Penanganan Penyakit Fibromyalgia

Penanganan Penyakit Fibromyalgiaujangherbal -Kami memahami kekhawatiran yang anda rasakan. Apakah yang anda maksud Penyakit  Fibromyalgia? Izinkan kami menjelaskan tentang penyakiti definisi Fibromyalgia. Penyakit  Fibromyalgia merupakan suatu sindrom rasa sakit yang kompleks 90% menyerang permpuan segala usia. gangguan ini dirasakan penderita beberapa bagian sendi, otot dan tulang tanpa terdeteksi oleh dokter akibat tida ditemukan pada tempat yang terasa sakit tersebut. Hingga kini, ada penelitian yang mampu mengemukan penyebab utama dari gangguan sakit ini. Beberapa penelitian telah dilakukan untuk mencari penyebab dari Fibromyalgia, diantaranya adalah :

Penanganan Penyakit Fibromyalgia

Penyebab Penyakit Fibromyalgia

  • Infeksi. Beberapa penyakit dapat memicu atau memperberat kondisi ini.
  • Stres dapat menciptakan efek jangka panjang yang dihadapi selama berbulan-bulan dan bertahun tahun . Sters telah dikaitkan dengan gangguan hormonal yang dapat berkontribusi pada penyakit ini.
  • Gentik. Penyakit ini cenderung turun temurun dalam keluarga, diduga hal ini terjadi akibat dari mutasi gentik tertentu yang dapat membuat seseorang lebih rentan untuk mengalami fibromyalgia.
  • Cedera fisik,Fibromyalgia kadang-kadang dapat dipicu oleh cedera fisik,seperti kecelakaan mobil.
  • Usia. Umumnya dialami oleh mereka yang berusia 30-50 tahun.
  • Jenis kelamin pria. Pria berisiko lebih lendah ketimban wanita untuk mengalami Fibromyalgia
  • Sinyal aktip abnormal. Otak, saraf tulang belakang, dan saraf adalah sistem saraf yang mengirimkan sinyal ke seluruh tubuh melalui sel khusus. Perubahan cara kerja membuat pusat sistem saraf lebih sensitif terhadap sinyal sakit.

Gejala Penyakit Fibromyalgia

Penyakit Fibromyalgia memiliki banyak gejala dan untuk penderita. Kesamaan dari semua gejala yang ada adalah rasa sakit dan yeri yang dialami penderita pada seluruh tubuhnya. Gejala yang dialami biasanya dipengaruhi oleh beberapa hal. Diantaranya adalah tingkat stres penderita, perubahan cuaca dan tingkat aktivitas pederita sehari-hari.

Gejala utama Penyakit Fibromyalgia meliputi :

  • Lelah. Penderita Penyakit Fibromyalgia umumnya merasa lelah ketika bangun tidur meskipun jam tidurnya cukup. Waktu tidur sering terganggu akibat dari rasa nyeri dan banyak penderita  penyakit fibromyalgia yang mengalami gangguan tidur seperti kaki yang terasa gelisah dan tiba-tiba sulit bernafas saat tidur.
  • Sindrom iritasi usus besar, yang berakibat penderita mengalami sembelit atau malah diare.
  • Gangguan kognitif, misalnya sulit berkonentrasi atau sering meracau.
  • Nyeri yang Terus menerus dan mengalami mules (nyeri/nyeri tekanan dikedua sisi tubuh, diatas dan dibawah pinggang, termasuk tulang belakang aksial (biasanya otot paraspinus,scapular dan trapezius)
  • Tingkat sensitivitas terhadap sakit meningkat. bahkan sentuhan lembut sekalipun bisa terasa sangat sakit, dan rasa sakit tersebut membutuhkan waktu cukup lama sampai bener-bener hilang. penderita juga bisa senitif terhadap hal lain, seperti cahaya atau rasa makanan tertentu.

Pengobatan Penyakit Fibromyalgia dan penanganan Penyakit Fibromyalgia

Penanganan Penyakit Fibromyalgia hanya akan meredakan gejala , tetapi bukan untuk menyembuhkan karena sa,pai saat ini belum ada obatnya. Dokter akan menyerang pengobatan sesuai dengan gejala yang disarankan. Karena penyakit fibromyalgia memiliki beberapa gejala, artinya tidak ada pengobatan yang dapat menangani semua gejala yang ada. Dan pengobatan untuk pasien biasanya akan berbeda dengan yang lain.

Pasien akan diminta bweberapa jenis perawatan sebelum akhirnya menemukan yang cocok, Biasanya ini akan melibatkan kombinasi anatara pengguna obat-obatan dan perawatan medis.

  • Obat Tidur .  Fibromyalgia dapat mememngaruhi pola tidur pasien. Jika pasien mendaptkan cukup istirahat, maka gejala penyakit tidak akan terlalu terasa.
  • Obat pereda nyeri, seperti parasetamol. pasien harus berhati hati . Selain itu, jika dikonsumsi dalam kurun waktu tertentu lama-kelamaan tubuh akan kebal sehingga pengobatan menjadi sia-sia.
  • Cuka sari apel membantu meredakan gejala fibromyalgia seperti sakit kepala dan peradangan karena cuka memiliki kemampuan untuk menyeimbangkan tingkat keasaman atau Ph tubuh.
  • Penanganan lain

Diperlukan penanganan lain selain penguna obat-obatan, seperti :

1.Pijat

2.Berendam air hangat

3.Terapi kognitif. pasien bisa menemukan strategi menangani stres dan menangani masalah dengan sudut pandangan positif

4.Teknik relaksasi

  • Obat antidepresan. Akan membantu produksi bebrapa senyawa kimia yang membawa sinyal dari dan menuju otak, dikenal dengan istilah neurotransmiter. Efek samping dapat berat badan naik,sembelit dan pusing.
  • Konsumsi Asam lemak omega 3 yang merupakan lemak tak jenuh. Asam lemak dapat membantu mengurangi perdangangan, nyeri neurop[atik, juga dapat menahan nyeri sendi dan kekakuan.
  • Konsumsi Jahe. rempah ini dikenal memiliki sifat anti inflamasi dan penghilang rasa sakit, maka dapat membantu meredakana atau bahkan mampu menghilangkan gejala penyakit Fibromyalgia.

‘ Nah itu penjelasan Penanganan Penyakit Fibromyalgia Semoga Bermanfaat, Salam Sehata 🙂 ‘

Tags: