Manfaat Pala Bagi Kesehatan Tubuh dan Cara Penggunaannya

Manfaat Pala Bagi Kesehatan Tubuh dan Cara Penggunaannya – Selamat datang telah mengunjungi website kami www.ujangherbal.com yang merupakan situs resmi web berbagai kesehatan dan penjual obat herbal yang tentunya halal, aman dan terpercaya. Pada halaman ini, kami akan memberikan informasi kesehatan mengenai Manfaat Pala, yang merupakan salah satu tanaman yang tumbuh di daerah tropis yaitu pala. Pala juga termasuk rempah-rempah yang sering digunakan ke dalam berbagai masakan. Untuk lebih lengkapnya, mari kita bahas selengkapnya berikut ini.

manfaat pala bagi kesehatan dan cara penggunaannya

Informasi Tetang Pala

Pala adalah salah satu rempah-rempah yang ada di Indonesia, dan sering kali dijadikan sebagai bumbu dan penyedap pada masakan. Pala ini hanya dimanfaatkan pada bagian bijinya saja, sedangkan pada daging buahnya sering diabaikan begitu saja.

Ternyata pala termasuk buah yang langka, karena hanya tumbuh di wilayah-wilayah tertentu saja yang dikenal dengan wilayah penghasil pala. Meskipun memiliki ukuran yang kecil, tetapi pala memiliki kandungan yang sangat banyak untuk kesehatan maupun kecantikan. Biji pala yang sering digunakan untuk berbagai masakan, hanya dengan menambahkan sedikit saja maka akan menambah aroma dan cita rasa dari masakan tersebut. Biasanya rempah ini tersedia dengan bentuk utuh atau sudah dijadikan seperti serbuk yang sering digunakan untuk keperluan masak, bahkan juga bisa digunakan dengan berbentuk minyak esensial.

Berbagai kandungan yang ada pada pala seperti zat besi, potasium, mangan, tiamin, magnesium, folat, tembaga dan juga berbagai vitamin seperti vitamin B1, B6, dan lainnya. Selain itu biji pala ini mengandung karminatif, stimulan, antioksidan, antimikroba, anti inflamasi, psikoaktif, antispasmodik dan afrodisiak. Dari semua kandungan tersebut bahwa manfaat pala memang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Pala Bagi Kesehatan

  • Mengurangi Rasa Sakit

Adanya kandungan senyawa yang merupakan salah satu komponen pada pala, yang hampir mirip dengan menthol, serta bersifat sebagai penghilang rasa sakit secara alami. Maka dari itu, dengan menambahkan pala pada bumbu masakan, maka bisa mengurangi rasa sakit seperti luka, cedera, strain ataupun peradangan kronis yang diakibatkan dari kondisi arthritis.

  • Menghilangkan Insomnia

Ternyata insomnia tidak hanya penyakit sulit tidur, tetapi juga dikaitkan dengan tidur yang tidak berkualitas. Seseorang yang memiliki tidur tidak berkualitas bisa mempengaruhi pada kehidupan seseorang. Bahkan berbagai penyakit akan timbul akibat dari tidur yang tidak berkualitas. Maka dari itu, manfaat pala yang memiliki kandungan senyawa dipercaya dapat menghilangkan insomnia. Caranya, sebelum tidur Anda bisa mengkonsumsi air rebusan pala tersebut.

Caranya, campurkan bubuk pala ke dalam satu gelas susu hangat setiap sebelum tidur. Atau Anda juga melakukan cara alternatif dengan cara mencampurkan minyak esensial pala sebanyak 2 tetes dengan 2 sendok makan minyak zaitun, kemudian lakukan pemijatan ke bagian dahi sebelum tidur.

  • Meningkatkan Kinerja Otak

Manfaat pala lainnya yaitu dapat digunakan sebagai peningkat kinerja otak. Pala telah digunakan sebagai obat peningkat kinerja otak. Seperti yang telah dilansir dari situs kesehatan Fitday, pala memang sangat efektif untuk mengusir penat serta meredakan depresi. Dengan mengonsumsi pala secara rutin, maka dapat meningkatkan konsentrasi sehingga Anda akan lebih fokus ketika sedang bekerja. Untuk cara mengonsumsinya yaitu, tuangkan sejumput bubuk pala ke dalam satu gelas air hangat, kemudian minum sebanyak satu kali sehari setiap sebelum tidur.

  • Meredakan Nyeri Otot

Biji pala mengandung minyak atsiri esensial yang bersifat anti inflamasi. Sehingga hal ini sangat bermanfaat untuk mengobati nyeri sendi dan otot. Menurut salah satu penelitian yang dilakukan oleh Food and Nutrition Research, yang telah melakukan penyuntikkan pada seekor hewan dengan menggunakan minyak pala tersebut. Maka dengan hasilnya bahwa minyak pala mampu untuk meredakan kondisi bengkak dan nyeri pada sendi dan yang berkaitan dengan peradangan kronis.

Cara penggunaan biji pala untuk meredakan rasa nyeri otot atau sendi yaitu campurkan minyak pala dengan minyak zaitun, kemudian oleskan pada area yang mengalami sakit selama beberapa kali sehari. Anda juga dapat menambahkan rempah tersebut pada masakan untuk membantu meredakan nyeri sendi dan otot.

  • Menjaga Kesehatan Mulut

Mulut merupakan sarang penyakit, dan mudah terkena bau mulut atau berbagai masalah pada gigi. Pala yang bersifat antibakteri sangat ampuh dalam mengusir berbagai macam masalah pada mulut. Biasanya mulut disebabkan oleh penumpukkan bakteri, maka dibutuhkan zat yang bisa membunuhnya. Selain mengalami bau mulut, masalah gusi bengkak dan sakit gigi juga dapat diatasi dengan pala. Caranya, oleskan minyak pala pada bagian yang mengalami sakit. Lakukan secara rutin dan teratur supaya mulut kembali segar dan sehat.

  • Masalah Pencernaan

Biji pala juga sangat baik untuk sistem pencernaan. Manfaat pala yaitu dapat meringankan rasa mual, muntah, gangguan pencernaan, kembung, diare, dan lainnya. Maka dari itu, pala dapat membantu untuk meningkatkan sekresi cairan pada lambung dan juga usus, sehingga akan meningkatkan kesehatan pencernaan.

Adanya minyak esensial didalamnya berdampak karminatif pada sistem pencernaan. Sebuah penelitian menyatakan bahwa ekstak dari biji pala dapat membantu untuk mengatasi diare dan telah dilakukan uji coba pada seekor hewan. Caranya, tambahkan bubuk pala ke dalam masakan sayuran sup atau masakan yang berkuah lainnya.

  • Bagus Untuk Kulit

Manfaat pala yang terakhir yaitu dapat menyehatkan kulit, Anda bisa menggunakan rempah ini, karena adanya zat scolopetin yang ada pada pala tersebut mampu menghentikan peradangan pada kulit. Kulit pun akan menjadi tambah halus dan sehat. Bahkan bekas cacar atau bisulan pun juga dapat hilang dengan menggunakan pala tersebut.

Caranya, parut buah pala sampai halus kemudian campurkan dengan air dan madu. Balurkan pada kulit yang mengalami luka, dan diamkan selama 30 menit lalu bilas hingga bersih menggunakan air hangat.

Itulah berbagai macam manfaat pala bagi kesehatan tubuh. Anda bisa mendapatkan khasiat dan juga manfaat pala untuk menjaga kesehatan tubuh supaya tetap sehat. Namun Anda juga perlu mengetahui, dengan berbagai manfaat pala bagi kesehatan, Anda juga tidak diperbolehkan untuk mengonsumsinya secara berlebihan. Karena akan menimbulkan dampak psikoaktif serta memicu masalah seperti keracunan, perasaan resah dan halusinasi.

Tags: