Manfaat Kemuning Untuk Kecantikan Dan Pengobatan

Manfaat Kemuning Untuk Kecantikan Dan Pengobatan Secara Alami – Tanaman tradisional kemuning merupakan tanaman tropis yang mempunyai banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Terdapatnya sejumlah zat kimia pada daun dan akarnya dapat membuat tanaman ini layak termasuk ke dalam tanaman obat-obatan. Dalam pengobatan manfaat kemuning ialah dapat mengatasi eksim, keputihan, melancarkan siklus haid, mengobati sakit gigi, dan masih bayak lagi yang khasiat lainnya. Kemuning juga mempunyai manfaat untuk kecantikan seperti penurun berat badan dan sebagai penghalus kulit. Untuk mengetahui manfaat kemuning lebih lengkap dengan cara penggunaannya, simak terus informasinya di bawah ini.

Manfaat Kemuning Untuk Kecantikan Dan Pengobatan

Manfaat Kemuning Untuk Kecantikan Dan Pengobatan

Ciri- Ciri Tanaman Kemuning

Batang Kemuning dapat mencapai tinggi 7 meter dan sepanjang tahun dapat berbunga. phon kecil atau semaknya bercabang banyak dengan tinggi 3-8 m, karakteristik batangnya beralur, keras, dan tidak berduri.

Pada daun kemuning cirinya ialah mirip dengan daun jeruk, hanya ukurannya lebih kecil biasanya sering dipakai sebagai tanaman hias. Helaian anak daunnya bertangkai dan berbentuk bulat telur jorong atau sungsang, ujung serta pangkalnya runcing, agak beringgit (tepi rata), mempunyai panjang 2-7cm dan lebar 1-3cm dengan permukaan yang licin, mengilap, berwarna hijau, dan yang jika di remas tidak menimbulkan bau.
Daun majemuk, mempunyai sirip ganjil dengan anak daun berjumlah sekitar 3-9, serta letaknya berseling.

Untuk bunga kemuning cirinya adalah bunganya majemuk yang berbentuk tandan, 12-18 mm, berwarna putih, wangi, dan bunganya ini keluar dari ujung ranting atau dari ketiak daun. Ketika pohon kemuning berbunga, harum bunganya dapat mengharumkan badan.

Sedangkan ciri untuk Buah dan bijinya ialah buah kemuning akan mempunyai warna hijau saat muda dan berwarna merah sampai orange apabila sudah matang. Buah buni berdaging, berbentuk bulat telur atau bulat memanjang dengan panjang 8-12 mm serta berbiji dua.

Kandungan Pada Tanaman Kemuning

  • Daun kemuning mengandung tanin, cadinene, citronellol, methyl-anthranilate, methyl-salicylate, geraniol, osthole, paniculatin, bisabolene, P-earyophyllene, eugenol, carene-3, s-guaiazulene, dan coumurrayin.
  • Kulit batangnya terdapat kandungan mexotioin dan 5-7-dimethoxy-8- (2,3-dihydroxyisopentyl) coumarin.
  • Dan bunga kemuning memiliki kandungan scopoletin.
  • Serta buah kemuning mengandung semi-ec-carotenone.

Khasiat Dan Manfaat Kemuning Untuk Kecantikan Serta Pengobatan

Tanaman tradisisonal kemuning mempunyai sifat rasa pedas, hangat, pahit, juga memiliki khasiat sebagai pemaati rasa, penghilang radang, penenang, tiroid, rematik, pelancar peredaran darah, bengkak, dan penghalus kulit.

Berikut ini adalah beberapa manfaat kemuning dalam kecantikan dan pengobatan penyakit, diantaranya:

  • Menurunkan berat badan

Pada proses penurunan berat badan, tanin pada daun kemuning berperan dalam mengurangi penyerapan lemak secara berlebih dalam tubuh.

Adapun cara pengolahannya ialah dengan menggunakan daun kemuning segar di tambah daun mengkudu masing-msing sebanyak segenggam penuh serta temu giring 1/2 jari kelingking di tumbuk sampai halus kemudian rebus dalam 1 cangkir air dan aduk secara merata. Lalu peras. Air perasan ini di minum sekaligus di pagi hari sebelum makan.

  • Mengobati sakit gigi

Dengan kandungan yang terdapat pada batangnya kemuning dapat berkhasiat untuk mengobati sakit gigi. caranya yaitu dengan memanfaatkan minyak yang keluar dari kulit batang kemuning yang telah di bakar kemudian teteskan pada gigi yang berlubang.

  • Mengatasi haid tidak lancar

Untuk melancarkan haid yang tidak teratur dapat menggunakan daun kemuning dan dengan ditambahkan daun pacar kuku (Lawsonia inermis) masing-masing sebanyak 1/2 genggam serta rimpang tamulawak 1 jari, cuci dan potong-potong seperlunya. Kemudian tambahkan 3 gelas air dan rebus hingga airnya tersisa 1 gelas. Setelah dingin lalu saring dan minum 2 kali dalam sehari, masing-masing 1/2 gelas.

  • Mengobati penyakit eksim

Cara untuk pengobatan eksim yaitu cukup dengan merebus daun dan serat atau kulit batang kemuning secukupnya. Kemudian gunakan air rebusan ini untuk mencuci pada bagian kulit yang terinfeksi.

  • Membuat kulit menjadi lebih halus

Manfaat kemuning salah satunya ialah dapat merawat dan menghaluskan kulit. Dengan menggunakan daun kemuning yang masih segar sebanyak 30 gram lalu dicuci dan di tumbuk sampai lumat. Tambahkan air bersih sekitar 1 gelas dan aduk hingga merata. Bahan ini kemudian dilulurkan pada kulit menjelang tidur.

  • Menghancurkan batu ginjal

Selain untuk kecantikan kulit, dun kemuning juga bermanfaat untuk pengobatan pada ginjal yakni dapat menghancurkan batu ginjal. Adapun caranya ialah menkonsumsi minuman yang di buat dari 30 gram daun kemuning dengan 150 ml air yang telah diblender. (minum secara rutin setiap hari)

  • Mengatasi rematik encok dan nyeri sendi

Salah satu manfaat kemuning pada akarnya ialah dapat membantu mengobati rematik dan nyeri sendi. caranya ialah gunakan akar kemuning beserta akar tembelekan (lantana camara) dicuci, tambahkan tiga pasang kaki ayam. Kemudian semua bahan tersebut dipotong-potong secukupnya dan tambahkan air sampai terendam, kesemua bahan tersebut lalu dibuat tim. Pada keadaan hangat-hangat lalu minum airnya sekaligus.

  • Mengobati Infeksi saluran kencing

Daun kemuning dapat digunakan bagi pengobatan infeksi saluran air kencing dengan merebus daun kemuning yang segar tersebut sebanyak 35 gram ke dalam 3 gelas air bersih, biarkan mendidih dan angkat setelah air menyusut sehingga tersisa 1 gelas. Kemudian diamkan dan setelah dingin lalu saring. Minum masing-masing 1/2 gelas sebanyak 3 kali sehari secara teratur hingga sembuh.

  • Mengobati bisul

Dengan akarnya Anda dapat memanfaatkan tanaman kemuning untuk mengobati bisul. caranya pengolahannya yaitu dengan merebus akar kemuning kering sebanyak 30 gram dengan 3 gelas biarkan menyusut hingga setengahnya. Setelah dingin lalu di saring dan minum sebanyak 2 kali sehari secara rutin, masing-masing 1/2 gelas.

Itulah informasi tentang khasiat dan manfaat kemuning bagi kecantikan dan pengobatan secara alami yang bisa disampaikan. Semoga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan Anda.

Untuk artikel lainnya klik disini.

Tags: