Manfaat Lengkuas Yang Luar Biasa Sebagai Pengobatan Tradisional

Manfaat Lengkuas Yang Luar Biasa Sebagai Pengobatan Tradisional РPernahkah Anda tertipu oleh lengkuas yang saat Anda gigit ternyata itu bukanlah daging? Ya, tidak sedikit pengalaman orang yang menggigit lengkuas, akibat dari ekspektasi daging yang besar dan juga nikmat. Lengkuas yang sering digunakan sebagai salah satu bumbu masakan terutama pada jenis masakan rendang atau hidangan daging lainnya. Namun tidak hanya digunakan sebagai bahan masakan saja, ternyata lengkuas juga memiliki manfaat yang dapat mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit. Sebelumnya mari kita bahas sekilas mengenai lengkuas itu sendiri.

manfaat lengkuas yang luar biasa sebagai pengobatan tradisional

Lengkuas atau yang dikenal dengan nama Laos oleh orang jawa, orang melayu yang menyebutnya dengan nama Lengkueh, dan orang sunda yang menyebutnya dengan nama Laja. Biasanya tanaman ini sering digunakan sebagai tambahan bumbu masakan, terutama pada masakan jenis daging. Pada tanaman ini memiliki batang yang semu dan buah yang berupa rimpang tumbuh yang ada di dalam tanah. Dengan memiliki pohon yang bisa mencapai 2 meter lebih, serta memiliki aroma yang khas, berserat, serta bertekstur yang agak keras.

Tanaman ini sudah banyak dibudidayakan, baik di dataran rendah maupun dataran tinggi. Di Indonesia sendiri ada berbagai spesies yang tumbuh yaitu lengkuas merah dan lengkuas putih. Biasanya pada lengkuas putih digunakan untuk tambahan bumbu pada masakan, sedangkan pada lengkuas merah digunakan untuk bahan pengobatan tradisional.

Di dalam lengkuas memiliki berbagai kandungan alami yaitu Vitamin A, Vitamin C, Beta Sitosterol, Zat Besi, Emodin, Galangin, dan Sodium. Dari semua kandungan sangat bermanfaat bagi tubuh, dan pasti memiliki manfaat yang berbeda-beda.

Manfaat Lengkuas Untuk Pengobatan Tradisional

Berikut ini ada berbagai manfaat lengkuas yang dapat digunakan untuk pengobatan tradisional diantaranya :

  • Mengatasi masalah pencernaan

Kandungan serat yang ada di dalam lengkuas dapat membantu untuk meningkatkan proses pencampuran makanan pada perut. Hal ini dapat membantu untuk mengurangi ludah dan asam pencernaan yang akan memberikan masalah bagi penderita maag. Maka dari itu, dengan mengkonsumsi lengkuas maka dapat memberikan rasa nyaman pada perut yang menderita maag. Selain itu, lengkuas juga dipercaya dapat mencegah anoreksia dan rasa nyeri pada bagian perut.

  • Mengurangi risiko penyakit kanker

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tanaman lengkuas mengandung flavonoid galangin. Kandungan ini telah terbukti bahwa adanya antioksidan untuk melawan radikal bebas. Zat ini dapat memodulasi enzim kegiatan dan akan menekan genotoxicity bahan kimia. Selain itu adanya kandungan minyak atsiri yang berfungsi untuk meningkatkan permeasi kulit dari fluorouracil.

  • Menurunkan demam

Kandungan zat antiseptik dan analgesic yang ada pada lengkuas dapat membantu untuk mengurangi rasa sakit serta mengurangi infeksi yang disebabkan oleh jamur. Selain itu, terdapat batang bawah pada lengkuas yang dapat menunjukkan dampak dari penghambatan in vitro yang ada pada bakteri patogen seperti hemolitik streptokokus, anthrax bacillus dan strain staphylococcus.

  • Membersihkan jerawat

Salah satu faktor pemicu adanya jerawat yaitu lalai saat menjaga kebersihan wajah, seperti jarang mencuci muka saat mau tidur. Ada cara yang praktis untuk menanggulangi hal tersebut, yaitu dengan tanaman lengkuas. Dengan cara mengoleskan permukaan lengkuas yang telah dipotong beberapa bagian, pada permukaan kulit yang mengalami jerawat.

  • Meremajakan kulit

Manfaat lengkuas selanjutnya yaitu dapat meremajakan kulit. Ternyata manfaat lengkuas dapat digunakan sebagai perawatan tubuh, karena mampu untuk mencegah terjadinya penuaan pada kulit. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan antioksidan yang saling melengkapi satu sama lain.

  • Mengoptimalkan pertumbuhan rambut

Lengkuas yang menghasilkan minyak dapat membantu dalam proses pertumbuhan rambut. Pada minyak ini dapat meningkatkan sirkulasi darah, sehingga dapat membantu pertumbuhan rambut. Selain itu juga, adanya kandungan asam lemak juga bisa membantu untuk pertumbuhan rambut yang tipis. Caranya dengan mencampurkan minyak jojoba lalu oleskan pada rambut yang tipis.

  • Meredakan masalah ketombe dan kulit kepala

Ternyata lengkuas juga mengandung anti jamur yang sangat berguna untuk serangan jamur di bagian kulit tubuh, termasuk pada kulit kepala. Jamur yang dapat menginfeksi pada kulit kepala dapat mengakibatkan ketombe. Lalu bagaimana cara penggunaannya? Caranya yaitu dengan menggosokan beberapa irisan lengkuas pada kulit kepala atau Anda juga bisa mencampurkan dengan minyak zaitun, lalu gosok pada bagian kulit kepala yang terdapat ketombe.

  • Meringankan asma

Lengkuas telah banyak digunakan sebagai obat tradisional untuk menjaga sistem pernapasan yang sehat. Karena lengkuas memiliki efek antispasmodik yang berfungsi untuk mengurangi dahak (kapha) dan melebarkan pada saluran bronkiolus untuk meredakan asma.

  • Mengobati batuk

Manfaat lengkuas lainnya yaitu dapat mengobati batuk. Batuk merupakan reaksi alami yang disebabkan oleh adanya produksi lendir yang berlebih pada bagian tenggorokan. Bahkan batuk memiliki beberapa jenis, salah satunya yaitu batuk bronkitis. Anda bisa memanfaatkan kandungan yang ada pada tanaman lengkuas, yaitu dengan cara menumbuk satu rimpang lengkuas, satu rimpang temulawak yang berukuran sedang, segenggam daun pecut kuda dan daun iler hingga halus. Kemudian rebus semua bahan tersebut ke dalam tiga gelas air bersih. Anda juga dapat menambahkan kayu manis secukupnya dan biarkan hingga airnya berkurang menjadi satu gelas. Setelah selesai, diamkan hingga dingin, dan saring ramuan tersebut lalu minum.

Demikian informasi mengenai manfaat lengkuas untuk tubuh sebagai pengobatan tradisional. Manfaat lengkuas memang sangat banyak, tidak hanya digunakan sebagai obat luar saja, tetapi juga dapat digunakan sebagai obat dalam. Selain itu Anda juga dapat menggunakan manfaat lengkuas sebagai tambahan masakan dan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan lainnya. Semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat untuk Anda. Untuk melihat artikel kesehatan lainnya, Anda dapat mengunjungi ke halaman website kami www.ujangherbal.com

Tags: