Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan – Lidah buaya sudah tidak diragukan lagi manfaatnya baik itu untuk kesehatan maupun kecantikan. Tidak jarang, kita melihat suatu produk kecantikan dengan menggunakan lidah buaya sebagai bahan dasar ataupun bahan campuran. Lidah buaya yang memiliki bahasa latin Aloe Vera atau Aloe Barbadensis Milleer merupakan sejenis tumbuhan yang dikenal sebagai obat alami untuk bagian luar tubuh maupun bagian kulit dalam tubuh seperti penyembut luka, penyubur rambut, dan perawatan kulit.

Manfaat lidah buaya memang sering kali digunakan sebagai bahan alternatif terhadap keluhan tubuh. Bahkan saking terkenalnya tanaman ini sampai membuat bangsa mesir menyebut sebagai tanaman keabadian. Tidak hanya itu, lidah buaya sangat kaya akan nutrisi dan vitamin. Menurut penelitian yang telah dilakukan bahwa, lidah buaya memiliki vitamin dan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh baik itu untuk kesehatan maupun kecantikan, diantaranya :

  • Kandungan B1 0,01 miligram
  • Kandungan zat besi 0,8 miligram
  • Kandungan fosfor 186 miligram
  • Kandungan kalsium 85 miligram
  • Kandungan lemak 0,2 gram
  • Kandungan karbohidrat 0,4 gram
  • Kandungan protein 0,1 gram
  • Kandungan energi 4 kilo kalori

Dari semua kandungan yang ada pada lidah buaya tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan maupun kecantikan. Lantas, apa saja sih manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan? Mari kita bahas selengkapnya dibawah ini.

manfaat lidah buaya untuk kesehatan tubuh dan kecantikan

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan

  • Untuk mempercepat penyembukan luka luar

Lidah buaya yang mengandung zat anti-inflamasi yang bermanfaat untuk menyembuhkan luka bagian luar. Kandungan tersebut sangat efektif untuk melawan arus yang disebabkan oleh bakteri sehingga dapat mempercepat pemulihan luka yang dialami.

  • Membantu proses detoksifikasi

Terkadang tubuh membutuhkan waktu untuk mengeluarkan semua racun yang ada didalam tubuh atau yang disebut dengan proses detoksifikasi. Proses detoksifikasi dengan mengonsumsi lidah buaya akan lebih cepat karena dibantu oleh manfaat lidah buaya itu sendiri.

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Ternyata lidah buaya juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Adanya kandungan vitamin dan mineral sangat berguna untuk memaksimalkan sehingga kekebalan tubuh dapat meningkat. Anda bisa mengonsumsi lidah buaya dalam bentuk jus atau suplemen lidah buaya.

  • Mengatasi iritasi

Jika Anda mengalami kondisi iritasi pada kulit seperti eksim, psoriasis, rosacea dan lainnya. Anda bisa memanfaatkan lidah buaya untuk mengatasi kondisi kulit yang mengalami iritasi.

  • Meringankan peradangan

Salah satu studi penelitian telah dilakukan bahwa lidah buaya dapat meringankan kondisi peradangan. Bahkan dari adanya kandungan senyawa tersebut dapat digunakan sebagai imunostumulan yang berfungsi untuk membantu dalam memerangi kanker pada jenis hewan yaitu kucing dan anjing. Namun pada pengobatan ini belum dilakukan secara ilmiah pada manusia, sehingga masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

  • Menjaga kesehatan pencernaan

Lidah buaya yang bersifat adaptogenik sangat bermanfaat untuk pencernaan. Hal ini dapat dipastikan penyerapan nutrisi yang lebih baik dan dapat menghilangkan unsur-unsur yang berbahaya dengan melalui ekskresi halus. Pada proses pencernaan yang sehat dapat mempengaruhi pada pikiran dan tindakan, sehingga dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Bahkan hal ini dapat menyembuhkan sindrom iritasi usus besar, sembelit, tumpukan, dan gastrointestinal lainnya.

  • Menyehatkan gigi

Lidah buaya yang bersifat anti bakteri dan anti mikroba sehingga dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut. Adanya antibakteri tersebut dapat membantu dalam mengatasi sariawan dan menyembuhkan gusi yang berdarah.

  • Sebagai antioksidan alami

Kandungan antioksidan yang terdapat pada lidah buaya dapat menangkal radikal bebas. Radikal bebas merupakan senyawa tidak stabil yang dihasilkan oleh dampak dari metabolisme tubuh. Radikal bebas tersebut diyakini menjadi salah satu penyebab munculnya berbagai macam penyakit yang berbahaya bahkan dapat mempercepat proses penuaan. Maka dari itu, dengan mengonsumsi jus lidah buaya secara rutin dapat membantu tubuh untuk mendapatkan pasokan antioksidan yang dapat memerangi radikal bebas tersebut.

Itulah beberapa manfaat lidah buaya bagi kesehatan tubuh. Selanjutnya, apa saja manfaat lidah buaya bagi kecantikan? Yuk simak lagi berikut ini.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kecantikan

  • Mengatasi jerawat

Seperti yang telah kita ketahui diatas, lidah buaya dapat mengatasi berbagai macam luka, termasuk jerawat. Untuk cara penggunaannya yaitu, tempelkan bagian dalam lidah buaya atau gel pada bagian kulit yang mengalami jerawat supaya dapat membantu meringankan iritasi akibat dari jerawat bahkan dapat menyembuhkan secara total.

  • Melembabkan kulit

Perlu diketahui bahwa, gel pada lidah buaya sangat mudah diserap oleh kulit. Maka dari itu bagi Anda yang sering make up, tidak ada salahnya untuk mencoba aplikasikan gel tersebut sebelum melakukan make up.

  • Mengurangi stretch mark

Stretch mark biasanya terjadi pada wanita yang baru melahirkan. Anda tidak perlu khawatir, karena gel lidah buaya ternyata dapat menyembunyikan kondisi stretch mark yang Anda alami.

  • Meningkatkan pertumbuhan rambut

Menurut penelitian yang dilakuka oleh Univtersity of Hawai, kandungan enzim yang ada pada lidah buaya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut serta membuat rambut menjadi lebih sehat. Kandungan tersebut mampu untuk membasmi sel-sel kulit mati pada kulit kepala. Lidah buaya yang berperan untuk menghilangkan sebum dan sel mati yang ada pada kulit kepala. Selain itu, lidah buaya yang bersifat alkalizing dapat membantu untuk kulit kepala dan pH rambut ke tingkat yang lebih baik, sehingga dalam proses pertumbuhan dapat maksimal.

  • Mencegah rambut rontok

Dengan menggunakan lidah buaya untuk shampo maupun conditioner maka dapat membantu untuk menjaga kesehatan rambut serta dapat membuat tumbuhan menjadi lebih sehat dan tidak rontok.

  • Dapat mengurangi ketombe

Lidah buaya yang banyak dijadikan sebagai produk perawatan rambut mampu untuk mengatasi masalah ketombe. Ketombe yang disebabkan oleh adanya Malassezia dan jamur lemak maan yang hidup pada kulit. Maka dari itu lidah buaya yang dapat menghilangkan sel-sel kulit mati, serta bersifat anti jamur.

Itulah beberapa manfaat lidah buaya untuk kesehatan tubuh dan kecantikan. Semoga pada artikel ini dapat memberikan manfaat untuk Anda dan juga keluarga Anda. Simak tips dan artikel kesehatan lainnya di >> www.ujangherbal.com

Tags: