Manfaat dan Khasiat Tanaman Tradisional Turi Bagi Kesehatan

Khasiat Tanaman Tradisional Turi Bagi Kesehatan dan Pengobatan,- Tanaman herbal merupakan salah satu alternatif yang sering dijadikan sebagai pilihan untuk membantu mengatasi keluhan kesehatan. Ada banyak tanaman herbal yang bisa dimanfaatkan untuk membantu menjaga kesehatan tubuh, salah satu diantaranya yaitu tanaman turi.

Apakah Anda mengetahui tanaman herbal yang satu ini ?

Turi merupakan pohon kecil dan termasuk anggota suku Fabaceae. Tubuh ini diduga berasal dari Asia Selatan dan Asia Tenggara, namun saat ini telah menyebar ke berbagai daerah tropis di dunia.

Di Indonesia sendiri, turi ditanam sebagai tumbuhan hias di halaman rumah dan sebagai tanaman pelindung di sawah. Tanaman ini juga bisa tumbuh di tanah asam dan terkadang tumbuh subur di tanah yang berair. Biasanya turi digunakan sebagai tanaman pelindung pohon rambatan bagi tanaman lada atau vanila.

Tidak hanya itu, tanaman turi juga diketahui memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh. Apa sajakah khasiat tanaman tradisional turi bagi kesehatan ? Simak uraian berikut ini !

Khasiat Tanaman Tradisional Turi

Mengetahui Khasiat Tanaman Tradisional Turi Bagi Kesehatan Tubuh

Daun, bunga, dan polong tanaman turi yang masih muda biasanya diolah dengan cara di rebus dan dikonsumsi sebagai sayur atau lalapan. Meskipun memiliki bau yang tidak sedap dan berlendir, akan tetapi daun ini baik dikonsumsi oleh ibu untuk menambah ASI.

Selain itu, juga terdapat banyak khasiat tanaman tradisional turi yang bisa kita dapatkan. Hal ini disebabkan didalamnya terkandung beragam nutrisi, seperti diantaranya :

  • Getah turi : Mengandung zat pewarna utama, yaitu agatin dan zantoagatin
  • Biji : Mengandung 70% protein
  • Bunga : Mengandung konten bunga vairable dan merupakan sumber vitamin B
  • Daun : Mengandung saponin
  • Akar : Mengandung bahan aktif yang bersifat anti tuberkolosis terhadap bakteria

Dengan kandungan yang dimilikinya tersebut, maka tidak heran jika tanaman turi ini juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. dalam pengobatan tradisional, turi bisa digunakan untuk membantu mengatasi sariawan, radang usus, disentri, diare, scabies, cacar air, keseleo, terpukul, keputihan, batuk, beri-beri, radang tenggorokan, sakit kepala, demam, nifas, produksi ASI, hidung berlendir, batuk, rematik, dan luka.

Pepagan merupakan salah satu bagian tanaman turi yang bisa digunakan sebagai obat. Kulit kayu ini bisa diolah dengan cara diremas dalam air atau direbus, kemudian air rebusanyya dikonsumsi secara rutin. Akan tetapi, jika ramuan ini dikonsumsi secara berlebih, maka air rebusan ini akan bekerja sebagai obat muntah (emtek).

Tidak hanya itu, kulit kayu yang berwarna merah juga kaya akan kandungan tanin, sehingga membuatnya bisa dimanfaat untuk membantu menyembuhkan luka atau disentri. Pada umumnya, bagian ini digunakan untuk membantu mengatasi buang air besar berdarah dan mengatasi peradangan, memar, dan pembengkakan.

Manfaat lain tanaman turi

Selain memiliki manfaat yang menyehatkan, ternyata ada banyak khasiat tanaman tradisional turi lainnya, seperti diantaranya daun-daun turi bisa digunakan sebagai pakan ternak dan pupuk hijau. Selain itu, daun turi yang mengandung saponin juga bisa dimanfaat untuk menggantikan sabun untuk mencuci pakaian setelah diremas-remas dalam air. Sedangkan kulit pohon turi yang sudah dijadikan bubuk bisa digunakan sebagai bahan kosmetik.

Karakteristik Tanaman Turi

Turi merupakan pohon berkayu lunak yang memiliki tinggi 5-12 m dan berumur pendek. Tanaman ini memiliki bunga yang besar dan keluar dari rantingnya. Bunga ini berwarna merah, putih, atau gabungan keduangan serta berbentuk seperti kupu-kupu jika sedang mekar.

Daun tanaman turi majemuk dan tersebar dan memiliki daun penumpu sepanjang 1/2 – 1 cm. Anak daunnya berbentuk jorong memanjang, rata, dan menyirip genap. Panjang tangkai daun sekitar 20-30 cm dan trdapat sekitar 20-40 pasang anak daun dalam setiap tangkainya.

Buah dari tanaman turi ini berbentuk polong, menggantung, bersekat, dengan panjang sekitar 20-55 cm. Ketika masih muda buah ini berwarna hijau, dan akan berwarna kuning keputih-putihan ketika sudah tua. Sedangkan bijinga berbentuk bulat panjang dan berwarna coklat muda.

Itulah beberapa manfaat serta khasiat tanaman tradisional turi yang baik untuk kesehatan. Kini Anda tidak perlu khawatir lagi untuk memanfaatkan tanaman turi sebagai alterantif obat herbal untuk membantu mengatasi berbagai keluhan kesehatan Anda.

Tags: