Pengobatan Cacing Kremi Secara Alami dan Di Apotik Beserta Penyebabnya

Pengobatan Cacing Kremi Secara Alami dan Di Apotik Beserta Penyebabnya – Cacingan sering kali terjadi pada anak-anak, namun tidak dipungkiri juga pada orang dewasa terkadang mengalami kondisi seperti ini. Ternyata ada berbagai macam jenis cacing yang dapat menyebabkan cacingan pada manusia, dan salah satunya yang paling umum terjadi yaitu cacing kremi. Berbagai faktor juga dapat berpengaruh pada kasus cacingan ini seperti kurangnya menjaga kebersihan, suhu yang lembap, pasokan air dan sanitasi. Untuk itu kita harus menerapkan pola hidup sehat supaya tetap sehat dan bersih, namun sebagai pencegahan adanya infeksi cacing juga dapat dilakukan dengan dengan cara pemberian obat cacing kremi.

cara pengobatan cacing kremi secara alami dan di apotik

Apa itu cacing kremi?

Cacing kremi adalah jenis cacing parasit kecil yang dapat menjangkit pada bagian usus besar manusia. Parasit atau yang bernama latin Enterobius Vermicularis memiliki warna putih bahkan sekilas terlihat seperti benang putih. Rata-rata cacing memiliki panjang tubuh sekitar 5 sampai 13 milimiter, dan biasanya akan menaruh telurnya pada lipatan-lipatan kulit yang ada di sekeliling anus ketika penderita sedang tertidur. Cacing ini juga bisa terlihat pada sekitar lubang anus ataupun tinja penderita.

Meskipun kondisi ini bukan termasuk pada kondisi yang serius, tetapi hal ini dapat menimbulkan gejala yang cukup mengganggu, seperti timbulnya rasa gatal pada sekitar anus atau pantat. Selain itu, terkadang cacing akan naik pada area anal menuju vagina, uterus, tuba falopi dan sekitar organ pinggul. Apabila hal ini terjadi, maka penderita akan terancam mengalami beberapa komplikasi seperti peradangan vagina (vaginitis) dan peradangan lapisan dinding didalam uterus (endometritis), untuk itu diharuskn untuk melakukan pengobatan cacing kremi secara cepat dan tepat.

Tanda dan Gejala Cacing Kremi

Seseorang yang terjangkit cacing kremi sering tidak merasakan gejala apapun. Tetapi, pada umumnya akan sering dirasakan oleh penderita yaitu rasa gatal di sekitar anus dan vagina pada malam hari. Rasa gatal tersebut disebabkan oleh aktivitas cacing kremi ketika menaruh telur-telurnya. Berikut ini terdapat gejala yang dirasakan oleh penderita jika cacing kremi sudah menimbulkan infeksi yang parah, diantaranya :

  • Hilang nafsu makan
  • Mengompol
  • Insomnia
  • Berat badan menurun
  • Infeksi kulit pada area anus
  • Nyeri perut dan mual

Penyebab Cacing Kremi

Pada umumnya parasit cacing kremi akan menjangkit pada seseorang setelah menelan indung dari cacing kremi. Telur terebut bisa tertelan setelah terhirup lebih dahulu. Perlu diketahui bahwa, cacing kremi betina dapat meletakkan ribuan telurnya pada area anus atau vagina. Saat dalam proses menaruh telur tersebut, maka cacing kremi betina juga akan mengeluarkan lendir sehingga dapat menyebabkan menjadi gatal. Kemudian rasa gatal tersebut akan memancing penderita untuk menggaruk atau mengelap anus dan vagina. Pada saat menggaruk itulah, maka telur-telur cacing akan menempel pada ujung jari atau dibawah kuku penderita.

Kebanyakan penderita cacing kremi adalah anak kecil karena masih belum bisa menjaga kebersihan dengan baik. Namun selain anak kecil, seseorang yang sering melakukan kontak langsung dengan penderita cacing kremi di lingkungan yang padat penduduk juga berisiko lebih tinggi mengidap parasit cacing kremi.

Pengobatan Cacing Kremi

Pengobatan cacing kremi bertujuan untuk menghilangkan cacing kremi serta mencegah infeksi muncul. Maka dari itu, penderita harus melakukan pengobatan cacing kremi karena risiko penyebaran infeksi ini sangat tinggi.

Obat Cacing Kremi Secara Alami

  • Wortel

Mengkonsumsi wortel mentah yang sudah dicuci bersih diyakini dapat membantu tubuh untuk mendorong cacing yang ada di area usus, termasuk pengobatan cacing kremi. Hal ini dikarenakan wortel kaya akan serat sehingga dapat memperbaiki sistem pencernaan dan dapat meningkatkan pergerakan usus.

  • Bawang Putih

Ternyata bawang putih dapat menjadi salah satu pengobatan cacing kremi dengan cara membunuh telur cacing dan dapat mencegah cacing kremi betina untuk memproduksi lebih banyak telur yang ada didalam sistem pencernaan. Anda bisa memakan langsung bawang putih mentah atau mengoleskannya seperti salep. Cara membuat salep dari bahan bawang putih yaitu, gerus bawang putih secukupnya sampai halus dan menjadi seperti pasta. Kemudian campur bawang putih tersebut dengan minyak jelly atau minyak esensial lainnya sedikit. Celupkan kapas bersih ke dalam pasta bawang putih tersebut, lalu oleskan pada anus.

  • Minyak Kelapa

Minyak kelapa bersifat antibakteri dan antiviral yang dipercaya mampu untuk membantu dalam membersihkan berbagai infeksi, salah satunya infeksi cacing kremi. Pada pengobatan cacing kremi ini membutuhkan dua langkah kerja. Pertama, Anda bisa menelan satu sendok teh minyak kelapa murni setiap pagi. Kedua, gosokan sedikit pada bagian anus sebelum tidur.

Obat Cacing Kremi Di Apotik

  • Mebendazole

Obat ini dapat digunakan untuk pengobatan cacing kremi infeksi yang disebabkan oleh cacing dengan cara membunuh cacing yang telah menginfeksi pada saluran sistem pencernaan. Namun, meskipun mebendazole ini dapat membasmi cacing dewasa, tetapi obat ini tidak berpengaruh pada telur cacing. Oleh karena itu, sangat penting dalam mencegah siklus terjadinya infeksi kembali dengan cara menerapkan pola hidup yang sehat supaya telur cacing tidak berkembang biak.

  • Albendazole

Albendazole merupakan jenis obat yang bersifat antihelmintik yang berfungsi untuk mengatasi infeksi yang disebabkan oleh cacing, seperti cacing pita, cacing cambuk, cacing tambang, cacing gelang serta cacing kremi. Tetapi obat ini hanya bisa digunakan dengan resep dokter. Karena seperti halnya pada bahaya antibiotik tanpa resep dokter, maka akan berisiko dapat membahayakan kesehatan jika dikonsumsi tanpa mengetahui takaran yang benar. Maka dari itu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter jika akan mengonsumsi obat ini.

  • Pirantel Pamoat

Pada obat cacing ini akan menghambat kolinesterase sehingga dapat mengakibatkan kelumpuhan spastik pada cacing, dan akan mudah terbawa keluar bersama tinja. Untuk pemakaian obat ini berupa dengan dosis tunggal yakni hanya satu kali minum saja. Dosis yang tepat dihitung berdasarkan berat badan yaitu 10 mg/kgBB.

Sebagai pencegahan supaya tidak terkena cacing kremi, berikut ini ada beberapa cara perilaku hidup bersih, diantaranya :

  • Hindari memakai handuk orang lain
  • Membersihkan debu di seluruh rumah
  • Membersihkan kamar mandi dan dapur
  • Hindari untuk menggoyangkan benda yang terkontaminasi dengan telur cacing kremi
  • Menjaga kuku-kuku selalu pendek
  • Mandi setiap hari
  • Hindari makan di kamar tidur
  • Mengajari anak supaya tidak menggigit kuku dan menghisap jari

Tags: