Khasiat Tanaman Tradisional Temulawak Untuk Pengobatan Alami

Khasiat Tanaman Tradisional Temulawak Sebagai Obat Herbal Alami,- Selamat datang dan terimakasih telah berkunjung ke situs resmi kami, ujangherbal.com. Ini merupakan situs kesehatan yang akan memberikan informasi lengkap seputar kesehatan dan pengobatan terbaru. Disini Anda juga bisa menemukan beragam rekomendasi serta solusi pengobatan tradisional untuk membantu mengatasi beragam penyakit.

Setelah pada artikel sebelumnya kita membahas mengenai manfaat teratai bagi kesehatan dan juga pengobatan penyakit. Nah, pada artikel kali ini, kami akan memberikan informasi lengkap mengenai khasiat tanaman tradisional temulawak untuk pengobatan tradisional. Simak uraian lengkap berikut !

Khasiat Tanaman Tradisional Temulawak

Kandungan dan Khasiat Tanaman Tradisional Temulawak Untuk Pengobatan Alami

Di Indonesia banyak terdapat tanaman yang bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal, salah satunya yaitu temulawak. Bagi penggemar obat herbal, Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan bahan alami yang satu ini.

Temulawak merupakan tumbuhan obat yang termasuk dalam kelompok temu-temuan. Tanaman ini bisa tumbuh dengan baik di dataran rendah sampai ketinggian 1500 meter di atas permukaan laut dan berhabitat di hutan tropis.

Rimpang temulawak merupakan satu-satunya bagian dari tanaman temulawak yang sering dikmanfaatkan sebai obat herbal dan biasanya duolah menjadi jamu godog.

Kandungan Nutrisi Temulawak

Kandungan utama dari rimpang temulawak ini sendiri yaitu protein, karbohidrat, dan minyak atsiri yang terdiri dari kamfer, glukosa, turmerol, dan kurkumin. Tidak hanya itu, didalam rimpang temulawak juga diketahui terkandung 48-59,64% zat tepung, 1,6-2,2% kurkumin, dan 1,48-1,68% minyak asiri yang dipercaya dapat meningkatkan kerja ginjal serta antiinflamasi.

Di sisi lain, temulawak juga mengandung senyawa beracun yang bisa membantu mengusir nyamuk, karena tumbuhan tersebut menghasilkan minyak atsiri yang mengandung linelool, geraniol yaitu golongan fenol yang memiliki daya repellan nyamun Aedes aegypti.

Khasiat Tanaman Tradisional Temulawak Sebagai Obat Herbal Alami

Khasiat tanaman tradisional temulawak dipercaya mampu membantu mengobati beberapa penyakit, seperti diantaranya yaitu gangguan pencernaan seperti sindrom iritasi usus besar, gangguan kantong empedu, dan penyakit liver. Sedangkan khasiat temulawak yang diklaim mampu menambah nafsu makan dan merangsang produksi empedu masih diperlukan penelitian yang lebih lanjut.

Dan berikut ini merupakan khasiat tanaman tradisional temulawak sebagai obat herbal yang perlu diketahui, yaitu :

  • Menghilangkan nyeri

Mungkin gangguan ini sudah sering dialami oleh sebagian besar masyarakat. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Karena temulawak bisa menjadi salah satu solusi alternatif untuk membantu menghilangnya nyeri. Hal ini disebabkan karena temulawak mengandung zat analgesik yang diketahui mampu mengurangi nyeri secara efektif.

  • Mengatasi gangguan pada sistem pencernaan

Merangsang produksi cairan empedu di kantong empedu merupakan salah satu khasiat tanaman tradisional temulawak yang bisa didapatkan. Hal ini dapat membantu pencernaan serta metabolisme makanan dalam tubuh. Selain itu, para ahli menyebutkan jika temulawak juga bermanfaat untuk mengatasi perut kembung, membantu melancarkan pencernaan, dan meningkatkan nafsu makan.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Clinical Gastroenterology and Hepatology meminta partisipan yang mengalami peradangan usus untuk mengonsumsi temulawak secara rutin setiap hari. Hasilnya, kelompok partisipan tersebut mengalami proses penyembuhan yang lebih cepat jika dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi temulawak.

  • Membantu meningkatkan fungsi ginjal

Temulawak diketahui dapat membantu meningkatkan fungsi ginjal dalam menyaring darah. Manfaat temulawak ini berasal dari kandungan minyak asiri yang ada didalamnya.

  • Mengobati osteoarthritis

Osteoarthritis merupakan peradangan yang terjadi pada persendian, dimana sendi menjadi terasa sakit dan kaku. Untuk mengobati kondisi tersebut, Anda bisa memanfaatkan temulawak sebagai obat herbal.

Hal ini dibuktikan dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine, yang menunjukkan jika efek temulawak hampir sama seperti obat penghilang rasa sakit atau ibuprofen yang diresepkan pada penderita osteoarthritis.

  • Mencegah kanker

Beberapa ahli percaya jika temulawak memiliki manfaat untuk membantu pengobatan kaker payudara, kanker usus, dan kanker prostat, meskipun penelitian yang tersedia terkait manfaat tersebut masih sangat sedikit. Akan tetapi, khasiat tanaman tradisional temulawak tersebut didukung oleh sebuah riset yang dilakukan pada tahun 2001, yang menyatakan bahwa temulawak bisa menghambat pertumbuhan serta perkembangan kanker prostat.

Para peneliti dari University of Maryland Medical Center menjelaskan bahwa pertumbuhan kanker bisa dihentikan oleh bahan-bahan herbal. Hal ini disebabkan karena bahan alami memiliki kandungan zat antioksidan didalamnya, tidak terkecuali dengan temulawak.

Selain beberapa khasiat yang telah disebutkan diatas, temulawak juga memiliki beberapa khasiat lainnya, seperti diantaranya dapat membantu mengobati maag, diabetes, aterosklerosis, serta penyakit infeksi virus dan bakteri.

Selain dimanfaatkan sebagai obat herbal, temulawak juga biasa digunakan sebagai sumber karbohidrat dengan cara mengambil patinya dan diolah menjadi bubur untuk bayi dan mereka yang mengalami gangguan pencernaan.

Itulah beberapa khasiat tanaman tradisional temulawak sebagai obat herbal yang bisa kita manfaatkan. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan bisa membantu menjadi solusi terbai untuk Anda dan keluarga.

Tags: