Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Serta Pengobatan Alami

Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Serta Pengobatan Alami – Selamat datang di situs resmi kami www.ujangherbal.com yang kali ini akan berbagi informasi kesehatan mengenai salah satu sayuran yang mempunyai banyak khasiat sebagai pencegah dan membantu mengatasi berbagai jenis penyakit. Adapun yang kami maksud adalah manfaat wortel. Berikut penjelasan secara lengkapnya.

Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Serta Pengobatan Alami

Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Serta Pengobatan Alami

Tanaman wortel berasal dari Asia Timur dan Asia Tengah umumnya pada daerah yang memikili iklim yang sub-tropis.

Wortel merupakan tumbuhan biennial atau siklus hidup wortel adalah selama 12-24 bulan yang termasuk ke dalam jenis umbi-umbian dan terdapat akar di bawahnya. Wortel mengandung karbohidrat dalam jumlah yang besar untuk berbunga pada tahun kedua.

Ciri-ciri tanaman wortel

  • Daun

Wortel mempunyai daun yang majemuk menyirip ganda sebanyak dua atau tiga, anak-anak daunnya berbentuk garis-garis. Setiap tanamannnya mempunyai 5-7 tangkai daun agak panjang. Tangkai daun tebal dan kaku yang permukaannya halus, akan tetepi helaian daunnya tipis.

  • Batang

Batang wortel sangat pendek hampir tidak terlihat, bulat, agak keras, tidak berkayu, dan diameternya sangat kecil kira-kira 1-1,5 cm. Warna batang pada umumnya hijau tua. Batang tanamannya tidak bercabang, akan tetapi ditumbuhi tangkai daun yang ukurannya panjang yang menyebabkan terlihhat seperti bercabang.

  • Akar

Sistem perakaran pada tanaman wortel adalah tunggang dan serabut. Pada pertumbuhannya akar tunggang mengalami perubahan bentuk serta fungsinya menjadi tempat sebagai penyimpanan cadangan makanan. Bentuk akarnya berubah menjadi bulat memanjang dan besar yang dapat mencapai diameter 6cm dan panjang 30cm yang bergantung pada varietasnya. Akar tunggang yang sudah berubah bentuk dan fungsinya inilah yang sering disebut umbi wortel.

  • Bunga

Bunga wortel tumbuh pada ujung tanaman, mempunyai bentuk payung berganda, dan warnanya putih atau merah jambu yang agak pucat, tangkai bunganya pendek juga tebal serta kuntum-kuntum bunganya terdapat pada bidang yang sama. Ketika bunga wortel yang sudah mengalami penyerbukan akan menghasilkan buah dan biji-biji yang berbulu dan berukuran kecil.

  • Umbi

Wortel ialah tanaman sayuran umbi semusim. Batang wortel pendek dan berakar tunggang yang fungsinya berubah menjadi bulat dan memanjang. Wortel mempunyai warna umbi kuning yang kemerah-merahan yang menandakan kandungan karoten A nya sangat tinggi. Dan rasa umbi wortel ini manis langu.

Kandungan Nutrisi Pada Wortel

Wortel mempunyai kandungan berupa karbohidrat, kalori, gula, Vitamin A 93%, Vitamin B1 (Thiamine), Vitamin B2 (Riboflatin), Vitamin B3 (Niacin), Vitamin B5 (Panthothenic acid), Vitamin B6 (Pyridoxine), Vitamin B9 (folat), Vitamin C 7%, Vitamin E 4%, Vitamin K 11%, Lemak, Kalsium, Cholin, Fosfor, Zat Besi, Magnesium, Kalium (Pottassium), SodiumSeng (Zinc), Tembaga (Copper), serat dan lain sebagainya.

Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Serta Pengobatan Secara Alami

Beberapa manfaat wortel untuk kesehatan serta pengobatan secara alami adalah sebagai berikut :

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Kaya dengan vitamin C dan antioksidan menjadikan wortel ini dapat berfungsi untuk melindungi dari polusi dan radikal bebas sehingga daya tahan tubuh dapat selalu terjaga.

  • Dapat Mencegah Berbagai jenis kanker

Wortel mempunyai kandungan beta karotin dan karotenoid yang sangat tinggi yang di ketahui dapat melindungi tubuh dari berbagai macam jenis kanker seperti kanket usus, kanker prostat, kanker paru, kanker perut, kanker lambung, kanker payudara dan kanker lainnya. Tidak hanya itu, suatu penelitian telah menunjukkan bahwa seorang perokok yang rutin mengkonsumsi wortel akan dapat menurunkan risiko terjadinya kanker paru-paru.

  • Merawat Kesehatan Mata

Tidak dipungkiri bahwa manfaat wortel memang sangat luar biasa untuk menjaga mata. Hal ini telah dibuktikan dengan banyaknya kandungan Vitamin A, lutein, serta beta karoten yang terdapat pada wortel yang bisa mencegah mata dari berbagai gangguan atau penyakit seperti katarak, glaukoma, juga kelainan refraksi (astigmatisme, miopi, dan hipermetropi).

  • Sebagai Antiradang

Wortel juga dapat berperan sebagai anti radang. Untuk itu, ektrak wortel bisa mencegah tubuh mengalami peradangan. Bahkan efeknya diketahui hampir akan setara dengan penggunaan konsumsi obat-obatan berupa naproxen, aspirin, celecoxib, dan ibuprofen.

  • Mencegah dan membantu mengobati penyakit jantung

Dengan mengkonsumsi banyak wortel juga sayuran lainnya mampu menurunkan adanya risiko penyakit jantung koroner sekitar 32%. Ini dikarenakan wortel kaya akan antioksidan dari beta-karoten hingga anthocyanindin yang dapat menurunkan tingkat kolestrol dan tekanan darah dalam tubuh.

  • Nutrisi untuk kesehatan kulit

Kandungan nutrisi pada wortel berupa karotenoid, antioksidan, serta polifenolnya dapat memperlambat terjadinya penuaan karena dapat mengurangi radikal bebas dari sinar matahari dan polusi yang ada pada tubuh.

  • Menjaga kesehatan pada otak

Dengan mengkonsumsi banyak sayuran umbi akar dan termasuk wortel, akan dapat memperbaiki daya ingat serta daya kognitif (kemampuan berfikir) pada seseorang.

  • Menjaga Kesehatan mulut

Manfaat wortel juga bisa mengurangi adanya risiko gigi berlubang karena wortel dapat membantu menghasilkan produksi air liur menjadi alkali untuk membersihkan gigi. Adapun caranya ialah dengan mengkonsumsi wortel setiap setelah selesai makan.

  • Mengatasi sembelit

Kandungan serat pada wortel akan meniakkan volume fases sampai 25% yang menyebabkan buar air besar menjadi lancar.

  • Sebagai antiseptik

Wortel memiliki sifat antiseptik yang baik sehingga manfaat wortel salah satunya ialah dapat mencegah terjadinya infeksi pada kulit. Cara mudah dalam penggunaannya ialah dengan mengaplikasikannya pada luka yang kemudian membalutnya hingga kering.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat wortel. Semoga informasi kesehatan ini dapat bermanfaat sebagai pengobatan alternatif alami bagi Anda dan keluarga.

Tags: