Mengetahui Prosedur Penanganan Penyakit Paget serta Gejalanya

Penanganan Penyakit Paget serta Gejalanya yang Perlu Diketahui,- www.ujangherbal.com – Penyakit paget mungkin terdengar asing bagi sebagian orang. Ini merupakan kondisi tidak normal yang mengganggu proses regenerasi tulang, sehingga menyebabkan tulang menjadi rapuh dan mengalami deformitas atau kelainan bentuk.

Risko penyakit page akan semakin meningkat seiring dengan bertambhanya usia. Risiko ini juga akan meningkat jika Anda memiliki anggota keluarga yang juga memiliki penyakit tersebut. Penyakit ini sering ditemukan di tulang panggul, tulang tenggorak kepala, tulang belakang, dan tulang tungkai.

Jika penanganan penyakit paget tidak dilakukan, maka kondisi ini bisa menimbulkan komplikasi berupa patah tulang, gangguan pendengaran, dan saraf terjepit pada tulang belakang.

Bagaimana cara penanganan penyakit paget yang tepat?

Penanganan Penyakit Paget

Solusi Penanganan Penyakit Paget

Sebenarnya belum ada obat yang bisa menyembuhkan penyakit paget. Namun, ada beberapa prosedur penanganan penyakit paget yang bisa membantu meringankan gejalanya. Pada kasus penyakit paget yang tidak menimbulkan gejala, umumnya tidak diperlukan penanganan khusus. Namun, jika penyakit dinilai aktif, maka dokter bisa menyarankan penanganan untuk mencegah komplikasi, meskipun tidak terdapat gejala.

Beberapa penanganan penyakit paget yang bisa dilakukan diantaranya adalah :

  • Fisioterapi, bertujuan untuk menguatkan otot-otot dan meningkatkan keseimbangan tubuh penderita.
  • Pemberian obat-obatan. Umumnya obat yang diberikan adalah bisphosphonates atau calcitonin. Penderita juga bisa diberikan pereda rasa sakit.
  • Pengaturan nutrisi. Penderita akan disarankan untuk memperbanyak konsumsi makanan serta minuman yang mengandung kalsium dan vitamin D.
  • Pembedahan. Penanganan penyakit paget ini dilakukan untuk mengatasi keretakan atau patah tulang, menggantu persendian yang rusak, memperbaiki perubahan bentuk pada tulang, dan mengurangi penekanan pada saraf.

Umumnya penyakit paget bisa menyebabkan pembentukan pembuluh darah baru pada tulang yang terkena, yang bisa meningkatkan risiko kehilangan darah ketika prosedur operasi dilakukan.

Mengetahui Gejala Penyakit Puget

Sebagian besar penderita tidak merasakan adanya tanda atau gejala penyakit paget. Jika pun ada, keluhan yang paling sering dirasakan adalah nyeri tulang. Penyakit paget bisa memengaruhi satu atau dua area tubuh, atau juga bisa menyeluruh. Tanda dan gejala yang timbul tergantung pada bagian tubuh mana yang mengalami. Ada beberapa gejala penyakit paget sesuai lokasi terjadinya yang umum terjadi, yaitu diantaranya :

  • Tulang belakang. Jika tulang belakang menjadi sasaran, maka akar saraf-saraf tubuh bisa terjepit. Hal ini bisa menimbulkan rasa nyeri, kesemutan, atau baal pada lengan atau tungkai.
  • Tulang panggul. Penyakit pada tulang panggul bisa menimbulkan nyeri panggul.
  • Tulang tungkai. Seiring dengan kelemahan pada tulang, bisa terjadi pembengkokan yang menyebakan bentuk kaki berubah. Tulang tungkai yang membesar atau berubah bentuk bisa menambah beban pada sendi di sekitarnya, yang kemudian menyebabkan terjadinya peradangan pada sendi lutut atau panggul.
  • Tulang tengkorak kepala. Pertumbuhan yang berlebih pada tulang tengkorak kepala bisa menyebabkan penurunan pendengaran atau nyeri kepala.

Selain itu, penderita penyakit paget juga umumnya menunjukkan peningkatan kadar alkaline fosfatase dalam darah. Hal ini bisa dilihat dari hasil pemeriksaan darah. Jika Anda mengalami beberapa gejala yang telah disebutkan diatas, maka jangan anggap sepele dan segeralah konsultasikan dengan dokter.

Penyebab timbulnya penyakit paget masih belum diketahui secara pasti. Namun, kondisi ini diduga disebabkan oleh kombinasi antara faktor keturunan atau genetik dengan faktor lingkungan. Jika penanganan penyakit paget tidak dilakukan dengan benar, maka kondisi ini bisa menimbulkan beberapa komplikasi, seperti diantaranya kanker tulang, osteoarthritis, patah tulang, gagal jantung, dan deformitas atau perubahan bentuk tulang.

Semoga bermanfaat.

Tags: