Manfaat Wijaya Kusuma Untuk Pengobatan Tradisional Alami

Manfaat Wijaya Kusuma Untuk Pengobatan Tradisional Alamiujangherbal.com –¬†Pernahkah Anda mendengar tentang tanaman atau bunga wijaya kusuma? Bunga ini berasal dari daerah hujan tropis tepatnya di Meksiko, Amerika Serikat hingga akhirnya menyebar ke daerah daratan Asia termasuk Indonesia yaitu Bali, Ambon, dan Kepulauan seribu. Bunga kusuma wijaya mempunyai keunikan tersendiri dari bunga lainnya karena bunganya hanya mekar pada malah hari saja sedangkan pada pagi harinya bunga selalu kuncup.

Tidak hanya itu, bunga wijaya kusuma ini syarat akan mitos. mulai dari warna nya yang diduga berkaitan dengan seorang raja karena wijaya kusuma berasal pada dua suku kata yang mempunyai arti yaitu wijaya artinya kemenangan dan kusuma memiliki arti tegak sehingga dapat diartikan sebagai suatu kemenangan mutlak yang dimiliki seorang raja. Selain itu mitos juga terdapat pada waktu mekar bunga wijaya kusuma ini yang terjadi hanya di malam hari saja yang membuat kebanyakan orang bertanya-tanya. Ada pula mitos yang menganggap bahwa bunga wijaya kusuma ini sebagai pembawa rezeki yaitu ketika seseorang melihat bunga wijaya kusuma mekar maka orang itu akan mendapat rezeki yang terduga

Dan terlepas dari semua mitos itu, tanaman atau bunga wijaya ini mempunyai beberapa manfaat yang dapat kita gunakan untuk menjaga kesehatan maupun sebagai pengobatan alternatif tradisional alami.

Manfaat Wijaya Kusuma Untuk Pengobatan Tradisional Alami

Manfaat Wijaya Kusuma Untuk Pengobatan Tradisional Alami

Ciri-citi Atau Bentuk Tanaman Wijaya Kusuma

  • Batang

Mempunyai batang yang terbentuk dari helaian daun yang mengeras dan juga mengecil serta batang induknya berbentuk silinder dengan tinggi sekitar 2-3 meter.

  • Daun

Ukuran daunnya ialah sekitar 13-15 cm. Sedangkan helaian daunnya berbentuk pipih dan warnanya hijau yang mempunyai permukaan halus tidak terdapat duri (berbeda dengan kaktus-kaktus yang lainnya). Setiap tepian daunnya ada lekukan-lekukan yang dapat ditumbuhi tunas daun ataupun bunga.

  • Bunga

Diameter pada bunga wijaya kusuma adalah 10 cm, berwarna putih, dan hanya mekar pada malam hari.

  • Buah

Buahnya berwarna merah dan bijinya berwarna hitam. Mempunyai bentuk yang bulat. Pembiakkannya dilakukan dengan penyetekkan ataupun dngan biji.

Kandungan dari bunga wijaya kusuma

Sebelum membahas pada manfaat wijaya kusuma ada baiknya mengetahui tentang kandungan-kandungan yang terdapat di dalamnya, yaitu sebagai berikut:

  • Asam sitrat, yang membuat rasa asam pada bunga wijaya kusuma.
  • Glukosa, yang menjadikan rasannya manis pada bunga wijaya kusuma.
  • Mempunyai PH-Netral.
  • Mengandung mint, sehingga terdapat efek yang sejuk.

Manfaat Wijaya Kusuma Untuk Pengobatan Tradisional Alami

  • Mengobati pendarahan rahim

Manfaat wijaya kusuma ialah salah satunya untuk mengobati masalah adanya pendarahan rahim yang bisa terjadi pada ibu hamil ataupun wanita sedang haid yang terlalu banyak mengeluarkan darah. Adapun caranya dengan merebus bunga wijaya kusuma ini sebanyak 2-3 kuntum, lalu minum dengan teratur supaya proses penyembuhan serta penutupan luka lebih cepat.

  • Mencegah terjadinya stroke

Kandungan yang terdapat pada wijaya kusuma dapat membantu mengatasi penggumpalan darah di dalam tubuh sehingga tidak akan terjadi penyumbatan darah. Inilah yang menjadikan manfaat wijaya kusuma sebagai pencegah penyakit stroke.

  • Membantu mengobati luka

Selain mengobati penyakit dalam, ternyata manfaat wijaya kusuma juga dapat mengobati luka yang terjadi akibat jatu atau luka terkena pisau. Hali ini diketahui karena bunga wijaya kusuma dapat membuat luka menjadi cepat kering serta dapat luka juga dapat terlindungi dari bakteri.

  • Mengobati Grastritis (nyeri pada lambung)

Dari kandungan PH-Netralnya manfaat wijaya kusuma dapat dengan aman meredakan nyeri yang terjadi pada lambung. Caranya ialah dengan merebus sebanyak 3-5 kuntum bunga wijaya kusuma, kemudian minum secara rutin yaitu 3 kali sehari agar mendapatkan hasil yang optimal.

  • Mengobati Asma atau sesak nafas lainnya

Manfaat wijaya kusuma dalam pengobatan alternatif tentunya tidak akan menyebabkan efek samping dan bunga wijaya kusuma ini dapat dijadikan salah satu cara sebagai pengobatan herbal untuk membatu mengobati penyakit asma atau sesak nafas.

Cara pengolahannya sangat mudah yaitu dengan menggunakan 3-5 kuntum bunga wijaya kusuma yang telah dicuci serta dipotong- potong kecil. Kemudian campurkan dengan air dan gula batu sampai tertutup paermukaan bunga wijaya kusuma nya lalu setelah itu tim. Tunggu sampai dingin dan minumlah sebanyak 2 kali dalam sehari secara rutin.

  • Mengatasi radang tenggorokkan

Karena mempunyai rasa mint, manfaat wijaya kusuma dapat membuat tenggorokkan menjadi lebih segar dan lembab kembali. Caranya ialah cukup dengan merebus 3-5 kuntum bunga wijaya kusuma kemudian diamkan dan minum. Tunggulah beberapa saat dan kandungan bunga wijaya kusuma pun akan bekerja mengatasi masalah radang tenggorokkan Anda.

  • Mengatasi Muntah darah

Air rebusan bunga wijaya kusuma ternyata juga dapat bermanfaat untuk mengobati muntah darah. Karena kandungan nutrisi pada bunga wijaya kusuma mampu meredakan pendarahan yang terjadi.

  • Mengobati batuk berdahak atau TBC

Batuk berdahak yang tak kunjung berhenti dapat menjadi suatu tanda penyakit tuberkolosis atau yang lebih kita kenal TBC. Penyebabnya adalah bakteri dan virus yang menempel pada tenggorokkan. Apabila tidak di tangani, akan dapat berakibat berbahaya bagi kesehatan hingga dapat menyebabkan kematian. Dan diketahui bahwa kandungan nutrisi pada bunga wijaya kusuma dapat menghilangkan virus penyebab TBC.

Langkahnya ialah dengan merebus 3-5 kuntum bunga wijaya kusuma dengan ditambahkan air dan 15 gram gula aren. Kemudian angkat jika sudah mendidih lalu diamkan hingga dingin dan minum secara rutin dan teratur minumal 2 kali sehari sampai sembuh.

  • Mengobati Bisul

Bisul dapat diatasi dengan bunga wijaya kusuma, caranya antara lain dengan menghaluskan atau menggiling bunga wijaya kusuma ini sebanyak 10-20 gram. Lalu setelah halus, beri sedikit air hingga mengental seperti bubur.Kemudian oleskan pada bagian bisul tersebut.

Itulah beberapa informasi dari manfaat wijaya kusuma sebagai pengobatan alternatif secara alami. Semoga bermanfaat.

Tags: