Manfaat Ngokilo Dalam Kesehatan Sebagai Pengobatan Tradisional Alami

Manfaat Ngokilo Dalam Kesehatan Sebagai Pengobatan Tradisional Alami – Selamat datang di www.ujangherbal.com situs yang menyediakan informasi kesehatan, berbagai penyakit, dan juga solusinya. Dalam kesempatan yang baik ini kami akan berbagi informasi mengenai manfaat ngokilo dalam kesehatan tubuh lengkap dengan cara menggunakannya sebagai pengobatan tradisional yang alami.

Manfaat ngokilo yang mempunyai nama latin Stachytarpheta Mutabilis sangatlah banyak. Tanaman ngokilo berasal dari negara China. Tumbuh di antara semak-semak liar atau tumbuhan liar di lahan terbuka. Tanaman ini termasuk salah satu jenis tanaman yang sering tumbuh pada daerah yang keasriannya masih terjaga. Pada proses pertumbuhannya juga terbilang mudah asalkan berada pada tanah yang subur dan tempatnya terbuka.

Manfaat Ngokilo Dalam Kesehatan Sebagai Pengobatan Tradisional Alami

Manfaat Ngokilo Dalam Kesehatan Sebagai Pengobatan Tradisional Alami

ciri-ciri tanaman ngokilo

  • Akar tanaman ngokilo ialah berakar serabut berwarna putih.
  • Batang tanaman ngokilo bertekstur lunak dan tegak, beruas-ruas, serta warnanya hijau.
  • Daun ngokilo ini tunggal bentuknya lonjong.Letaknya tersebar dengan ukuran panjang 8-13,5 cm dan lebarnya 3-4 cm tepinya bergigi, pangkal daun tumpul, ujung daun meruncing, tulang daunnya menyirip dan teksturnya kasar. Tangkai daun memiliki bentuk pipih dengan panjang 1 cm. Warnanya hijau.
  • Bunga ngokilo majemuk dan berbentuk tandan lonjong. Letaknya berada di ujung batang. Dengan panjang tangkai bunga 2-2,5 cm, berwarna hijau.
  • Kelopak pada bunga ngokilo berbentuk terompet dengan ujung segi lima, bertekstur kasar dan berbulu.
  • Pada tanaman ngokilo benang sari memiliki ukuran panjang 3 cm, berjumlah dua dan warnanya merah kekuningan. Sedangkan putik bunganya mempunyai panjang 2,5 cm dengan warna putih kekuningan.
  • Serta mahkota bunganya berbentuk terompet yang warnanya merah kekuningan.
  • Buah dari tanaman ngokilo berwarna hijau dan berbentuk lonjong yang terbalut oleh kelopak.
  • Biji tanaman ngokilo berwarna hitam, bentuknya bulat dan ukurannya relatif kecil.

Kandungan tanaman ngokilo

Meskipun manfaat ngokilo sangat banyak, akan tetapi kandungan pada jenis tanaman ini ternyata belum dapat di ketahui karena belum ada penelitian ilmiah.

Namun seperti kebanyakan tanaman lainnya, tanaman ngokilo banyak diduga mengandung zat alkaloid, polifenol, dan saponin.

Manfaat Ngokilo Dalam Kesehatan Sebagai Pengobatan Tradisional Alami

Berikut ini beberapa manfaat ngokilo, diantaranya :

Menjaga Asam Lambung

Untuk orang yang mengalami maag, asam lambung merupakan masalah utama yang dapat menjadi penderitaan tidak kunjung berhenti. Asam lambung dapat menimbulkan rasa mual, perih, perut kembung, dan adanya rasa panas di perut. Untuk itu, asam lambung harus terjaga hingga jangan sampai naik. Dan ternyata diketahui bahwa salah satu manfaat ngokilo ialah dapat menjaga asam lambung. Jadi bagi penderita maag sangat baik mengkonsumsi daun ngokilo secara rutin agar dapat memiliki keteraturan asam lambung pada tubuh.

Cara Pengolahannya ialah dengan menggunakan 3 lembar daun ngokilo segar. Cucu bersih menggunakan air yang matang. Kemudian makan sebagai lalapan. Lakukan secara teratur setiap hari.

Catatan : jangan mengkonsumsi makanan yang mempunyai rasa pedas dan asam.

Mengobati Ambeien

Penyakit ambeien atau wasir merupakan penyakit yang menyerang dubur sehingga membuat penderitanya kesulitan apabila harus duduk dengan waktu yang lama. gejala yang terjadi ketika mengalami wasir ialah adanya pendarahan setelah melakukan buang air besar, terdapat benjolan atau lendir yang tergantung di sekitar anus. Bagi penderita ambeien ini, Anda dapat memanfaatkan daun ngokilo sebagai pengobatan alternatif secara alami.

Adapun cara pengolahan manfaat ngokilo ini adalah dengan menggunakan 1/2 genggam daun ngokilo yang telah dicuci. Kemudian merebusnya ke dalam 2 gelas air hingga air tinggal setengahnya. Setelah dingin lalu saring. Dan minum secara rutin setiap hari.

Catatan : di larang mengkonsumsi daging kambing dan makanan yang pedas.

Meredakan Payudara Yang Membengkak

Biasanya payudara membengkak di alami oleh ibu yang baru saja menyusui. Namun pembengkakkan payudara juga dapat dialami oleh ibu hamil sejak 1 sampai 2 minggu setelah terjadi pembuahan. Hal ini akan menyebabkan rasa tidak nyaman bagi para ibu. Untuk mengatasinya, dapat menggunakan daun ngokilo.

Mencegah Dan Mengobati Penyakit Diabetes

Manfaat ngokilo tepatnya daun ngokilo diketahui dapat mencegah dan mampu membantu mengobati penyakit diabetes karena daun ngokilo mempunyai kemampuan untuk menjaga kadar gula darah di dalam tubuh dengan sempurna. Cara mengkonsimnya sama yaitu dengan menjadikan daun ngokilo sebagai lalapan. Lakukan setiap hari dengan teratur.

Mengurangi Kolestrol

Salah satu manfaat ngokilo adalah sebagai penurun kadar kolestrol jahat di dalam tubuh. Dan cara mudah nya ialah dengan mengkonsumsi daun ngokilo dengan rutin.

Menyembuhkan Penyakit Kulit

Manfaat ngokilo dari akar, batang, serta daunnya yang di rebus dapat dijadikan sebagai penyembuh pada penyakit kulit. Caranya ialah dengan menggunakan air rebusan tersebut yang masih hangat. Kemudian di siramkan pada bagian yang mengalami gangguan penyakit kulit.

Membantu Mengatasi Batu Ginjal

khasiat dan manfaat ngokilo sangat bagus untuk kesehatan ginjal. Daun ngokilo dapat digunakan sebagai obat penyakit batu ginjal. Pengolahannya adalah dengan menggunakan 50 gram daun ngokilo dan 7 batang tanaman meniran yang telah dicuci. Lalu rebus dengan dengan 4 gelas air. Setelah mendidih dan air tersisa setengahnya, angkat dan diamkan hingga dingin. Kemudian saring dan minum untuk 3 kali sehari. Lakukan dengan rutin.

Itulah informasi lengkap tentang manfaat ngokilo yang sangat baik untuk kesehatan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Tags: