Manfaat Murbei Atau Mullbery Bagi Kesehatan

Manfaat Murbei Atau Mullbery Bagi Kesehatan Serta Kecantikan – Selamat datang kembali di situs resmi www.ujangherbal.com yang mana pada kesempatan kali ini akan berbagi infomasi mengenai manfaat murbei. Tahukah Anda dengan tanaman murbei? Tanaman Murbei merupakan salah satu genus yang terdiri dari 10 sampai 16 spesies pohon tertentu yang aslinya berasal dari daerah yang panas sedang atau subtropis di Asia, Amerika, das Amerika. Kebanyakan spesies aslinya memang bersal dari Asia. Salah satunya yaitu di desa Andaleh , kecamatan Batipuh, di Kabupaten Tanah Datar – Sumatra Barat yang usianya telah mencapai lebih dari 120 tahun.

Adapun untuk mengetahui lebih lengkapnya mengenai manfaat murbei ini Anda dapat terus menyimak artikel di bawah ini.

Manfaat Murbei Atau Mullbery Bagi Kesehatan

Manfaat Murbei Atau Mullbery Bagi Kesehatan

Ciri-ciri Tanaman Murbei

Tanaman murbei memiliki tinggi sekitar 4-5 meter, penampangnya dapat mencapai 15cm, batang murbei ditumbuhi dengan bintik-bintik kekuningan, mempunyai daun yang tunggal berbentuk bulat telur atau segitiga dan jika diraba akan tersa kasar, berujung runcing, dengan tepinya bergigi, serta pangkalnya tumpul, pertulangan daunnya menyirip. Mempunyai panjang daun sekitar 20cm dan lebar 10cm, kelopak bunganya memiliki bentuk mendekati bulat telur dengan warna hijau keunguan, Sedangkan untuk mahkota bunganya berbentuk taji.

Buahnya akan berwarna hijau jika masih muda namun setelah matang buah murbei ini akan mempunyai warna ungu yang kehitam-hitaman dan memiliki rasa yang manis.

Kandungan Zat Murbei

kandungan zat yang terdapat pada tanaman murbei ialah ecdysterone, lupeol, inokosterone, betasitosterol, moracetin, rutin, scopoletin, isoquersetin, scopolin, cis beta hexenol, betahexenal, benzaidehide, lamdahexenol, lanaloolbenzyl alkohol, eugenol, acetone, butylamine, cholin, trigonelline, asam amino, potasium, adenin, zinc, copper, vitamin (A, B1, C dan karoten) asam fumarat, asam klorogenetik, asam formyltetrahydrofolik, asam folat serta mioinositol dan juga mengandung phytoestrogens.

Khasiat Dan Manfaat Tanaman Murbei

Murbei sangat bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan, diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Kesehatan pencernaan

Sebagaimana pada umumnya buah-buahan dan sayuran, buah murbei juga mempunyai kandungan serat yang dapat membuat pencernaan menjadi lebih baik. Untuk itu, murbei dapat mencegah timbulnya masalah kesehatan seperti sembelit.

  • Mengontrol Gula Darah

Adanya kandungan senyawa flavonoid yang mempunyai sifat seperti insulin pada daun murbei ini dapat membantu mengontrol kadar gula dalam tubuh agar tetap dalam keadaan normal. Sehingga mampu menghambat penyebab penyakit diabetes.

Cara pengolahannya adalah dengan merebus 10 gram daun murbei segar pada 3 gelas air hingga tersisa kurang lebih 1 gelas. Kemudian setelah dingin minum secara rutin satu gelas perhari.

  • Mengatasi Anemia

Penyakit anemia adalah suatu kondisi ketika seseorang mengalami kekurangan jumlah hemoglobin yang mempunyai fungsi mengantarkan oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Anemia ini dapat terjadi karena kekurangan zat besi. Maka dengan mengkonsumsi buah murbei yang mempunyai kandungan zat besi tinggi dapat membantu Anda mengatasi masalah anemia ini. Adapun cara mengkonsumsinya adalah membuat jus murbei dengan menggunakan 10 gram buah murbei segar. Lalu minum dengan rutin.

  • Menjaga kesehatan Mata

Vitamin A dan karoten pada buah murbei sangat baik bagi kesehatan mata. Selain itu, vitamin A juga dapat berfungsi memperkuat bahkan mempertajam pandangan mata, dan juga dapat mengurangi ketegangan mata, serta dapat melindungi mata Anda dari degenerasi retina dan radikal bebas.

  • Mengobati tekanan darah tinggi

Kandungan potasium pada daun murbei sangat efektif dalam membantu mengembalikan tekanan darah menjadi normal. Adapun cara pengolahannya ialah dengan merebus daun murbei sebanyak 15gram yang telah di cuci bersih dalam 2 gelas air sekitar 15 menit. Setelah dingin kemudian saring dan di bagi 2 untuk diminum pada pagi dan sore hari.

  • Mengatasi Rambut rontok

Murbei dapat membantu Anda dalam mengatasi masalah rambut rontok karena kandungan yang terdapat pada buah murbei bisa meningkatkan produksi melamin pada rambut. Yaitu dengan meminum jus murbei secara teratur.

  • Sebagai Anti Kanker

Kandungan pada murbei yaitu quercetin, kaemferol, antosianin, polifenol, dan methanolic acid yang terbukti dengan fungsinya dapat menghambat terjadinya kerusakan pada DNA dan kerusakan funsgi pada regenerasi sel-sel pemicu terjadinya kanker.

Untuk Anda yang mengalami masalah kesehatan, tanaman murbei dapat dijadikan pengobatan alternatif Anda.

Efek samping Di Balik Manfaat Buah Murbei

Selain memberikan manfaat, buah murbei juga memiliki efek samping apabila dikonsumsi pada waktu yang tidak tepat. Yaitu, ketika sedang mengkonsumsi asupan berkarbohidrat jangan sesekali Anda mengkonsumsi buah murbei karena buah murbei dapat menghambat penyerapan karbohidrat.

Demikianlah ulasan mengenai sejumlah informasi manfaat murbei untuk kesehatan yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat untuk kesehatan Anda dan keluarga.

Terima kasih.

Tags: