Khasiat Kumis Kucing Sebagai Pengobatan Tradisional Alami

Khasiat Kumis Kucing Sebagai Pengobatan Tradisional Alami – Selamat datang dan terima kasih telah mengunjungi website kami www.ujangherbal.com yang merupakan situs resmi berbagai informasi yang menarik seputar kesehatan dan tips-tips kesehatan lainnya, kami juga sebagai agen obat herbal menjual berbagai obat herbal multikhasiat sebagai pencegahan maupun pengobatan penyakit baik kronis maupun non kronis, yang pastinya aman, asli, dan terpercaya. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai Khasiat Kumis Kucing Sebagai Pengobatan Tradisional Alami. Untuk lebih jelasnya mari kita simak pada artikel dibawah ini.

khasiat kumis kucing sebagai pengobatan tradisional alami

Sekilas Informasi Khasiat Kumis Kucing

Kumis kucing atau yang memiliki nama latin Orthosiphon Aristatus adalah jenis tanaman yang termasuk ke dalam golongan famili Lamicaeae atau Labiatae, yang banyak ditemukan di Indonesia. Sejak dulu, tanaman ini sudah dipercaya memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Disebut kumis kucing karena bentuknya yang mirip dengan helai kumis kucing. Kumis kucing juga dikenal dengan sebutan lain yaitu cat whiskers.

Kucing kucing sering kali dijadikan sebagai tanaman hias, tetapi juga biasa dijadikan sebagai obat herbal untuk kondisi kesehatan tertentu. Karena adanya kandungan senyawa dan zat aktif yang terdapat pada kumis kucing maka sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satu kandungan yang ada pada kumis kucing yaitu kalium tinggi yang efektif untuk menurunkan darah tinggi.

Ciri-ciri tanaman kumis kucing

Ada beberapa ciri yang dapat Anda temukan pada tanaman kumis kucing ini yaitu :

  • Memiliki batang yang tegak dan agak basah
  • Memiliki akar tunggang pada bagian bawahnya
  • Daun yang bundar atau lonjong berukuran sekitar 1 sampai 10 cm
  • Ruas tulang daunnya yang bercabang
  • Mahkota pada bunganya berwarna putih atau kekuningan
  • Benang sari lebih menonjol keluar seperti kumis kucing
  • Mahkota yang berupa tandan panjang sekitar 7-29 cm

Itulah beberapa ciri dari tanaman kumis kucing yang bisa digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk berbagai penyakit. Lalu apa saja khasiat kumis kucing Sebagai Pengobatan Tradisional Alami?

Khasiat Kumis Kucing Sebagai Pengobatan Tradisional

Mengobati Keputihan

Khasiat kumis kucing yang pertama yaitu dapat mengobati keputihan pada wanita. Masalah keputihan memang sering dialami oleh wanita. Pada kondisi ini sangat mengganggu sehingga dapat memicu adanya bakteri, virus, jamur dan parasit. Maka dari itu Anda harus segera mengatasinya dengan menggunakan kumis kucing. Untuk cara mengolahnya yaitu :

  • Ambil 1 genggam daun kumis kucing
  • Ambil 1 genggam daun beluntas
  • 1 sendok teh jinten hitam
  • 10 biji kemukus
  • Air secukupnya

Setelah itu, rebus semua bahan tersebut hingga mendidih. Lalu minum ramuan kumis kucing secara rutin 2 kali sehari.

Mengobati Sakit Pinggang

Pada umumnya pria yang telah memasuki usia 45 tahun ke atas yang memiliki aktivitas fisik padat, sangat rentan mengalami sakit pinggang. Jika hal ini terjadi, Anda dapat memanfaatkan khasiat kumis kucing untuk mengatasinya. Caranya yaitu membuat ramuan dari campuran daun kumis kucing dan akarnya. Setelah selesai membuat ramuan tersebut, kemudian Anda minum minimal satu kali dalam sehari. Sehingga lambat laun sakit pinggang akan mereda dan hilang.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Biasanya penyakit ini akan menyerang pada orang-orang yang berlebihan dalam mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar gula tinggi, lemak tinggi dan kadar garam yang tinggi. Kondisi ini juga bisa disebabkan oleh kebiasaan buruk seperti merokok, mengkonsumsi alkohol, begadang dan kebiasaan buruk lainnya. Maka dari itu untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk serta hindari makanan yang berpotensi dapat menyebabkan penyakit darah tinggi.

Ramuan kucing ternyata dapat membantu menurunkan kadar darah tinggi. Anda dapat memanfaatkan khasiat kumis kucing untuk mengatasi kondisi tersebut dengan cara :

  • Daun kumis kucing sebanyak 50 gram direbus pada air secukupnya
  • Dan kumis kucing basah yang diseduh dengan air panas secukupnya sebanyak 50 gram
  • Campur kedua ramuan tersebut sebelum diminum

Mengobati Ginjal

Batu ginjal atau kencing batu dapat terjadi karena mengalami mengendapnya zat-zat limbah hasil dari pembersihan darah oleh ginjal. Pada umumnya penyakit ini sering terjadi pada orang yang berusia 30-60 tahun. Faktor yang dapat meningkatkan terjadinya penyakit ini adalah ginjal mengalami kekurangan bahan pencegahan endapan kristal, sehingga jika kondisi ini terjadi maka kristal-kristal tersebut akan membeku dan dapat menyebabkan terbentuknya batu ginjal.

Anda dapat melakukan langkah pencegahan untuk menghindari penyakit ginjal ini yaitu dengan cara rutin minum air putih setiap hari dengan jumlah yang banyak serta menghindari minuman ataupun makanan yang mengandung kadar gula. Untuk pengobatan tradisional yang dapat dilakukan yaitu dengan mengkonsumsi ramuan dari kumis kucing dengan cara merebus sebanyak 90 gram daun kumis kucing ke dalam segelas air. Rebus hingga airnya tersisa setengah gelas. Minum sebanyak tiga kali sehari.

Menyembuhkan Sakit Diabetes

Diabetes adalah salah satu penyakit yang sering terjadi, bahkan dengan jumlah yang cukup banyak. Anda bisa menggunakan khasiat kumis kucing untuk mengatasi penyakit diabetes yang Anda alami. Caranya, rebus daun kumis kucing sebanyak 16 lembar yang telah dicuci bersih hingga mendidih. Minum 1 gelas rebusan perhari.

Akan tetapi yang perlu diketahui bahwa, Anda juga harus menghindari makanan dan minuman yang dapat menyebabkan sakit diabetes meningkat, seperti menghindari makanan dan minuman yang mengandung gula tinggi.

Mengobati Sembelit

Sembelit atau susah buang air besar merupakan tanda dari kondisi pencernaan yang sedang mengalami terganggu. Salah satu penyebabnya yaitu kurangnya asupan makanan yang berserat sehingga mengakibatkan kotoran menjadi mengeras dan sulit untuk keluar. Jika kondisi ini terjadi pada Anda, tidak ada salahnya untuk mencoba khasiat kumis kucing yang dapat mengatasi sembelit. Caranya rebus beberapa daun kumis kucing pada segelas air hingga benar-benar mendidih. Setelah selesai dan dingin, minum minimal satu kali sehari supaya BAB lancar kembali.

Sebagai pencegahan kondisi ini terjadi, maka Anda harus mengkonsumsi makanan yang mengandung serat, biasakan untuk buang air secara teratur, serta lakukan pola makan yang sehat.

Itulah beberapa khasiat kumis kucing sebagai pengobatan alami untuk kesehatan tubuh yang dapat Anda lakukan. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan untuk kita semua.

Tags: