangatlah penting untuk dilakukan agar kurap tidak menyebar ke bagian tubuh yang lain dan supaya tidak menularkannya kepada orang lain.

Hal-hal yang bisa Anda lakukan dalam pencegahan penularan kurap ini, ialah:

  • Pastikan untuk tidak berbagi barang pribadi dengan orang lain.
  • Mencuci pakaian, handuk, dan seprei dengan terpisah menggunakan air panas serta detergen yang mengandung disentifitan.
  • Selalu menjaga kebersihan.
  • Usahakan untuk tidak menggaruk kurap meskipun terasa gatal karena hal ini akan menyebabkan penyebaran kapur ke bagian tubuh lainnya.
  • Menggunakan pakaian yang longgar dan terbuat dari katun agar tidak mengalami penyebaran spora jamur lebih lebar dan tidak terjadi iritasi pada kulit.

Demikianlah informasi mengenai penyakit dan pengobatan kurap yang dapat disampaikan. semoga bermanfaat untuk kesehatan Anda dan keluarga.

Tags: