Ketahui Cara Penanganan Cacar Air, Penyebab dan Pencegahannya

Ketahui Cara Penanganan Cacar Air, Penyebab dan Pencegahannya – Bagi masyarakat Indonesia, tidak asing lagi dengan kondisi cacar air. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan masyarakat percaya bahwa cacar air merupakan jenis penyakit yang akan menghinggapi pada setiap individu, setidaknya setiap individu akan mengalami sekali dalam seumur hidup. Apakah hal itu benar? Untuk itu mari kita cari tahu tentang penanganan cacar air beserta penjelasannya. Sebelum membahas pada cara penanganan cacar air, mari kita mengetahui terlebih dahulu dari definisi cacar air berikut ini.

ketahui cara penanganan cacar air, penyebab dan pencegahannya

Definisi Cacar Air

Cacar air adalah jenis penyakit virus yang dapat menyebabkan penderita keluar bintik-bintik merah diseluruh tubuh yang disertai dengan rasa gatal. Umumnya kondisi seperti ini sering terjadi pada anak-anak berusia dibawah 10 tahun. Tidak terkecuali, penyakit ini juga bisa terjadi pada orang dewasa, namun umumnya gejala yang muncul akan lebih berat dibandingkan pada anak-anak. Ternyata begitu seseorang yang telah mengalami cacar air, mereka akan memiliki kekebalan darinya selama sisa hidup mereka.

Lantas apa yang menjadi penyebab cacar air?

Penyakit cacar air ini disebabkan oleh infeksi virus Varicella Zoster. Virus ini sangat umum terjadi menginfeksi pada anak-anak yang berusia kurang dari 10 tahun. Hal ini disebabkan karena daya tahan tubuh pada anak-anak masih belum sekuat pada orang dewasa. Tetapi, bagi orang dewasa juga harus tetap mewaspadai dan harus selalu berhati-hati karena juga bisa mengalaminya.

Cara Penanganan Cacar Air

Pada umumnya, setelah melakukan penelaahan kondisi penderita, maka dokter pun akan memberikan resep dengan berbagai penanganan cacar air, antara lain :

  • Memberikan obat dengan berbahan dasar paracetamol guna untuk meredakan demam
  • Penggunaan bedak ataupun lotion yang mengandung senyawa kalamin merupakan langkah yang ditujukan untuk meminimalisir rasa gatal akibat dari ruam tersebut.

Selain itu juga, sebaiknya Anda juga menerapkan cara penanganan cacar air yang tepat yaitu sebagai berikut :

  • Dalam penanganan cacar air yang terpenting yaitu dengan cara memastikan bahwa penderita tidak melakukan penggarukan atau memencet pada ruam/bintik-bintik merah tersebut. Sementara untuk menangani rasa gatal akibat dari cacar, maka Anda dapat mengoleskan lotion atau menaburkan bedak tersebut yang telah diberikan oleh dokter.
  • Hindari pakaian yang ketat dan berbahan dasar panas, karena kedua jenis tersebut akan memperparah rasa gatal. Pilihlah kaos dan celana pendek dengan berbahan dasar ringan.
  • Pastikan juga penderita mendapatkan asupan gizi dan nutrisi yang seimbang. Hindari makanan berat dan menggantinya dengan jenis makanan yang memiliki tekstur halus seperti bubur.
  • Penanganan cacar air lainnya yaitu jauhkan penderita cacar air dengan lingkungan sekitarnya dari kontak langsung, karena hal ini sangat penting untuk meminimalisir risiko menularnya virus ke tubuh yang lain.

Cara Pencegahan Cacar Air

Kondisi cacar air dapat dicegah dengan cara melakukan proses vaksinasi. Hal ini merupakan langkah yang paling efektif untuk mencegah cacar air dan juga terjadi komplikasi. Karena di Indonesia cacar air termasuk pada daftar imunisasi wajib bagi anak.

Pada umumnya, penularan cacar air ini memang sangat mudah dan cepat. Maka dari itu, untuk pencegahan cacar air terhadap penyebaran yang pertama dapat dilakukan dengan cara mengisolasi pada penderita cacar air dari tempat-tempat umum seperti sekolah, kantor dan lingkungan lainnya.

Itulah beberapa cara penanganan cacar air yang dapat Anda lakukan. Tidak lupa juga untuk menghindari makanan yang pedas, asin, dan berbagai junk food karena dapat memicu timbulnya rasa gatal yang berlebihan sehingga akan menimbulkan bekas luka.

Tags: