Khasiat Mengkudu Untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya

Khasiat Mengkudu – Pada sebagian masyarakat telah meyakini bahwa buah mengkudu mampu mengobati berbagai macam penyakit seperti kolesterol, tekanan darah tinggi, sakit kepala, diabetes, pilek, alergi, rematik, infeksi, peradangan, penyakit jantung, kanker bahkan HIV. Dalam istilah orang Jawa, tanaman mengkudu disebut dengan nama Pace. Tanaman khas dari Indonesia ini memiliki tinggi bisa mencapai 3-8 m. Dengan daun yang tebal, dan bunga kecil berwarna putih, serta buah yang berwarna hijau yang disertai dengan seperti bintik-bintik. Dan jika sudah tua akan menjadi kekuningan dan berbau.

khasiat mengkudu untuk kesehatan dan cara pengolahannya

Khasiat Mengkudu Untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya

Mengkudu atau juga disebut dengan buah Noni ini ternyata bagian dari spesies keluarga kopi. Meskipun buah ini rasanya tidak enak dan berbau sedikit tajam, namun dibalik rasanya yang tidak enak dan bau busuk tersebut memiliki khasiat dan manfaat bagi kesehatan dalam mengobati berbagai penyakit, sehingga umumnya sering kali dikonsumsi dalam bentuk jus atau sebagai suplemen makanan.

Terdapat berbagai kandungan nutrisi didalam buah mengkudu tersebut seperti vitamin, serat alami, kalium, fosfor dan masih banyak lagi yang tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Selain itu juga, buah mengkudu mengandung antioksidan tinggi yang dapat membantu dalam proses penyembuhan penyakit diabetes dan penyakit lainnya.

Selain digunakan untuk mengobati berbagai penyakit, ternyata mengkudu juga sering digunakan untuk pelembab dan menyamarkan penuaan dengan cara dioleskan pada kulit. Namun, sebenarnya pada pengobatan ini masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

Khasiat Mengkudu Untuk Kesehatan

Menurut hasil dari penelitian pada tahap awal, bahwa dengan mengonsumsi sebanyak 6-8 gram mengkudu dapat membantu dalam meningkatkan energi serta meredakan rasa sakit pada penderita kanker stadium lanjut. Meskipun ternyata mengkudu ini masih belum terbukti efektif untuk mengubah atau mengurangi ukuran penyakit tumor.

Berikut ini ada berbagai khasiat mengkudu untuk kesehatan, diantaranya :

  • Meningkatkan sistem imunitas tubuh

Adanya kandungan scopoletin yang terdapat pada mengkudu ini bersifat anti-bakteri, anti-inflamasi, antijamur dan anti-histamin yang dapat meningkatkan mekanisme pertahanan tubuh. Selain itu, adanya anti-bakteri ini berkhasiat untuk melawan bakteri E. coli yaitu penyebab dari gangguan pencernaan dan juga infeksi saluran kencing, Staphylococcus aureus yaitu penyebab dari adanya infeksi pada kulit dan tulang, serta Proteus vulgaris yaitu penyebab dari infeksi saluran kencing.

Dengan mengonsumsi jus yang diaplikasikan dengan buah mengkudu dipercaya dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh.

  • Mengatasi tekanan darah tinggi

Menurut penelitian bahwa dengan mengonsumsi jus buah mengkudu setiap hari secara rutin selama satu bulan, maka dapat menurunkan tekanan darah tinggi menjadi normal kembali.

  • Mengatasi osteoarthritis

Menurut penelitian bahwa buah mengkudu dapat membantu dalam mengurangi rasa sakit serta mengurangi kerusakan pada sendi karena bersifat analgesiknya.

Dengan mengonsumsi jus buah mengkudu sekitar 80 ml setiap hari selama 1,5 bulan, maka dipercaya dapat meredakan rasa sakit. Sehingga hal tersebut dapat meningkatkan kualitas hidup penderita dalam mengurangi penggunaan obat penghilang rasa sakit.

  • Menyembuhkan penyakit diabetes

Khasiat mengkudu selanjutnya yaitu dapat menyembuhkan penyakit diabetes. Namun pada kondisi ini masih diperlukan penelitian lebih lanjut. Karena para ahli juga belum melakukan penelitian lebih lanjut terhadap pengujian hewan. Maka dari itu, batasi untuk mengonsumsi buah mengkudu ini dan sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Namun, jika Anda ingin merasakan khasiat mengkudu dan mencoba melakukan pengobatan diabetes dengan menggunakan mengkudu caranya dengan merebus beberapa helai daun mengkudu yang telah dicuci terlebih dahulu, hingga matang. Kemudian makan daun mengkudu tersebut sebagai lalap.

  • Menurunkan kadar kolesterol

Pada dasarnya kolesterol memiliki 2 jenis, yaitu kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol baik (HDL). Jika kadar LDL lebih tinggi dari kadar HDL, maka sangat mudah terserang penyakit, seperti darah tinggi, stroke, bahkan serangan jantung. Dengan mengonsumsi jus mengkudu maka dapat meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh serta menurunkan kadar kolesterol jahat.

  • Menyembuhkan encok dan pegal linu

Encok merupakan sejenis arthritis yang disebabkan oleh menumpuknya kristal asam urat pada persendian. Menurut penelitian yang dilakukan bahwa, dengan mengonsumsi jus mengkudu dapat mengurangi konsentrasi asam urat sehingga dapat menurunkan risiko encok.

Untuk cara pengolahannya, cuci terlebih dahulu sebanyak 5 helai daun mengkudu, kemudian olesi dengan minyak kelapa. Lalu garang di atas api hingga layu, dan tempelkan pada bagian yang sakit.

  • Menghilangkan ketombe

Khasiat mengkudu ternyata juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah pada rambut, yaitu menghilangkan ketombe. Cara pengolahannya yaitu, lumatkan sebanyak 2 atau 3 buah mengkudu yang telah matang dan diberi sedikit air. Pakai airnya untuk keramas. Diamkan selama 5 menit, lalu bilas dengan air bersih. Untuk menghilangkan aroma bau dari mengkudu tersebut, Anda dapat menggunakan sampo supaya baunya hilang.

  • Menyembuhkan diare pada anak

Khasiat mengkudu selanjutnya yaitu dapat menyembuhkan diare pada anak. Bagi Anda yang sedang mencari obat alami untuk mengobati diare pada anaknya, tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan mengkudu ini. Caranya, ambil 2 helai daun mengkudu yang telah di cuci bersih, lalu olesi minyak goreng, dan garang di atas api sampai layu. Kemudian tempelkan satu helai pada bagian perut, dan yang satunya lagi tempelkan di bagian punggung.

Apakah buah mengkudu memiliki efek samping?

Dibalik khasiat mengkudu sebagai pengobatan alami ini, tetapi jika dikonsumsi oleh seseorang yang memiliki kondisi tertentu, maka jus buah mengkudu tersebut malah akan menimbulkan bahaya pada kesehatan hati. Perlu diketahui juga, bahwa buah mengkudu sangat tidak disarankan dikonsumsi oleh ibu hamil, menyusui, penderita penyakit liver dan penderita penyakit ginjal. Karena terdapat beberapa kandungan senyawa yang justru akan mengancam pada kesehatan seseorang.

Jika ibu hamil mengonsumsi buah mengkudu, maka dapat membahayakan janin. Meskipun hal ini masih belum diketahui secara pasti, maka sebaiknya untuk menghindari buah mengkudu ini bagi ibu hamil dan menyusui.

Demikian pada artikel tentang khasiat mengkudu untuk kesehatan dan cara pengolahannya pada situs www.ujangherbal.com, semoga dapat bermanfaat dan menambah ilmu mengenai informasi tersebut.

Tags: