Khasiat dan Manfaat Teratai Bagi Kesehatan dan Pengobatan

Manfaat Teratai Bagi Kesehatan dan Pengobatan yang Perlu Diketahui,- ujangherbal.com – Teratai merupakan salah satu jenis tanaman air yang termasuk kelompok Nymphaeaceae. Tanaman ini tumbuh di permukaan air tenang. Bunga dan daunnya terdapat di permukaan air, keluar dari tangkai dan berasal dari rizoma yang berada di dalam lumpur pada dasar kolam, sungai, atau rawa.

Teratai merupakan tanaman air yang unik, dimana tanaman ini tumbuh di air yang sangat berlumpur (kotor, coklat), akan tetapi memiliki warna bunga yang lebih cemerlang. Dibalik penampilannya yang cantik dan menarik, tanaman teratai ini ternyata memiliki banyak manfaat. Simak berbagai manfaat teratai bagi kesehatan serta kandungan gizinya berikut ini !

Manfaat Teratai

Mengetahui Manfaat Teratai Bagi Kesehatan dan Pengobatan

Secara ilmiah, teratai air berfungsi sebagai sarana alternatif untuk mengurangi kadar bahan pencemar pada limbah domesti yang murah, efektif, dan efisien. Limbang domestik ini biasanya berasal dari aktifitas rumah tangga yang bisa berdampak mengganggu kesehatan masyarakat.

Disamping itu, tanaman teratai juga memiliki manfaat lain bagi kesehatan dan membantu pengobatan penyakit secara tradisional. Kandungan zatnya yang variatif menjadikan teratai bisa membantu mengobati berbagai jenis penyakit dan gangguan kesehatan.

Teratai mengandung isoquinoline alkaloid, termasuk aporphine type (reomerine, nuciferine, neornuciferine, anonaine, liriodenine, asimilobin, liridin), benzyl isoquinoline type (armepavine, n-methyl coclaurine), proaporphine type (prunudiferine), flavonoid, (huperoside, isoquercitrin, nelumboside, quercetin glucuronide, camphor glucuronide), tanin.

Berikut ini merupakan beberapa senyawa yang terkandung didalam teratai, diantaranya :

  • Biji teratai, kaya akan pati dan juga mengandung raffinose, lemak, prortein, kalsium, karbohidrat, fosfor, dan besi.
  • Kulit biji teratai, mengadnung N. norarmepavine nuciferine, oxoushinsunine.
  • Tunas biji teratai, mengandung methylcorpalline, demethyl liensinine, pronuciferine, lotusine, isoliensinine, coclaurine, galuteolin, neferine, nuciferine, hyperin, dan rutin.
  • Akar teratai, mengadnung tanin dan asparagine
  • Rimpang teratai, mengandung vitamin C, protein, asparagine, pati, tanin, catechol, lotacethol, neochlorogenic acid, leucocyanidin, leucodelphinidin, dan peroxidase, d-gallotacethol, dan neochlorogenic acid.
  • Penyangga bunga (receptacle/flower stalk), mengandung karbohidrat, karoten, asam nikotinat, protein, lemak, vitamin B1, B2, dan C, serta sedikit nelumbine.
  • Buunga teratai, mengandung quercetin, luteolin, isiquercitrin, dan kaempferol.
  • Benang sari, mengandung isiquercitrin, galuteolin quercetrin, luteolin, dan alkaloid.
  • Daun teratai, mengandung nuciferine, nornuciferine, liriodenine, armepavin, pronuciferine, anonaine, roemerine, N-nornuciferine, D-N-methylcoclaurine, quercetin, isoquercitrin, nelumbine, citri acid, tartaric acid, malic acid, gluconic acid, oxalic acid, sucinic acid, dan tanin
  • Tangkai daun teratai, mengandung nornucoferine, resin, roemerine, dan tanin
  • Dasar daun teratai, mengandung roemerine, nuciferine, dan norciferine.

Khasiat dan Manfaat Teratai Bagi Kesehatan

Berikut ini merupakan beberapa manfaat teratai bagi kesehatan yang perlu diketahui, yaitu diantaranya :

  • Menormalkan tekanan darah

Menurunkan tekanan darah atau menjaga agar tekanan darah tetap normal perlu dilakukan oleh penderita hipertensi. Hal ini bertujuan agar penyakit komplikasi bisa dicegah. Untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi, Anda bisa memanfaatkan tunas teratai.

Tunas teratai diketahui mengandung lemak baik yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Untuk mengolahnya cukup mudah, caranya Siapkan 10 gram biji teratai dan 15 gram tunas teratai. Campurkan kedua bahan tersebut dengan 350 cc air bersih kemudian rebus hingga tersisa 200 cc. Minum air rebusan ini secara teratur.

  • Mengatasi bengkak dan iritasi

Manfaat teratai selanjutnya yaitu mampu mengatasi bengkak dan iritasi secara alami. Kandungan karoten yang ada didalam biji bunga teratai bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah pada mata, termasuk bengkak dan iritas. Untuk mendapatkan manfaatnya, caranya siapkan 3 gram biji bunga teratai dan 9 gram bunga seruni. Bungkus dengan kain bersih dan kukus selama 30 menit. Saat sudah agak dingin, kompres mata dengan kain dan bahan tersebut. Lakukan perawatan ini secara rutin 2 kali sehari pada pagi dan malam hari.

  • Mengobati mimisan

Zat besi yang terkandung didalam bunga teratai bisa membantu mengobati mimisan. Selain itu, zat besi yang ada didalamnya juga bermanfaat untuk membentuk sel darah merah baru. Cara untuk mendapatkan manfaat teratai yang satu ini yaitu, Ambil akar teratai dan buatlah menjadi jus. Saring air jus akar teratai tersebut dan teteskan ke dalam hidung sedikit demi sedikit.

  • Mengobati panas dalam

Manfaat teratai selanjutnya yaitu mampu mengobati panas dalam. Bagian tanaman teratai yang memiliki manfaat tersebut yaitu bagian rimpang. Cara mengolahnya yaitu, siapkan 100 gram rimpang teratai dan 50 gram alang-alang. Rebus kedua bahan tersebut dengan 50m cc air bersih hingga tersisa setengahnya. Saring dan minum ramuan tersebut secara rutin hingga panas dalam mulai mereda.

  • Mengobati batuk darah

Sama halnya seperti alang-alang, bunga teratai juga memiliki manfaat untuk mengatasi batuk darah. Kandungan asam nikotinat yang terkandung didalamnya mampu mengehtnikan muntah darah.

Untuk mendapatkan manfaatnya, caranya cukup mudah, Anda hanya perlu membat jus dari rimpang teratai, kemudian campurkan dengan 200 cc air matang. Konsumsi jus ini secara rutin minumal 3 kali sehari, dan maksimal 5 hari sekali.

  • Mengatasi insomnia atau susah tidur

Keluhan insomnia memang sangat mengganggu. Nah, untuk mengatasi gangguan tersebut, biji teratai bisa menjadi solusi terbaik. Hal ini disebabkan karena biji teratai mengandung fosfor dan vitamin yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Cara mengolahnya yaitu, siapkan 12 gram biji bunga teratai dan rendam selama 30 menit. Setelah itu, rebus biji teratai tersebut dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minum air rebusan tersebut dan konsumsi biji bunga teratai yang telah direbus.

  • Mengobati disentri

Penderita disentri bisa mengalami kekurangan cairan, sehingga Anda perlu menggantinya. Untuk mengatasi kondisi ini, Anda bisa menyiapkan 50 gram rimpang teratai dan 10 gram jahe yang telah diparut dan diperas airnya. Masukkan semua bahan tersebut kedalam 100 cc air dan rebus hingga mendidih. Setelah dingin, masukkan 1 sendok madu ke dalam ramuan tersebut agar rasanya lebih nikmat.

  • Mengatasi diare yang disertai muntah

Sama halnya dengan disentri, diare dan muntah juga bisa membuat penderitanya kehilangan banyak cairan tubuh. Untuk mengganti cairan tubuh yang hilang tersebut, Anda bisa memanfaatkan jus rimpang teratai. Kandungan mineral yang ada didalamnya bermanfaat untuk menambah cairan tubuh. Caranya, yaitu siapkan 50 gram rimpang teratai dan 10 gram rimpang jahe yang telah dicuci bersih. Buatlah jus dengan kedua bahan tersebut, saring dan minum airnya secara rutin 3 kali sehari.

Selain itu, juga terdapat beberapa manfaat teratai lainnya yang bisa kita dapatkan, seperti diantaranya menghilangkan stres, menyehatkan mata, membantu program diet, menguatkan gigi, serta membentuk sel darah merah.

Itulah beberapa kandungan serta manfaat teratai bagi kesehatan yang perlu diketahui. Selain mengonsumsi obat yang telah diresepkan oleh dokter, tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan bahan-bahan alami untuk membantu mengatasi beragam gangguan keshatan yang Anda alami. Semoga bermanfaat.

Tags: