Solusi Penanganan Komedo Putih Secara Alami yang Efektif

Penanganan Komedo Putih Secara Alami yang Mudah dan Efektif,- www.ujangherbal.com РKomedo putih merupakan salah satu jenis jerawat yang terbentuk ketika sel-sel kulit mati, minyak, dan bakteri terperangkap dalam pori-pori. Kondisi ini tentu akan sangat mengganggu dan menurunkan kepercayaan diri penderitanya, terutama jika timbul di bagian yang terlihat.

Komaedo putih atau disebut juga whitehead bisa dialami oleh siapa saja tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Walaupun pada masa remaja tidak pernah mengalami masalah pada kulit, setiap orang tetap berpotensi memiliki komedo pada pasa dewasa, tergantung pada pola hidup dan kebiasaan sehari-hari.

Bagi Anda yang sering diserang oleh komedo putih, berikut ini solusi penanganan komedo putih dengan memanfaatkan bahan alami yang ada di rumah!

Penanganan Komedo Putih

Mengetahui Penyebab serta Cara Penanganan Komedo Putih secara Alami

Penyumbatan pori-pori merupakan penyebab utama timbulnya komedo putih. Penyumbatan pori-pori ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah perubahan hormon.

Umumnya perubahan homron dipengaruhi oleh siklus kehidupan dan perkembangan usia seseorang, seperti misalnya karena masa pubertas, kehamilan, menstruasi, atau menopause. Mengonsumsi pil KB dan faktor genetik juga bisa memengaruhi peningkatkan hormon.

Selain itu, ada beberapa faktor lainnya yang juga bisa meningkatkan risiko seseorang memiliki komedo putih, diantaranya yaitu :

  • Kulit berminyak, baik kaerna pelembab kulit atau karena cuaca lembab.
  • Pecahnya folikel rambut akibat berbagai trauma seperti memencet jerawat, cuci muka secara berlebihan, peeling menggunakan bahan kimia, atau terapi laser.
  • Kontak dengan beberapa bahan kimia, seperti isopropyl myristate, propylene glycol, dan beberapa pewarna kosmetik.
  • Beberapa produk makanan, terutama yang mengandung susu serta kadar gula dan lemak yang tinggi.
  • Merokok, di mana hasil penelitian menunjukkan bahwa komedo putih lebih sering terjadi pada mereka yang memiliki kebiasaan merokok dibandingkan dengan yang tidak.

Penanganan Komedo Putih dengan Bahan Alami

Komedo putih merupakan bentuk ringan dari jerawat, sehingga penanganannya pun relatif mudah. Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi komedo putih, salah satunya yaitu dengan memanfaatkan bahan alami yang bisa Anda dapatkan dengan mudah. Penanganan komedo putih ini juga bisa Anda lakukan di rumah.

Berikut ini merupakan bahan alami yang bisa digunakan dalam penanganan komedo putih, diantaranya yaitu :

  • Terapi uap

Uap hangat bisa membantu membuka pori-pori wajah agar berbagai jenis kotoran yang menyumbat bisa terlepas keluar.

Caranya cukup mudah, Anda bisa merebus air hingga mendidih, kemudian tuang dalam baskom yang cukup lebar. Tundukkan kepala dan dekatkan wajah setidaknya 5 samapi 10 cm di atas permukaan baskom. Tutup kepala dengan handuk tipis agar air tidak merembes keluar. Lakukan hal ini selama 5 sampai 10 menit. Anda bisa ylangi selama beberapa kali dalam seminggu.

  • Masker telur

Telur memang sangat dikenal memiliki banyak manfaat. Selain untuk menyehatkan tubuh, telur juga bermanfaat untuk kecantikan kulit. Salah satu manfaat telur untuk kulit yaitu telur bisa membantu mengatasi komedo putih.

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda cukup mengambil putih telur dan aduk hingga berbusa. Oleskan masker telur tersebut pada wajah yang berkomedo. Setelah rata, tutup wajah dengan tisu dan tunggu hingga kering. Setelah itu bilas dengan air hingga bersih.

  • Masker madu dan kayu manis

Madu dan kayu manis merupakan kombinasi yang efektik untuk penanganan komedo putih secara alami. Madu dan kayu manis bermanfaat untuk mencegah inflamasi dan mengatasi infeksi yang terjadi pada komedo.

Untuk membuat masker madu dan kayu manis ini cukup mudah. Campurkan 3 sendok madu dan 1 sendok serbuk kayu manis hingga merata. Setelah itu, panaskan selama 30 detik dengan microwave atau dipanaskan di atas air panas.

Dinginkan masker dan oleskan pada bagian wajah yang berjerawat saja atau seluruh wajah. DIamkan selama 10-30 menit, kemudian bias dengan air bersih.

  • Gel lidah buaya dan lemon

Lidah buaya memang sudah sangat terkenal memiliki khasiat untuk kesehatan dan kecantikan kulit, termasuk untuk membantu penanganan komedo putih.

Ambil gel lidah buaya dan oleskan hingga rata pada wajah. Tunggu hingga kering dan kemudian basuh muka dengan air bersih. Hasilnya, Anda akan mendapatkan wajah yang bebas dari komedo. Gunakan juga air lemon untuk memijat agar hasilnya lebih maksimal.

  • Es batu

Cara penanganan komedo putih secara alami yang terakhir yaitu dengan menggunakan es batu. Caranya yaitu denagn menempelkan es batu pada wajah selama 5 sampai 10 menit. Hal ini dilakukan untuk menutup pori-pori wajah agar mengecil.

Nah, itulah beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk pengobatan komedo putih di rumah. Setelah berhasil mengatsi komedo putih, Anda juga harus melakukan beberapa tips untuk mencegah komedo timbul kembali, seperti diantaranya memperhatikan kebersihan wajah dan minum air putih secara teratur.

Selain itu, Anda juga harus memilih kosmetik yang tidak menimbulkan komedo atau noncomedogenic, membersihkan sisa kosmetik sebelum tidur, dan hindari mencuci wajah secara berlebihan. Dengan melakukan beberapa tisp tersebut, maka komedo tidak akan kembali timbul. Semoga bermanfaat.