Mengetahui Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Tomat Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui,- ujangherbal.com – Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan tomat. Tomat sering kali dijadikan sebagai tambahan dalam masakan, diolah menjadi jus atau pun dikonsumsi secara langsung. status tomat sebagai sayur atau buah memang masih menjadi sebuah misteri dan jawaban yang bisa didapatkan bahwa akan berbeda-beda.

Namun, dengan pertimbangan kebradaannya dalam undang-undangan perpajakan biaya barang import, tomat termasuk ke dalam jenis sayuran. Akan tetapi, berdasarkan cara tomat tumbuh, jawaban yang berbeda sepertinya akan didapatkan jika Anda menanyakannya pada ahli tumbuhan.

Walaupun begitu, apakah Anda tahu jika tomat ini ternyata menyimpan begitu banyak kandungan nutrisi serta khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh ? Simak penjelasan berikuit !

Manfaat Tomat

Mengetahui Manfaat tomat Bagi Kesehatan Tubuh

Tomat diketahui memiliki kandungan antioksidan alami yang bernama likopen (lycopene), salah satu antioksidan alami paling kuat yang mampu mengatasi radikal bebas penyebab penyakit kanker.

Tidak hanya itu, tomat juga kaya akan kandungan alfa-karoten, beta-karoten, lutein, kalori, gula, vitamin A, dan vitamin C. Dengan kandungan yang dimilikinya tersebut, maka tak heran jika manfaat tomat juga cukup melimpah.

Disamping mampu mengatasi radikal bebas untuk mencegah kanker, berikut ini merupakan beberapa manfaat tomat bagi kesehatan yang perlu diketahui, yaitu :

  • Menyehatkan jantung

Sebuah penelitian membuktikan bahwa kandungan lycopene dan beta-karoten yang ada didalam tomat dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh yang merupakan penyebab serangan jantung dan stroke.

Selain itu, produk olahan tomat juga terbukti dapat mengatasi peradangan dan melindungi lapisan dalam pembuluh darah, sehingga dapat menghindari adanya penumpukan darah. Kandungan serat, kalium, vitamin C, dan kolin yang ada didalam tomat juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

  • Mengatasi diabetes

Didalam 1 mangkuk tomat ceri terkandug sekitar 2 gram serat. Dan menurut sebuah peenlitian disebutkan bahwa mengonsumsi makanan berserat diduga mampu mengurangi kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 1 dan memperbaiki gula darah, lipid, serta kadar insulin bagi penderita diabetes 2.

  • Menjaga kesehatan tulang

Selain baik untuk kesehatan jantung, kandungan likopen ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan tulang. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Bone and Mineral Research berhasil mengungkapkan jika kadar likopen tinggi dalam tomat bisa membantu menurunkan risiko patah tulang. Sehingga bisa disimpulkan jika salah satu manfaat tomat adalah dapat mencegah perkembangan osteoporosis dalam tubuh seseorang.

  • Mengurangi berat badan

Anda yang tengah menjalankan program diet penurunan berat badan, perlu diketahui jika mengonsumsi 1 gelas tomat setiap hari dapat membantu mengurangi lingkar pinggang.

Selain itu, berdasarkan penelitian lain yang dilakukan di Cina, jus tomat juta ternyata mampu mengurangi berat badan dan lemak berlebih dalam tubuh. Hal tesebut juga didukung oleh adanya kandungan likopen yang terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol yang bertanggungjawab terhadap penambahan berat badan.

  • Menyehatkan mata

Kandungan beta-karoten yang ada didalam tomat, selain bermanfaat untuk menyehatkan jantung, juga bisa menjaga kesehatan mata. Hal ini disebabkan karena saat dicerna, beta-karoten yang terkandung dalam tomat akan berubah menjadi vitamin A. Terlebih lagi tomat juga mengandung vitamin A, sehingga menajdikannya semakin kaya akan kandungan vitamin A.

Manfaat tomat yang satu ini didukung dengan adanya penelitian yang dilakukan oleh Linus Pauling Institute yang menyebutkan jika makanan yang kaya akan vitamin A mampu meningkatkan produktivitas retina, terutama dalam pencahayaan yang kurang dan dalam menginterpretasikan warna serta meningkatkan perkembangan mata.

  • Kesehatan kulit

Menurut sebuah penelitian, likopen juga dapat meningkatkan kemampuan kulit untuk melindungi diri dari paparan sianr UV yang berbahaya dan membantu menjaga kulit tampak awet muda.

Tidak hanya itu, kandungan kolagen dan vitamin C yang terkandung didalamnya juga berfungsi sebagai antioksidan yang membantu mencegah kerutan halus, mencegah kerusakan kulit akibat matahari, polusi dan asap, serta memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan.

Itulah beberapa khasiat serta manfaat tomat bagi kesehatan yang jarang diketahui oleh banyak orang. Walaupun berbagai manfaat tomat tersebut memerlukan penelitian dan bukti yang lebih lanjut, akan tetapi jangan ragu untuk menambahkan tomat dalam menu harian Anda. Perlu diketahui, kandungan likopen dalam tomat akan lebih baik diserap tubuh jika tomat sudah dimasak atau diolah terlebih dahulu, dan bukan dikonsumsi dalam kondisi segar.

Tags: