Manfaat Nona Makan Sirih Untuk Kesehatan Serta Pengobatan Alternatif Alami

Manfaat Nona Makan Sirih Untuk Kesehatan Serta Pengobatan Alternatif Alami – Selamat datang dan terima kasih telah mengunjungi website resmi kami www.ujangherbal.com yang mana merupakan situs penyedia informasi seputar kesehatan, berbagai jenis penyakit lengkap dengan solusinya. Dan pada keseempatan ini kami akan berbagi informasi mengenai manfaat nona makan sirih. Tahukah Anda dengan nona makan sirih?

Mungkin bagi Anda yang pertama kali mendengar nona makan sirih dapat menjadi sebuah nama yang begitu unik. Sehingga membuat Anda bertanya-tanya tentang nama apakah nona makan sirih itu. Namun akan berbeda bagi Anda yang seorang pecinta tanaman hias atau obat herbal, Nama tanaman nona makan sirih ini bukan menjadi hal yang asing lagi.

Pembahasan mengenai manfaat nona makan sirih silahkan simak ulasan di bawah ini.

Manfaat Nona Makan Sirih Untuk Kesehatan Serta Pengobatan Alternatif Alami

Manfaat Nona Makan Sirih Untuk Kesehatan Serta Pengobatan Alternatif Alami

Nona makan sirih merupakan sebuah nama dari bunga atau tanaman yang mempunyai nama latin Clerodendrom thomsonae Balf F. Tanaman ini di ketahui kandungan nya memiliki efek farmakologis. Yaitu tanaman yang mampu membuat rasa panas serta racun menjadi hilang. Untuk itu manfaat nona makan sirih, selain sering digunakan sebagai tanaman hias karena tampilannya yang cantik, tanaman nona makan sirih juga dimanfaatkan untuk pengobatan alternatif alami.

Kandungan Nona Makan Sirih

Pada daun, bunga, dan juga batang dari tanaman nona makan sirih ini mengandung Polifenol dan saponin. Di samping itu, daunnya mempunyai kandungan flavonoida dan alkaloid. Sedangkan batangnya mempunyai kandungan alkaloid dan tanin. Semua kandungan ini yang menjadikan manfaat nona makan sirih sangat efektif.

Ciri-ciri tanaman nona makan sirih

  • Batang

Tanaman nona makan sirih pada waktu muda mempunyai batang yang tegak, namun menjalar pada waktu tua. Bentuk batangnya bersegi dan memiliki warna coklat.

  • Daun

Mempunyai daun yang tunggal, berhadapan. Bentuk daunnya lonjong namun ujung dan pangkalnya runcing, tepi rata. Dengan panjang 4-17 cm serta lebar 2-10 cm. Pertulangannya menyirip dan permukaannya kasar. Daun nona makan sirih ini berwarna hijau.

  • Bunga

Bunga nona makan sirih majemuk. Berbentuk payung dan di ujung batang atau cabangnya dan dihetiak daun. Mempunyai tangkai sifindris, kelopaknya terbagi 5. Panjang bunga 2-2.5 cm. Berwarna putih. Selain itu, benang sari dan putiknya memanjang keluar tabung mahkota.

  • Buah dan Biji

Tanaman nona makan sirih mempunyai buah yang berbentuk kotak yang beruang empat, warnanya hijau. Sedangkan bijinya berbentuk bulat telur, permukaannya beralur jala, dan warnanya putih.

  • Akar

Jenis akar pada tanaman nona makan sirih adalah tunggang dengan warna putih kotor.

Manfaat Nona Makan Sirih Untuk Kesehatan Serta Pengobatan Alternatif Alami

Banyak penyakit yang bisa disembuhkan oleh tanaman nona makan sirih ini. Berikut ini adalah beberapa manfaat nona makan sirih di sertai cara penggunaannya untuk kesehatan dan pengobatan alami. diantaranya:

Kencing Batu

Manfaat nona makan sirih salah satunya adalah untuk mencegah dan mengatasi kencing batu karena dapat membantu melancarkan buang air kecil. Adapun cara tepat yang dapat dilakukan dalam penggunaanya ialah dengan memnfaatkan beberapa helai dari daun nona makan sirih. Kemudian cuci dengan bersih. Lalu rebus menggunakan 3 gelas air sekitar 15 menit. Setelah itu, angkat dan diamkan hingga dingin dan saring. Hasil air rebusan ini bagi menjadi dua bagian dengan sama rata. Kemudian minum pada waktu pagi hari dan sore hari. Lakukan secara rutin setiap hari hingga keadaan membaik.

Radang Selatut Gendang Telinga

Selain kencing batu, manfaat nona makan sirih lainnya ialah dapat membantu mengobati radang selatut gendang telinga. Penyakit ini dapat menyerang orang dewasa maupun anak-anak. Namun manfaat nona makan sirih lebih berkhasiat untuk mengatasi penyakit Radang Selatut Gendang Telinga yang terjadi pada anak-anak.

Proses atau cara penggunaannya hampir sama, yaitu memanfaatkan daun nona makan sirih yang masih segar lalu merebusnya ke dalam 3 gelas air dengan waktu sekitar 15 menit. Kemudian setelah di rebus, diamkan hingga dingin dan saring. Lalu minum air rebusan ini maksimal 2 kali dalam sehari hanya setengah gelas saja.

Demikianlah tadi beberapa manfaat nona makan sirih serta langkah penggunaannya sebagai pengobatan alami. Semoga dapat bermanfaat untuk kesehatan Anda dan keluarga.

Tags: