Beragam Metode Penanganan Kanker Mata yang Perlu Diketahui

Penanganan Kanker Mata dan Pencegahannya yang Perlu Diketahui,- Kanker merupakan salah satu penyakit yang cukup banyak ditakuti. Hal ini disebabkan kanker termasuk penyakit yang berbahaya dan bisa mengancam nyawa penderitanya. Kanker ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali, yang mampu menyusup dan merusak sel-sel sehat dalam tubuh.

Kanker bisa menimbulkan banyak gejala yang berbeda, tergantung pada lokasi dan karakter keganasan, serta ada tidaknya metastasis. Kanker pada umumnya dirujuk berdasarkan jenis organ atau sel tempat terjadinya. Salah satu contohnya yaitu kanker yang terjadi pada mata dirujuk sebagai kanker mata.

Nah, pada artikel kali ini, kami akan memberikan informasi lengkap seputar kanker mata, serta penanganan kanker mata yang perlu diketahui. Berikut informasi lengkapnya !

Penanganan Kanker Mata

Mengenal Gejala serta Metode Penanganan Kanker Mata

Kanker mata merupakan salah satu jenis kanker yang terjadi akibat sel-sel di jaringan mata tumbuh tanpa terkendali dan pertumbuhannya dapat menyebar ke daerah lainnya. Kanker mata bisa berawal dari bagian mata ataupun organ lain yang sel kankernya menyebar ke bagian mata.

Sampai saat ini, penyebab kanker mata belum diketahui secara pasti. Para ilmuwan masih mempelajari perubahan DNA pada sel-sel mata yang bisa menimbulkan sel kanker.

Namun, sejauh ini DNA pada gen yang mengatur pembelahan sel jaringan mata merupakan penyebab dari kanker mata. Perubahan DNA pada gen tersebut menyebabkan gen pengatur pembelahan sel tidak berfungsi, sehingga sel-sel mata membelah diri tanpa terkendali. Namun, penyebab mutasi DNA pada gen tersebut sampai saat ini belum diketahui secara pasti.

Gejala Kanker Mata

Gejala kanker mata pada setiap individu berbeda, tergantung pada jenis kanker yang dialami. Namun, berikut ini merupakan beberapa gejala yang bisa terjadi akibat kanker mata, diantaranya :

  • Melihat kilatan-kilatan cahaya
  • Jangkauan dan lapang pandang
  • Mengalami gangguan penglihatan
  • Melihat benda-benda seperti beterbangan (floaters), garis-garis, atau bintik-bintik
  • Terdapat bintik gelap pada iris. Bintik gelap ini nampak pada melamona iris dan bisa terlihat pada pemeriksaan mata yang dilakukan secara rutin

Namun, perlu diketahui, selain kanker mata gejala-gejala tersebut juga timbul karena penyakit lain. Terkadang kanker mata, khususnya melamona intraokular, tidak menunjukkan gejala apa pun. Jadi, sangat dianjurkan untuk menjalani prosedur diagnosis jika dirasakan mengalami gejala-gejala tersebut.

Metode Penanganan Kanker Mata

Penanganan kanker mata biasanya dilakukan sesuai dengan ukruan dan lokasi kanker. Secara medis terdapat beberapa tahap yang perlu dilakukan sebelum dilakukan penanganan kanker mata. Tampaknya beberapa tahapan yang dilakukan ini sama dengan jenis kanker lainnya, meliputi tahap menentukan keberadaan kanker dan stadium kanker. Setelah itu, barulah penanganan kanker mata bisa dilakukan.

Berikut ini merupakan bebrapa metode penanganan kanker mata yang bisa dilakukan, yaitu diantaranya :

Kemoterapi

Tak hanya pada kasus kanker mata, metode pengobatan kemoterapi ini juga biasanya diterapkan pada kanker jenis lainnya. Kemoterapi dilakukan dengan menggunakan obat-obatan kimia. Dalam penanganan kanker mata ini, kemoterapi bisa disuntikkan ke daerah mata (intraokular) secara langsung, kedalam cairan serebrospinal (intratekal), ataupun diberikan melalui aliran darah secara sistemik atau intravena. Kemoterapi bisa diberikan pada penderita retinoblastoma, atau limfoma intraokular.

Radioterapi

Selain kemoterapi, radioterapi juga termasuk salah satu pengobatan yang biasa diberikan pada penderita kanker. Radioterapi merupakan metode penanganan kanker yang dilakukan dengan menembakkan sinar-X berenergi tinggi pada jaringan kanker.

Radioterapi untuk kanker mata sendiri memiliki kelebihan, yaitu diantarnya dapat mengurangi risiko kehilangan atau kerusakan bola mata dan kehilangan penglihatan.

Terdapat 2 jenis metode radioterapi yang bisa diberikan pada penderita kanker mata, diantaranya yaitu brakiterapi yang dilakukan dengan memasukkan pelat radioaktif berukuran kecil di daerah sekitar mata yang dekat dengan jaringan kanker. Dan radioterapi eksternal, dimana pada pengobatan ini sinar-X akan ditembakkan dari luar tubuh pasien yang difokuskan ke mata.

Cryotherapy

Ini merupakan penanganan kanker mata dengan cara membekukan jaringan kanker. Cryotherapy bisa diberikan pada penderita retinoblastoma yang masih berukuran kecil.

Terapi laser

Terapi laser bertujuan untuk menghancurkan jaringan kanker dengan menggunakan sinar laser. Terapi ini biasanya digunakan paad penderita melamona intraokular dan retinoblastoma yang masih berukuran kecil. Namun, terapi laser tidak dianjurkan pada penderita limfoma intraokular.

Pembedahan

Umumnya metode penanganan kanker mata dengan cara pembedahan dilakukan untuk mengobati melamona intraokular. Jenis pembedahan yang dilakukan sesuai dengan lokasi dan ukuran jaringan kanker yang timbul.

Secara spesifik, terdapat beberapa jenis pembedahan yang bisa dilakukan untuk membantu mengatasi kanker, diantaranya yaitu :

  • Iridektomi, dilakukan dengan mengangkat bagian iris mata untuk mengobati melamona iris yang berukuran kecil.
  • Reseksi transkleral, bertujuan untuk mengangkat kanker melamona yang terjadi pada koroid atau badan. Tindakan ini berisiko menyebabkan gangguan penglihatan.
  • Iridotrabulektomi, dilakukan dengan mengangkat bagian iris dan sedikit bagian luar bola mata untuk mengobati melamona pada iris.
  • Iridosikletomi, yaitu metode pembedahan yang dilakukan dengan mengangkat bagian iris beserta sebagian badan siliaris untuk mengobati melamona iris.
  • Enukleasi, dilakukan dengan mengangkat seluruh bola mata. Biasanya metode penanganan kanker mata ini dilakukan untuk mengobati melamona yang berukuran besar atau melamona yang berukuran kecil pada penderita yang sudah kehilangan daya penglihatan seluruhnya. Sebagai pengganti, penderita akan diberikan mata buatan.

Itulah beberapa metode penanganan kanker mata yang bisa dilakukan untuk membantu mengatasi kanker mata. Selain itu, Anda juga bisa melakukan perubahan gaya hidup sebagai langkah pencegahan dan penanganan kanker mata di rumah, seperti diantaranya

  • Pahami diagnosis dan perawatan terhadap kondisi Anda
  • Hindari paparan sinar matahari secara langsung
  • Jaga kesehatan dengan cara menerapkan pola makan sehat, olahraga secara teratur, menghindari alkohol dan tembakau
  • Bergabung dengan kelompok dukungan untuk berbagi dan saling mendukung satu sama lain dalam melewati baik secara fisik ataupun emosional.

Agar penanganan kanker mata bisa maksimal, umumnya penderita akan diberikan kombinasi dari beberapa terapi. Pada beberapa kasus, sel-sel kanker bisa resisten terhadap pengobatan kanker sehingga lebih sulit untuk diobati. Kondisi ini biasanya timbul disebabkan karena mutasi yang terjadi pada sel kanker secara terus-menerus sehingga sifat genetik sel berubah-ubah. Semoga bermanfaat.

Tags: