Manfaat Waru Lengis Bagi Kesehatan Dan Pengobatan Herbal Alami

Manfaat Waru Lengis Bagi Kesehatan Dan Pengobatan Herbal Alamiujangherbal.com – Hibiscus tiliaceus merupakan nama ilmiah dari tanaman waru lengis atau yang sering dikenal dengan pohon beruh. Tanaman ini termasuk pada salah satu jenis tanaman dari suku kapas-kapasan atau masih dalam klasifikasi kingdom plantae yang banyak tumbuh di sekitar pantai maupun dipinggir sungai dan dapat dengan mudah ditemukan di daratan Australia serta Asia Tenggara. Selain tidak sulit untuk mendapatkannya, Manfaat waru lengis pun diketahui dapat mengobati berbagai jenis penyakit.

Mau tahu apa saja manfaat waru lengis bagi kesehatan dan pengobatan herbal atau secara alami? dan apa saja yang kandungan yang terdapat pada tanaman waru lengis ini? simak ulasannya berikut ini.

Manfaat Waru Lengis Bagi Kesehatan Dan Pengobatan Herbal Alami

Manfaat Waru Lengis Bagi Kesehatan Dan Pengobatan Herbal

Ciri-ciri tanaman waru lengis

  • Batang waru lengis

Tanaman ini merupakan golongan pohon besar karena tingginya dapat mencapai 5 sampai 15 meter. Batangnya berbentuk bulat dan berkayu, berwarna cokelat serta cenderung akan tumbuh lurus pada tanah subur dan akan tumbuh membengkok pada tanahnya yang tidak subur.

  • Akar waru lengis

Mempunyai jenis akar tunggang yang warnanya putih kekuningan juga akarnya yang tidak dalam menyebabkan tanaman waru lengis ini disukai kebanyakan orang karena tidak merusak jalan atau bangunan-bangunan di sekelilingnya.

  • Daun Waru lengis

Tanaman waru lengis ini mempunyai daun yang tunggal, berbentuk bulat telur dengan tepinya yang merata, pertulangan daunnya menjari dan panjangnya 20cm. Sedangkan daun penumpu berbentuk bulat telur yang memanjang dan memiliki panjang 2,5cm, biasanya meninggalkan bekas yang akan terlihat seperti cincin pada bagian cabang atau ujung ranting.

  • Bunga Waru lengis

Mempunyai bunga yang terdapat di dalam tandan berisi 2 hingga 5 kuntum. Warna bunga waru lengis ini kuning yang tengahnya berwarna merah cokelat. Daun kelopaknya bertaju sekitar 8-11 yang lebih dari setengahnya melekat.

Ukuran kelopak bunga sekitar 2,5 cm, bercanggap 5 dengan beraturan dan daun mahkota bunganya berbentuk menyerupai kipas serta berkuku lebar juga pendek. Panjang daun mahkotanya 5 hingga 7cm dengan warna kuning dan noda ungu pada pangkalnya yang kemudian warna ini akan berubah menjadi warna jingga serta berubah lagi menjadi warna kemerahan. Tangkai sari pada bunga waru lengis ini berbentuk tabung yang membungkus tangkai putik.

  • Buah Waru lengis

Berjenis buah yang kotak. yaitu berbentuk bulat oval dan terbagi pada 5 ruang yang setiap ruangnya terbagi oleh sekat semu menjadi 2 bagian. Panjang buah waru lengis ini sekitar 3 cm dan mempunyai jumlah bakal biji yang banyak pada setiap buahnya.

Kandungan Pada Tanaman Waru Lengis

Kandungan atau zat yang terdapat pada tanaman bunga waru lengis ialah berupa mengandung lima senyawa fenol, Saponin, Flavonoid, dan tanin. Selain itu pada penelitian antikanker diketahui bahwa manfaat waru lengis dapat mencegah kanker karena pada kulit batangnya terdapat beberapa senyawa seperti amida baru (hibiscusamide), skopoletin baru (hibiscusin), dan juga bersama 11 senyawa lainnya yang telah dikenal yaitu asam fanilat, syringic acid, P-hidroxybenzaldehyde, P-hydroxybenzoic acid, N- cis-feruloytyramine, campuran beta-sitosterol dan stigmasterol, scopoletin, N-trans-feruloytyramine, serta campuran sitostenone dan stigmasta-4,22-dien-3-one.

Manfaat Waru Lengis Bagi Kesehatan Dan Pengobatan Herbal

Adapun manfaat waru lengis untuk kesehatan dan pengobatan herbal secara alami diantaranya adalah sebagai berikut:

Mengobati Penyakit TBC

Penyebab munculnya ialah adanya infeksi bakteri. Penyakit saluran nafas TBC ini biasanya dapat mengakibatkan keluarnya darah saat batuk yang juga disertai rasa sakit pada paru-paru. Di ketahui bahwa kandungan yang terdapat pada daun waru yaitu flavonoid dapat mengusir virus dan bakteri dalam tubuh sehingga dapat membantu proses penyembuhan penyakit TBC. Selain itu, daun waru juga dapat mencegah terjadinya darah keluar dengan terus-menurus serta dapat memperlancar sistem pernapasan.

Cara pengolahannya ialah merebus 1 genggam daun waru segar yang telah dicuci dan dipotong-potong kecil pada 3 gelas air. Setelah mendidih dan sampai air tersisa sekitar 3/4 nya. Kemudian angkat dan dinginkan juga saring serta tambahkan air gula, lalu minum secara rutin sehari 3 kali masing-masing 3/4 gelas.

Mengobati batuk

Air rebusan daun waru dapat meyembuhkan mulai dari batuk kering hingga batuk berdahak dan manfaat waru lengis ini mampu membantu mengeluarkan lender atau dahak yang berada di tenggorokkan ataupun yang ada di dalam paru-paru.

Caranya mengolah untuk batuk biasa atau kering ialah dengan memanfaatkan 10 lembar daun waru yang telah dipotong-potong lalu rebus dalam 3 gelas air. Setelah mendidih angkat dan dinginkan juga saring, minum 3 kali sehari masing-masing sekitar 1/3 bagian. (lebih bagus jika menambahkan madu secukupnya).

Sedangkan untuk batuk berdahak pengolahannya ialah dengan memanfaatkan 10 lembar daun waru yang masih muda dengan ditambahkan sedikit gula batu kemudian rebus ke dalam 3 gelas air. Setelah dingin lalu saring dan minum 3 kalisehari dengan rutin.

Membantu mengatasi ambeien

Manfaat waru lengis salah satunya ialah dapat membantu menyembuhkan penyakit ambeien atau pembengkakkan yang terjadi pada saluran pencernaan. Caranya ialah cukup dengan mengkonsumsi secara rutin air rebusan dari daun waru lengis. Yaitu 3 kali sehari dan masing-masing 1/3 gelas.

Menyembuhkan radang usus

Umumnya peradangan yang terjadi pada usus di sebabkan oleh bakteri atau pola makan yang kurang baik. Sehingga asupan makanannya sangat minim dengan gizi. Kandungan tanin dan flavonoid pada daun dan kuncup tanaman waru lengis mempunyai sifat antibakteri sehingga dapat mengurangi peradangan pada usus. Caranya mengkonsumsinya pun sama yaitu dengan meminum air rebusan daun atau kuncup waru lengis secara rutin hingga keadaan membaik.

Mencegah atau mengurangi resiko kanker

Kandungan Saponin pada daunnya menjadikan manfaat waru lengis ini dapat mencegah atau mengurangi resiko kanker. Karena saponin memiliki efek antioksidan dan dapat secara langsung menjadi racun bagi sel-sel kanker.

Mengobati demam

Manfaat waru lengis untuk demam ialah karena tanaman waru lengis ini mempunyai sifat anti-piretik yang mampu menurunkan demam panas. Dengan meminum setidaknya 1 gelas air rebusan daun wuru dalam sehari pada waktu malam atau menjelang tidur.

Mengatasi radang amandel

Meminum air rebusan daun waru lengis juga dapat bermanfaat dalam mencegah terjadinya peradangan, termasuk peradangan amandel. Hal ini di sebabkan karena Kandungan yang terdapat pada daunnya memang mempunyai fungsi untuk menyembuhkan penyakit radang amandel ini.

Mengobati Sakit Mata

Apabila mengalami peradangan atau pembengkakkan pada sekitaran mata. Dapat di obati dengan menumbuk daun waru hingga menjadi lembut. Kemudian tempelkan pada area mata yang mengalami peradangan atau pembengkakkan tersebut.

Menyembuhkan bisul

Tidak hanya untuk luka pendarahan, manfaat waru lengis juga mampu menyembuhkan luka lama seperti borok atau bisul. Untuk cara penggunaannya adalah dengan menumbuk sampai lembut daun waru tersebut. Lalu tempelkan pada bagian bisul atau borok dan tutup dengan perban.

Menyuburkan rambut dan mengobati rambut rontok

Manfaat waru lengis diketahui dan telah dikenal juga dapat menyuburkan rambut. Adapun cara pengolahannya dapat di pakai sebagai masker rambut. Yaitu dengan menumbuk daun waru tersebut sampai lembut dan campurkan sedikit air. Kemudian usapkan di bagian rambut juga pada kulit kepala. Lakukan 3 kali dalam seminggu. Ataupun dapat dengan menjadikan air rebusan daun waru lengis ini sebagai tonik yang dapat dipakai sehabis atau sebelum keramas.

Itulah beberapa informasi dari manfaat waru lengis untuk kesehatan dan pengobatan herbal alami yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat.

Tags: