Penanganan Kantuk Yang Berlebihan

Penanganan Kantuk Yang Berlebihan Secara Lengkap – Pada umumnya, istilah kantuk merupakan hal yang tidak asing lagi bagi kebanyakan orang. Bahkan mungkin semua orang pernah mengalami kantuk.

Namun tahukah Anda? meskipun terlihat sederhana, kantuk bisa memicu timbulnya berbagai masalah. seperti ;

  • Dapat mengganggu interaksi sosial.
  • Memengaruhi emosi seseorang.
  • Mengganggu produktivitas dan kinerja di kantor, sekolah, atau kampus.
  • Serta yang paling fatal adalah bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan baik di jalan raya maupun di lingkungan kerja.

Juga, terkadang kantuk menjadi salah satu tanda dari adanya suatu penyaki tertentu. seperti insomnia, narkolepsi, sleep apnea, restless leg syndrome, diabetes, stres, depresi, dan gangguan kecemasan.

Penanganan Kantuk Yang Berlebihan

Jadi apa sebenarnya kantuk itu?

Kantuk atau drowsiness adalah suatu kondisi dimana seseorang ingin merasa tidur. Namun, kondisi ini dapat terjadi pada waktu yang tidak tepat misalnya pada saat bekerja, belajar, atau saat berkendara. Karena itu, kantuk dapat mengganggu aktivitas karena biasanya ditandai juga dengan rasa lelah, hilang kesadaran, dan tentunya tertidur.

Kantuk terjadi karena kurang tidur. Setiap orang memiliki kebutuhan tidur yang berbeda, biasanya tergantung dengan usia dan aktivitas sehari-harinya.

Berikut ini Jumlah Waktu Tidur Ideal Sesuai Kategori Umur

  • Pada balita butuh 10-12 jam, dan bayi yang baru lahir butuh 16-18 jam.
  • Pada anak-anak hingga remaja butuh 9 jam.
  • Sedangkan pada orang dewasa membutuhkan jam tidur selama 7-9 jam per hari.

Penanganan Kantuk Yang Berlebihan

Penanganan kantuk yang berlebihan dapat dibagi menjadi 2, yaitu cara mengatasi kantuk dan cara untuk mencegah kantuk.

Mengatasi kantuk

Penanganan mengatasi kantuk ini dapat dengan beberapa cara, tergantung pada kondisi tertentu yang menjadi penyebabnya. Dalam memastikan penyebabnya, biasanya dapat pergi ke dokter dengan melakukan pemeriksaan seperti cek darah, electroencephalogram, CT Scan di kepala, tes urine, dan sleep studies.

Dengan garis besar, kantuk dapat di atasi oleh 2 cara, yaitu ;
  1. Pengobatan secara medis. Biasanya dokter akan memberikan obat-obatan apabila kantuk yang dialami pasien berhubungan dengan penyakit tertentu. Dan dosis yang diberikanpun akan disesuaikan dengan kondisi pada pasien. Contohnya, dokter akan memberikan resep obat jangka pendek untuk mengatasi insomnia akut, dan akan memberikan resep obat jangka panjang untuk mengatasi gangguan tidur tertentu.
  2. Pengobatan secara mandiri. Pada pengobatan ini, sebelumnya kita harus tahu terlebih dahulu secara pasti apa yang menjadi penyebab kantuk. yaitu apakah karena bosan, kecemasan, stres, atau masalah kesehatan lain yang mendasarinya. Pengobatan mandiri yang sederhana dapat dilakukan ialah dengan mengubah pola tidur dan meningkatkan kualitas tidur.

Mencegah Kantuk

Beberapa cara penanganan dalam mencegah kantuk, diantaranya ;

  • Menambah jam tidur

Meskipun cara ini tidak bisa menggantikan kualitas tidur yang hilang, Lakukanlah penambahan jam tidur pada lain waktu untuk mengganti jam tidur yang kurang pada jam berikutnya. karena hal ini dapat membantu mengurangi timbulnya kantuk.

  • Menjaga pola tidur

Sesuai waktu tidur yang ideal, orang dewasa membutuhkan waktu untuk beristirahat selama delapan jam agar dapat kembali segar pada keesokkan harinya. jika suatu saat jam tidur ini berkurang, maka pola tidur pun akan ikut terganggu. Usahakanlah agar pola tidur dapat terjaga dengan baik karena selain akan terhindar dari rasa kantuk, tentunya baik untuk kesehatan kita.

  • Mengonsumsi kafein dan obat

Kandungan kafein dalam kopi bisa menghilangkan rasa kantuk saat bekerja pada malam hari, namun hanya bersifat sementara. Adapun untuk meningkatkan kualitas tidur, obat-obatan yang diresepkan dokter dapat juga menjadi solusinya.

  • Mengurangi kebiasaan bekerja malam

Untuk  mencegah kantuk pada anda yang sering bekerja hingga larut malam atau pada malam hari disarankan agar mengurangi kebiasaan tersebut. Jika kebiasaan itu sulit untuk dihindari, dianjurkan untuk selalu bekerja di bawah lampu yang terang pada malam hari.

Untuk Anda yang mengalami kantuk berlebihan, semoga artikel informasi kesehatan ujangherbal.com tentang Penanganan Kantuk Yang Berlebihan ini dapat membantu dalam mengurangi rasa kantuk yang dialami.

Terima Kasih.

Tags: