Langkah Pencegahan Cedera Hamstring serta Cara Penanganannya

Pencegahan Cedera Hamstring serta Cara Penanganannya yang Tepat,- www.ujangherbal.com – Hamstring merupakan 3 otot besar yang berfungsi untuk menghubungkan otot dan tulang, terletak di belakang paha, memanjang dari pinggung hingga bagian bawah lutut. Hamstring tidak terlalu digunakan saat berdiri atau berjalan, namun akan sangat aktiv saat melakukan aktivitas yang melibatkan gerakan menekuk lutut, seperti memanjat, melompat, dan berlari.

Sama halnya dengan bagian tubuh lainnya, hamstring juga bisa mengalami cedera atau gangguan. Cedera hamstring merupakan kondisi yang cukup umum dialami dalam aktivitas yang melibatkan berlari, melompat, dan menendang, dan juga bisa timbul karena meregang terlalu berlebihan dan aktivitas lainnya yang membutuhkan permulaan dan perhentian yang cepat.

Walaupun begitu, ternyata ada beberapa cara pencegahan cedera hamstring yang bisa dilakukan untuk menghindarinya. Bagaimana caranya ?

Pencegahan Cedera Hamstring

Langkah Pencegahan Cedera Hamstring serta Cara Penanganannya

Sebelum membahas mengenai langkah pencegahan cedera hamstring, alangkah baiknya kita ketahui terlebih dahulu apa itu cedera hamstring serta penyebab dan gejalanya.

Cedera hamstring adalah kondisi ketika seseorang mengalami tarikan atau robekan pada otot hamstring. Umumnya cedera ini dialami oleh olahragawan, dan bisa dibagi menjadi 3 tingkatan, yaitu diantaranya :

  • Tingkat 1 : tarikan ringan pada otot hamstring
  • Tingkat 2 : robekan pada sebagian otot hamstring
  • Tingkat 3 : robekan pada seluruh bagian otot hamstring

Cedera hamstring bisa terjadi jika terdapat tarikan pada otot yang melebihi kemampuan otot unruk meregang. Cedera ini terjadi akibat gerakan tiba-tiba, atau bertahap, akibat gerakan perlahan tetapi memberi tarikan atau beban yang berlebihan.

Selain itu, ada beberapa faktor yang juga disebut bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami cedera hamstring, diantaranya seperti usia, riwayat cedera sebelumnya, dan perubahan gerakna mendadak. Faktor lainnya yang diduga berkaitan dengan cedera ini adalah fleksibilitas tubuh yang buruk, kekuratan otot yang rendah, kelelahan otot, ketidakseimbangan kekuatan otot hamstring dan quadrisep, juga aktivitas pemanasan yang minim, kurang atau tidak sesuai ketika seseorang berolahraga.

Gejala Cedera Hamstring

Ada beberapa tanda dan gejala cedera hamstring yang mungkin timbul, seperti diantaranya :

  • Nyeri di kaki bangian belakang selama olahraga
  • Bengkak, memar, dan nyeri
  • Kejang otot
  • Dengan cedera yang cukup serius, orang bisa merasa ototnya menyempit atau pecah dan kadang-kacang merasa seolah-olah kaki belakangnya dipukul keras

Langkah Pengobatan dan Pencegahan Cedera Hamstring

Ketika mengalami cedera hamstring, sangat penting untuk beristirahat dan menghindari aktivitas yang mungkin bisa menyebabkan cedera. Kembali beraktivitas terlalu cepat mungkin akan memperparah cedera dan menyebabkan kerusakan permanen. Selain itu, dokter juga akan menyarankan beberapa hal yang harus dilakukan untuk membantu pengobatan cedera hamstring, diantaranya :

  • Kompres dingin pada bagian tungkai yang cedera untuk mengurangi nyeri dan bengkak. Lakukan pengobatan ini beberapa kali dalam sehari.
  • Balut bagian yang cedera dengan perban untuk mengurangi bengkak.
  • Gunakan alat bantu, seperti tongkat, agar tungkai yang cedera tidak menahan terlalu banyak beban.
  • Konsumsi obat pereda nyeri, seperti ibuprofen atau paracetamol, untuk mengruangi rasa sakit dan bengkak.

Pada kasus cedera yang berat, dokter juga bisa mempertimbangan untuk melakukan tindakan bedah, meskipun hal ini sangat jarang dilakukan. Setelah proses perawatan dan pengobatan, penderita memerlukan proses rehabilitas otot. Penderita tidak bisa segera kembali ke aktivitas olahraga seperti sebelumnya. Diperlukan setidaknya 3 minggu hingga 3 bulan sebelum kembali berlatih penuh, tergantung dari tingkat cedera yang dialami.

Cedera hamstring sebenarnya lebih mudah dicegah dbanding diobati. Berikut merupakan langkah pencegahan cedera hamstring yang bisa dilakukan, yaitu :

  • Hentikan latihan jika merasakan sakit di bagian belakang paha.
  • Lakuakn peregangan dan latihan penguatan otot hamstring secara rutin sebagai tindakan pencegahan cedera hamstring.
  • Tingkatkan intensitas latihan secara perlahan.
  • Lakukan pemanasan sebelum berolahraga dan lakukan peregangan setelahnya.
  • Lakukan olahraga sesuai kemampuan tubuh.

Selain itu, ada beberapa langkah pencegahan cedera hamstring lainnya yang bisa dilakukan, seprti gunakan peralatan olahraga, terutama sepatu olahraga, yang tepat dan sesuai dengan latihan yang dilakukan. Sepatu yang baik dan tepat akan mengurangi risiko terjadinya cedera hamstring.

Jika saat ini Anda tengah melakukan pemulihan cedera hamstring, sebaiknya hindari beraktivitas atau berolahaga sebelum benar-benar pulih. Kembalilah berlatih secara bertahap. Dengan begitu, cedera hamstring tidak akan kembali terjadi.

Nah, itulah informasi lengkap seputar langkah pencegahan cedera hamstring serta cara penanganannya yang tepat yang perlu diketahui. Dengan melakukan langkah pencegahan cedera hamstring yang telah disebutkan diatas, maka Anda bisa terhindar dari cedera tersebut dan tetap bisa berolahraga dengan baik. Semoga bermanfaat.

Tags: