Manfaat Nanas Kerang Untuk Kesehatan Sebagai Obat Herbal Yang Alami

Manfaat Nanas Kerang Untuk Kesehatan Sebagai Obat Herbal Yang Alamiujangherbal.com – Pada kesempatan ini kami akan berbagi informasi tentang manfaat nanas kerang yang dapat digunakan sebagai obat herbal alami untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Apakah nanas kerang itu? Nanas kerang atau Rhoeo discolor merupakan salah satu jenis tumbuhan atau tanaman yang biasanya di tanam oleh kebanyakan orang sebagai tanaman hias. Tanaman ini sering tumbuh subur pada daerah dengan tanah yang lembab. Serta termasuk dalam suku gawar-gawaran yang berasal dari Hindia Barat dan juga Meksiko. Manfaat nanas kerang bagi kesehatan tubuh ini sangat banyak. Berikut ini adalah ulasannya.

Manfaat Nanas Kerang Untuk Kesehatan Sebagai Obat Herbal Yang Alami

Manfaat Nanas Kerang Untuk Kesehatan Sebagai Obat Herbal Yang Alami

Ciri-ciri Tanaman Nanas Kerang

  • Tanaman nanas kerang ini mempunyai tinggi pohon yang dapat mencapai sekitar 40 cm – 60 cm.
  • Batangnya bertekstur kasar, pendek, lurus, dan tidak bercabang.
  • Daun nanas kerang bentuknya lebar dan panjang. Namun mudah patah. Warna daun pada permukaan atasnya hijau. Sedangkan pada bagian bawah memiliki warna merah tengguli.
  • Panjang daunnya bisa mencapai sekitar 30cm dengan lebar 2,5 – 6 cm.
  • Bunganya mempunyai warna putih dan berbentuk bunga kerang.

Kandungan pada tanaman nanas kerang

Sebenarnya kandungan yang terdapat pada tanaman nanas kerang masih belum banyak diketahui. Namun efek farmakologisnya dan antiradang pada tanaman ini menjadikan manfaat nanas kerang dapat digunakan sebagai obat herbal alami.

Tanaman nanas kerang ini mempunyai rasa manis dan bersifat sejuk.

Manfaat Nanas Kerang Untuk Kesehatan Sebagai Obat Herbal Yang Alami

Selain sebagai tanaman hias, manfaat nanas kerang untuk kesehatan juga sangat luar biasa. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Mengatasi bagian tubuh yang terkilir

Manfaat nanas karang yang pertama ialah daunnya dapat mengatasi bagian tubuh yang terkilir. Caranya yakni dengan memanfaatkan beberapa helai daun nanas kerang yang masih segar. Kemudian di tumbuk hingga halus. Setelah itu, membalurkannya pada bagian tubuh yang mengalami terkilir. Lakukan cara ini dengan rutin sampai keadaan tubuh yang terkilir membaik.

Mengatasi BAB Yang Berdarah

Untuk mempercepat proses penyembuhan BAB yang berdarah, kita dapat memanfaatkan bunga dan daun dari nanas kerang. Adapun cara pengolahannya ialah dengan merebus bunga serta daun nanas kerang dan ditambahkan gula merah secara bersamaan dengan 3 gelas air. Setelah dingin kemudian saring. Dan minum air ramuan ini dengan teratur yaitu 2 gelas dalam sehari.

Membantu Mengobati Batuk Dan Masalah Pada Tenggorokkan

Tanaman ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dengan meminum rebusan bunga nanas kerang, diantaranya dapat membantu mengatasi batuk. Mulai dari batuk kering hingga batuk yang berdahak. Selain itu, dapat juga membantu menyembuhkan penyakit flu, bronchitis, serta disentri.

Dapat Meringankan Sakit TBC Dan Mimisan.

Bagi Anda yang sering mengalami mimisan atau menderita penyakit TBC, dapat mencoba daun nanas kering ini sebagai obat herbal yang alami. Caranya juga sama yaitu dengan menggunakan beberapa lembar daun nanas kerang yang kemudian di rebus. Lalu setelah dingin dan di saring, minum secara teratur dan rutin.

Menghilangkan Memar Dan Bengkak Akibat Benturan

Selain bisa mengatasi bagian tubuh yang terkilir, manfaat nanas kerang juga dapat mengatasi bagian tubuh yang bengkak atau memar. Caranya sama dengan ketika mengobati bagian tubuh yang terkilir. Yaitu membalurkan daun nanas kering yang telah di haluskan pada bagian tubuh yang mengalami bengkak atau memar. Lakukan cara ini secara berulang sampai tubuh yang bengkak atau memar tersebut sembuh.

Mengatasi muntah darah

Manfaat nanas kerang dalam mengatasi muntah darah cara pengolahannya adalah sebagai berikut :

Merebus sebanyak 10 lembar daun nanas kerang yang masih segar atau 20-50 kuntum dari bunga nanas kerang yang kering, dengan menambahkan gula merah atau gula aren dan air secukupnya. Setelah dingin dan di saring, air rebusan tersebut kemudian di minum dua kali sebanyak masing-masing 1 gelas.

Demikianlah informasi lengkap dari kami mengenai manfaat nans kerang untuk kesehatan sebagai obat herbal alami berbagai jenis penyakit. Semoga artikel ini dapat membantu sebagai pengobatan alternatif secara alami. Sehingga Anda dan keluarga selalu sehat.

Tags: