Mengenal Penyakit Langka Polisitemia Vera serta Gejalanya

Gejala Polisitemia Vera, Penyakit Langka Pada Sumsum Tulang,- www.ujangherbal.com –¬†Polisitemia vera merupakan salah satu jenis gangguan langka yang terjadi pada sumsum tulang belakang. Pada polisitemia vera, sumsum membuat terlalu banyak sel darah merah, yang menyebabkan darah terlalu kental sehingga dapat membuat penderita lebih mungkin untuk mengalami pembekuan darah yang berujung pada stroke atau serangan jantung.

Penyakit ini biasanya lebih banyak menyerang kelompok usia di atas 60 tahun dan lebih sering terjadi pada laki-laki dibandingkan dengan perempuan.

Gejala Polisitemia Vera

Mengetahui Penyebab serta Gejala Polisitemia Vera

Pada kondisi normal, tubuh kita mengatur dan menentukan jumlah sel-sel darah yang akan diproduksi sesuai yang diperlukan. Jika Anda mengidap polisitemia vera, maka gen JAK2 yang dimiliki mengalami mutasi, sehingga sel-sel sumsum tulang akan memproduksi sel darah merah secara berlebihan.

Belum diketahui secara pasti penyebab dibalik mutasi tersebut. Namun, risiko polisitemia vera akan semakin meningkat seiring dengan bertambahnya usia.

Selain memproduksi sel darah merah dalam tubuh sangat banyak, polisitemia vera ternyata juag meningkatkan jumlah produksi trombosit. Kedua hal tersebut akan membentuk gumpalan yang membuat darah menjadi semakin mengental. Hal ini tentunya akan memperlambat laju aliran darah.

Tanda dan Gejala Polisitemia Vera

Polisitemia vera jarang menimbulkan gejala yang signifikan meskipun penderita sudah mengalaminya selama bertahun-tahun. Jika ada indikasi yang dirasakan oleh penderita, gejala polisitemia vera tersebut umumnya berupa :

  • Lemas dan lelah
  • Pandangan kabur
  • Mimisan dan lebam
  • Keringat yang berlebihan
  • Pusing atau sakit kepala
  • Sulit bernapas, terutama ketika berbaring
  • Gatal-gatal, terutama setelah mandi dengan air hangat
  • Kulit berubah berwarna kemerahan, khususnya pada wajah
  • Tangan dan kaki merasakan sensasi kebas, geli, lemas, atau perih
  • Perut bagian atas terasa kembung akibat limpa yang mengalami pembengkakan
  • Sendi yang bengkak dan sakit akibat penyakit asam urat atau penyakit gout (peradangan pada sendi) biasanya pada ibu jari.

Gejala tersebut tidak selalu menandakan adanya penyakit polisitemia vera. Namun, tidak salah jika Anda segera memeriksakan kondisi Anda jika mengalami gejala polisitemia vera tersebut, terutama jika gejala tersebut tidak kunjung membaik. Komplikasi serius, seperti serangan jantung, stroke, emboli paru, dan trombosis vena dalam bisa dihindari jika Anda melakukan pemeriksaan dan pengobatan sedini mungkin.

Tips Pengobatan Polisitemia Vera

Tujuan pengobatan polisitemia vera bertujuan untuk meringankan perkembangan penyakit, mengurangi jumlah produksi sel darah, sekaligus mencegah timbulnya komplikasi.

Pengobatan pertama yang biasanya dianjurkan dokter yaitu phlebotomy. Pengobatan ini bertujuan untuk menurunkan jumlah sel darah merah yang berlebihan dalam tubuh dengan cara mengeluarkan sejumlah darah dari pembuluh vena. Setiap penderita membutuhkan waktu yang berbeda untuk perawatan dengan phlebotomy, tergantung pada keparahan penyakit.

Dokter juga mungkin akan meresepkan obat tambahan untuk menurunkan produksi trombosit dan sel darah merah jika diperlukan.

Seiring dengan pengobatan dari dokter, Anda juga bisa melakukan beberapa langkah perawatan sederhana di rumah, seperti diantaranya :

  • Menerapkan gaya hidup sehat dan seimbang.
  • Menghindari luka dan infeksi dengan tidak menggaruk kulit yang gatal secara berlebihan
  • Kurangi gatal-gatal dengan mandi air dingin.

Lakukan beberapa tips tersebut untuk membantu mengurangi gejala serta mencegah timbulnya komplikasi yang lebih berbahaya. Perlu diingat, kasus polisitemia vera pada setiap orang berbeda. Jika Anda melakukan pengobatan secara rutin dan mengontrol diri, maka Anda bisa memiliki gaya hidup aktif dan sehat.