Khasiat Blustru Untuk Kesehatan Dan Pengobatan Penyakit

Khasiat Blustru, Tanaman Tradisional Untuk Kesehatan Dan Pengobatan – Selamat datang di www.ujangherbal.com pada kesempatan yang baik ini akan kami informasikan kepada Anda mengenai khasiat blustru dalam membantu kesehatan maupun pengobatan penyakit yang mungkin sedang Anda alami. Namun sebelum pada pembahasan khasiat blustru, alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu tentang tanaman tradisional blustru ini lebih lengkap.

Khasiat Blustru Untuk Kesehatan Dan Pengobatan Penyakit

Khasiat Blustru Untuk Kesehatan Dan Pengobatan Penyakit

Pada umumnya tanaman blustru ini ditanam diladang yang dirambatkan ke pagar seperti tanaman sayur dan dapat juga tumbuh liar di semak-semak, tepi sungai, atau pantai. Manfaat blustru ini pun belum diketahui oleh banyak orang.

Ciri-ciri tanaman tradisional blustru

Blustru termasuk tanaman terna yang akan tumbuh menjalar secara sulur-sulur yang muncul pada ketiak daunnya. Daun blustru berwarna hijau serta berbentuk oval berlekuk agak bulat dan letaknya berseling-seling.

Bunga blustru mempunyai warna kuning. Dan untuk buahnya berwarna coklat saat matang, berbentuk bulat silidris memanjang dengan diameter sekitar 5-10cm dan panjang 50cm dan dengan berisi biji berwarna hitam yang licin berbentuk pipih serta pinggirnya menyerupai sayap. Biasanya buah blustru ini tergeletak pada permukaan tanah atau menggantung di udara.

Buah blustru dapat dikonsumsi sebagai sup dan pucuk daunnya dapat ditambahkan dengan gulai.

Nama ilmiah untuk tanaman blustru ini adalah Luffa cylindrica yang tergolong pada famili Cucurbitaceae. Sebagian besar pada bagian tanaman ini mempunyai rasa manis dan menyejukkan, hanya akarnya saja yang pahit.

Kandungan pada blustru

  • Buah blustru mengandung citrulline, cucurbitacin, dan luffein (zat pahit).
  • Bijinya mengandung minyak lemak, protein, squalene, a-spinasterol, juga cucurbitacin B.
  • Dalam getahnya mengandung saponin, xylan, lemak, protein, serta vitamin B dan C.
  • Pada batang pohon juga daunnya terdapat kandungan saponin dan tanin.
  • Bunga blustru mengandung glutamin, asam aspartat, alanin, lisin, dan arginin.
  • Serta sabut dalam buahnya mempunyai kandungan xylan, galactan, saponin, xylose, selulosa, mannosan, manitosa, vitamin A, B, dan C.

Kandungan-kandungan inilah yang menyebabkan khasiat blustru dapat sangat baik untuk kesehatan tubuh maupun untuk pengobatan berbagai penyakit.

Manfaat Dan Khasiat Blustru Untuk Kesehatan Serta Pengobatan

Pada daun blustru mempunyai sifat anti-inflamasi, diuretik, antelmintik (dapat membasmi cacing perut), emetik, pencahar ringan, dan laktagoga. Akarnya mempunyai sifat anti-radang, dan juga batangnya dapat berperan dalam melancarkan aliran darah. Serta sabut dari blustru ini bersifat anti-rematik dan analgesik yang dapat meredakan nyeri.

Adapun tanaman tradisional ini dapat berkhasiat dan bermanfaat untuk sebagai berikut:

  • Mengatasi siklus haid tidak teratur

Batang dari tanaman blustru yang berguna untuk melancarkan aliran darah dan kandungan saponin menyebabkan blustru dapat mengatasi siklus haid yang tidak teratur.

Cara mengolahnya ialah dengan memanfaatkan 4 jari buah blustru yang telah di parut serta tambahkan garam dan setengah cangkir air masak, lalu peras dan saring. Minum denganrutin yaitu 3 kali dalam sehari.

  • Mengobati Batuk

Kandungan yang terdapat pada bunga blustru dapat meredakan batuk yang membandel. Adapun cara mengolahnya yaitu dengan merebus 15gr bunga blustru dalam 3 gelas air sampai mendidih. kemudian tambahkan madu murni dan minum saat keadaan airnya hangat.

  • Mengatasi sesak nafas

Khasiat blustru salah satunya ialah mengatasi sesak nafas ini karena adanya kandungan saponin pada daun. Untuk mendapatkan khasiat ini, Anda dapat memanfaatkan selembar pucuk daun blustru yang kemudian dipanaskan di atas api kecil sampai pucuk tersebut terlihat layu lalu makan secara langsung atau sebagai lalapan. Lakukan cara ini pada pagi dan sore hari.

  • Mengobati bisul

Dengan akarnya yang bersifat anti-radang, tanaman blustru dapat membuat bisul menjadi lebih cepat matang. Cara menggunakannya ialah merebus akar blustru dengan 3 gelas air biarkan mendidih sampai tersisa 1 gelas, kemudian cuci bisul tersebut dengan air rebusan yang masih hangat. Terus ulangi cara ini setiap hari sampai bisul terpecah dengan sendirinya.

  • Meredakan migrain

Blustru dapat mengatasi migrain tanpa menyebabkan adanya rasa kantuk dan jantung berdebar dengan memanfaatkan akarnya sebanyak 150 gr yang telah dipotong-potong kecil lalu rebus dalam 3 gelas air dan 2 telur itik. Biarkan mendidih hingga hanya trsisa 1 gelas saja. Setelah airnya dingin silahkan minum dan makan telurnya sampai habis.

  • Mengobati penyakit wasir

Karena adanya kandungan zat tannin menjadikan khasiat blustru dapat mengobati penyakit wasir. Cara pengolahannya ialah dengan menggunakan segenggam daun blustru yang sudah di iris iris yang kemudian rebus pada 8 liter air selama 10 menit, lalu penderita wasir tersebut harus berendam di air ini saat airnya dalam keadaan masih hangat. Lakukan cara ini dengan berulang setiap hari sampai wasirnya sembuh.

  • Meredakan sakit pinggang

Biji blustru dapat digunakan sebagai pereda sakit pinggang atau pegal dan linu. Caranya adalah menggorengkan segenggam biji blustru tanpa menggunakan minyak (disangrai/gongseng) angkat setelah biji mulai terlihat hangus, lalu giling menjadi bubuk. Dan konsumsi 10 gram bubuk tersebut dengan menambahkan air kemudian aduk hingga mengendap untuk diminum airnya dan ampasnya di balurkan pada pinggang yang sakit.

Namun sangat perlu Anda ketahui bahwa tanaman blustru ini tidak dapat dikonsumsi oleh ibu hamil karena mempunyai efek negatif terhadap janinnya dan jangan dikonsumsi pula oleh orang yang mempunyai masalah pada limfanya.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai khasiat blustru untuk kesehatan dan pengobatan penyakit. Semoga dapat bermanfaat.

Tags: