Pengobatan Albinisme (Albino) Yang Tepat Dan Lengkap

Cara Pengobatan Albinisme (Albino) Yang Tepat Dan Lengkap – Selamat bergabung kembali di www.ujangherbal.com situs yang menyediakan informasi seputar kesehatan, berbagai penyakit sekaligus solusinya. Pada kesempatan ini, kami akan memberikan informasi menengai cara pengobatan albinisme yang tepat dan lengkap beserta pembahasan gejala dan penyebabnya. Berikut selengkapnya.

Pengobatan Albinisme (Albino) Yang Tepat

Pengobatan Albinisme (Albino) Yang Tepat Dan Lengkap

Definisi Albinisme

Albinisme atau yang dikenal dengan sebutan albino, merupakan suatu kelainan pada produksi melanin yang mengakibatkan penderitanya dapat kekurangan melanin atau sama sekali tidak akan mempunyai pigmen tersebut. Keadaan ini menyebabkan warna rambut, kulit, dan juga mata pada penderitanya tampak sangat pucat/cenderung putih.

Adapun albinisme ini dapat diderita oleh kelompok etnis manapun di dunia. Meski tidak dapat disembuhkan seumur hidup, tetapi terdapat sejumlah perawatan dan pengobatan albinisme yang dapat membantu penderitanya bisa menjalani kehidupan secara normal.

Gejala-gejala Albinisme

Berikut ini tanda atau gejala yang dapat di alami oleh penderita albinisme, diantaranya:

Kulit

Karena merupakan masalah pigmen, tentu orang dengan albinisme mempunyai warna kulit berbeda tergantung dari tingkat melanin yang dihasilkan oleh tubuh yakni biasanya berkisar putih hingga coklat, dan mungkin akan tampak berbeda dengan orang tua atau saudaranya yang tidak memiliki albinisme. Ciri-ciri kulit dengan albinisme, yaitu:

  • Terdapat bintik-bintik
  • Adanya bercak besar yang seperti bintik-bintik (lentigo)
  • Kulit tidak bisa mencoklat
  • Tahi lalat dengan atau tanpa pigmen (tahi lalat tanpa pigmen umumnya akan berwarna merah muda)

Rambut

Akibat masalah pigmen, maka orang yang mengalami albinisme tidak mempunyai warna rambut yang berkisar dari putih hingga coklat. Namun, warna rambut bisa menggelap ketika dewasa.

Warna mata

Masalah dengan pigmennya menyebabkan penderita albinisme bisa mempunyai warna mata yang berkisar dari biru sangat muda hingga coklat, dan bisa berubah dengan usia.

Penglihatan

Terdapat tanda dan gejala albinisme yang terkait dengan fungsi mata yakni meliputi:

  • Nystagmus atau pergerakan mata yang cepat, maju mundur.
  • Kedua mata tidak bisa berpandangan ke titik yang sama atau bergerak bersamaan (juling/strabismus)
  • Mengalami photophobia (sentisif terhadap cahaya)
  • Minus atau plus yang ekstrim
  • Adanya lengkungan di sisi depan mata atau lensa didalam mata yang tidak normal yang mengakibatkan pandangan menjadi kabur.

Selain itu, kemungkinan ada beberapa tanda dan gejala lain yang tidak tersebutkan diatas. Jika Anda mempunyai kekhawatiran sebuah gejala tertentu, segeralah konsultasikan ke dokter agar mendapatkan proses pengobatan albinisme yang tepat.

Penyebab Albinisme

Penyakit albinisme disebabkan oleh adanya perubahan atau mutasi di salah satu gen yang bertugas membantu produksi melanin oleh sel-sel melanosit yang terdapat di dalam mata dan kulit. Akibat dari kondisi ini, produksi melanin menjadi terganggu yaitu bisa berkurang drastis maupun tidak ada sama sekali. Perubahan terhadap gen ini akan diturunkan dengan beragam pola.

Berdasarkangejala yang muncul albinisme terbagi menjadi 2 jenis, yaitu:

  1. Albinisme okular yang akan berdampak pada mata dan juga penglihatan penderitanya. Serta sedikit menyebabkan perubahan pada warna kulit dan rambut.
  2. Albinisme okulokutaneus yaitu jenis albinisme yanng paling umum terjadi. Keadaan ini akan berdampak pada rambut, mata, kulit, dan juga penglihatan.

Diagnosis Albinisme

Albinisme dapat didiagnosis langsung sejak penderita lahir yang dikatahui melalui ciri-ciri fisik mereka yaitu kulit, rambut, dan mata sesuai dengan yang telah dijelaskan pada subjudul gejala di atas.

Sementara untuk mengetahui adanya masalah di bagian penglihatan, biasanya dokter spesialis mata dapat melakukan sejumlah pemeriksaan. Seperti pemeriksaan dengan menggunakan alat khusus yang disebut dengan slit lamp, pengecekan pupil, pemeriksaan arah penglihatan mata untukmenentukan diagnosa mengalami mata juling, pemeriksaan bentuk lengkungan kornea untuk mendiagnosis silinder, serta pemeriksaan pada gerakan mata untuk mendiagnosis nystagmus.

Pengobatan Albinisme

Meski tidak terdapat obat yang bisa menyembuhkan albinisme, tetapi perawatan dan pengobatan alibisme bisa dilakukan untuk memaksimalkan penglihatan penderita serta melindungi kulit dan rambut mereka.

Kebanyakan bayi yang menderita albinisme akan mengalami gangguan penglihatan parah selama bebrapa bulan pascalahir. Dan setelah itu, penglihatan akan berkembang secara signifikan meski tidak pernah mencapai tingkat penglihatan yang normal.

Karena itu, penderita albinisme umumnya seumur hidup harus memakai kacamata/lensa kotak yang diresepkan sesuai dengan kondisi terkait. Misalnya khusus untuk rabun jauh, rabun dekat, atau silinder yang harus menjalani pemeriksaan mata secara rutin setiap tahunnya.

Sedangkan pengobatan albinisme yang penderitanya mengalami fotofobia, dokter akan menganjurkan pemakaian kacamata yang mempu menangkal sinar ultraviolet atau kacamata yang berlensa gelap.

Prosedur operasi pada penanganan dan pengobatan albinisme akan sangat jarang dilakukan. Namun bagi beberapa kondisi, seperti nistagmus dan mata juling, operasi perbaikan otot-otot mata dapat direkomendasikan supaya keadaan tersebut tidak terlihat jelas dari luar.

Tidak kalah penting, pemeriksaan kulit bagi penderita albinise ini perlu dilakukan agar dokter bisa mengetahui seberapa besar risiko mereka terkena kanker kulit sekaligus dokter dapat memberikan saran-saran pencegahannya.

Apabila Anda mengalami albinisme, sebaiknya sebisa mungkin hindari melakukan aktivitas di luar rumahs aat cuaca sedang panas terik. Jika terpaksa harus ke luar, gunakanlah selalu krim tabir surya serta pakaian yang dapat melindungi diri dari paparan sinar matahari secara langsung.

Secara garis besar perawatan albinisme dapat dilakukan sebagai berikut:

  • Penderita albinisme diharuskan untuk menghindari paparan sinar matahari yang beresiko sangat tinggi memperparah kondisi. Anda bisa menggunakan kaca mata hitam untuk melindungi mata dari sinar UV, pakaianpelindung, dan mengoleksi tabir surya dengan minimal SpF 30.
  • Bisa melakukan perbaikan pergerakan mata dengan operasi.
  • Serta dapat memperbaiki masalah pandangan mata dengan kacamata (akan lebih baik kacamata yang telah diresepkan/disarankan dokter)

Pengobatan Albinisme Di Rumah

Berikut ini adalah sejumlah perubahan gaya hidup yang bisa dilakukan dirumah untuk membantu pengobatan albinisme dalam mengurangi gejalanya, antara lain:

  • Selalu gunakan kacamata hitam ketika keluar rumah, hal ini mempunyai tujuan untuk melindungi mata dari sinar UV.
  • Menggunakan tabir surya dengan minimal SPF 30.
  • Pakaikan pelindung untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV.

Pencegahan Albinisme

Pada dasarnya penyakit albinisme tidak dapat dicegah. Untuk itu, bagi Anda yang mempunyai riwayat keluarga penderita albinisme, mempunyai anak penderita albinisme, atau Anda sendiri menderita albinisme sangat disarankan melakukan konsultasi denga ahli genetika. Adapun konsultasi ini bertujuan untuk memahami peluang terjadinya albinisme kepada anak, cucu, cicit, atau keturunan berikutnya.

Demikianlah informasi terkait pengobatan albinisme yang tepat dan lengkap. Semoga informasi yang telah kami sampaikan ini dapat bermanfaat untuk kesehatan Anda dan juga kesehatan seluruh keluarga Anda.