Mengetahui Gejala Penyakit Proctalgia Fugax Serta Penyebabnya

Gejala Penyakit Proctalgia Fugax Serta Penyebab dan Pengobatannya,- www.ujangherbal.com – Mungkin Anda sudah mengetahui jika wasir merupakan penyakit yang sering menyerang bagian anus. Namun, selain wasir ternyata ada masalah kesehatan lain yang juga bisa menyerang anus, salah satunya yaitu proctalgia fugax. Mungkin penyakit ini sedikit asing bagi sebagian orang, namun penyakit ini juag cukup sering terjadi. Jadi, apa itu proctalgia fugax? Simak informasinya di bawah ini!

Gejala Penyakit Proctalgia Fugax

Mengenal Penyakit Proctalgia Fugax Serta Penyebab dan Gejalanya

Proctalgia fugax merupakan kondisi ketika anus atau dubur mengalami nyeri yang tajam dan hilang dengan cepat. Nyeri ini bisa dirasakan berulang-ulang setiap beberapa detik atau menit. Kondisi ini mirip dengan penyebab anus sakit lainnya, yaitu sindrom levator ani. Namun, sensasi nyerinya agar berbeda dan biasa terasa berhari-hari, bukan hanya beberapa menit.

Secara epidemiologi, proctalgia anus banyak terjadi ketika seseorang menginjak usia dewasa dan jarang ditemukan pada anak-anak. Kondisi ini memang tidak membahayakan, tetapi rasa nyeri yang timbul bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, terutama jika nyeri tersebut terjadi selama berhari-hari atau berminggu-minggu.

Proctalgia fugax bisa dialami oleh siapa pun, namun kondisi ini biasanya baru akan timbul setelah masa puber dan lebih sering menyerang wanita dibandingkan dengan pria. Hal ini bisa jadi karena wanita cenderung lebih sering peiksa ke dokter jika memiliki keluhan tertentu. Jadi, belum tentu pria memiliki kemungkinan lebih kecil.

Mengetahui Penyebab Proctalgia Fugax

Penyebab proctalgia fugax belum diketahui secara pasti hingga saat ini. Walaupun begitu, beberapa studi menunjukkan jika penyakit ini memiliki hubungan dengan adanya gangguan pada nervus pudendal. Nervus pudendal bisa bermasalah setelah adanya tindakan tertentu, seperti operasi wasir atau histerektomi vaginal.

Selain itu, proctalgia fugax juga bisa disebabkan oleh faktor lainnya, seperti :

  • Stres
  • Menstruasi
  • Aktivitas seksual (mislanya berhubungan intim)
  • Sembelit (susah buang air besar)

Tanda dan Gejala Penyakit Proctalgia Fugax

Proctalgia fugax merupakan salah satu penyebab dari nyeri anus. Gejala penyakit proctalgia fugax yang bisa timbul yaitu kejang otot di area anus, biasanya di bagian agak bawah. Rasa sakit atau kejang otot ini bisa terjadi secara tiba-tiba, tanpa gejala, dan begitu menyakitkan.

Gejala penyakit proctalgia fugax ini bisa terjadi selama beberapa detik saja, walaupun dalam beberapa kasus juga bisa terjadi selama 30 menit. Kondisi ini bisa cukup parah sampai-sampai Anda tidak bisa keluar rumah untuk beraktivitas.

Nyeri ini umumnya akan hilang dan mereda dengan sendirinya. Ketika otot-otot di sekitar anus tidak mengejang, maka penderita proctalgia fugax biasanya tidak merasakan sakit. Jarak antara kejang pertama dan berikutnya pun cukup lama.

Umumnya penderita akan merasakan gejala penyakit proctalgia fugax pada malam hari. Walaupun begitu, tidak menutup kemungkinan jika gejala nyeri juga bisa dirasakan pada siang hari. Segera temui dokter jika nyeri anus tidak kungjung reda, atau disertai dengan perdarahan anus, pusing, kehilangan kesadaran, demam, menggigil, atau diare.

Tips Pengobatan Proctalgia Fugax

Tidak ada pengobatan khusus untuk proctalgia fugax. Pengobatan yang diberikan sebatas untuk meredakan gejala proctalgia fugax. Misalnya pemberian obat anti-nyeri untuk membantu meringankan rasa sakit.

Walaupun begitu, cara mengurangi gejala penyakit proctalgia fugax pada setiap penderita berbeda. Pasalnya, penyebab dari kondisi ini belum bisa dipastikan. Maka dari itu, perawatan yang dilakukan pun hanya bertujuan untuk meredakan gejala yang timbul.

Jika kondisi ini dipicu oleh stres, konseling dengan terapis atau psikolog bisa membantu mengatasi gejala. Berendam air hanya dan memberikan enema air hangat juga bisa membantu untuk meredakan gejala proctalgia fugax. Kemungkinan dokter juga akan meresepkan salep atau krim glyceryl trinitrate.

Jika spasme otot sudah parah, mungkin Anda juga akan dianjurkan untuk mendapatkan suntikan botoz pada area yang terpengaruh. Anda juga bisa diberikan bius melalui suntikan lokal.

Karena penyebabnya belum diketahui secara pasti, maka tidak ada langkah pencegahan spesifik yang bisa dilakukan untuk menghindari penyakit ini. Jika ada pencetus yang melatarbelakangi, langkah penghindaran pencetus ini bisa menjadi salah satu usaha untuk meminimalkan risiko penyakit kembali terjadi. Semoga bermanfaat.