Cara Perawatan Osteoporosis Secara Efektif dan Pencegahannya

Cara Perawatan Osteoporosis Secara Efektif dan Pencegahannya – Selamat datang kembali di website www.ujangherbal.com yang merupakan situs resmi informasi berbagai kesehatan dan menjual obat herbal yang tentunya berkualitas, aman dan terpercaya. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai Cara Perawatan Osteoporosis Secara Efektif dan Pencegahannya. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, mari kita simak penjelasannya berikut ini.

cara perawatan osteoporosis secara efektif dan pencegahannya

Pengertian Osteoporosis

Osteoporosis atau biasa disebut dengan pengeroposan tulang adalah suatu kondisi kualitas kepadatan tulang menjadi menurun, sehingga akan membuat tulang menjadi keropos dan rentan mengalami retak. Pada umumnya kondisi osteoporosis ini baru akan diketahui setelah ditemukannya retak pada tulang, setelah itu, penderita pun akan mengalami jatuh ringan. Kondisi retak pada pergelangan tangan, tulang belakang dan tulang pinggul merupakan kasus yang paling banyak ditemukan pada penderita osteoporosis.

Berdasarkan hasil penelitian pada tahun 2006 di Indonesia ada sebanyak 23% wanita yang berusia 50 hingga 80 tahun dan 53% wanita yang berusia 70-80 tahun menderita penyakit osteoporosis. Bahkan pada wanita akan berisiko empat kali lebih besar dibandingkan dengan pria. Meskipun osteoporosis sebagian besa dialami oleh wanita yang telah memasuki masa menopause, namun osteoporosis juga dapat terjadi pada pria, wanita yang masih berusia muda, bahkan anak-anak. Hal itu disebabkan oleh kekurangan asupan kalsium yang menjadi salah satu penyebab kasus terjadinya osteoporosis di Indonesia.

Penderita osteoporosis memiliki tulang yang mudah patah sehingga saat mengalami cedera sedikitpun akan berakibat fatal. Sedangkan bagi penderita osteoporosis yang parah, batuk yang keras pun bahkan akan mengalami patah pada bagian tulang belakang. Selain itu, kondisi yang lebih berbahayanya lagi, jika penderita yang mengalami kondisi osteoporosis parah kemungkinan bisa berpotensi mengalami kelumpuhan, sehingga akan menyebabkan sakit yang parah, mengalami penurunan mobilitas, sudah tidur, berkurangnya fungsi pada paru-paru, mengalami patah tulang dibagian pergelangan tangan, tulang belakang dan pinggul, serta mengalami kecacatan pada tulang belakang.

Tanda dan Gejala Osteoporosis

Pada umumnya tidak ada gejala yang akan terjadi pada kondisi osteoporosis. Akan tetapi pada beberapa kondisi berikut dapat menjadi gejala terjadinya osteoporosis seperti sakit punggung, menurunnya tinggi badan, postur tubuh menjadi bungkuk, sering mengalami cedera atau kerekatan tulang. Kondisi berkurangnya kepadatan tulang akan membuat rentan mengalami keterakan, dan biasanya akan terjadi pada tulang belakang, pergelangan tangan, lengan serta tulang pangkal paha.

Cara Perawatan Osteoporosis

Selain melakukan cara perawatan osteoporosis, Anda juga harus melakukan pengobatan, karena setidaknya pengobatan osteoporosis ini dapat mempertahankan kepadatan masa tulang, serta dapat mengontrol rasa nyeri yang sering timbul akibat kondisi osteoporosis. Pada tim dokter juga berperan aktif dalam mengembalikan kepadatan masa tulang, yang bertujuan untuk memaksimalkan perkembangan masa tulang. Berikut ini ada beberapa cara perawatan osteoporosis yang dapat Anda lakukan, antara lain :

  • Konsumsi makanan yang mengandung kalsium dan vitamin D
  • Menahan beban secara teratur dan juga terlatih
  • Hindari merokok dan minuman alkohol
  • Melakukan aktivitas olagraga secara rutin

Cara Pencegahan Osteoporosis

Selain melakukan cara perawatan osteoporosis, ada pencegahan yang harus dilakukan. Kekuatan tulang dan juga potensi berisiko osteoporosis ditentukan oleh gen. Tetapi memiliki faktor gaya hidup seperti pola makan dan juga olagraga juga akan berdampak pada kualitas tulang Anda. Sebagai pencegahan osteoporosis Anda dapat melakukan cara yang sederhana, yaitu :

  • Olahraga. Bagi penderita osteoporosis sangat disarankan untuk konsultasikan dengan dokter untuk memastikan apakah aktivitas olahraga tersebut bisa dilakukan. Peregangan otot hendaknya dapat dilakukan selama 2-3 hari dalam seminggu, termasuk pada bahu, lengan, pinggang, punggung, perut, tungkai, dan dada.
  • Melatih kekuatan tulang. Gerakan seperti push-up, mengangkat berat, atau latihan dengan menggunakan peralatan. Tarikan yang dilakukan otot tendon terhadap tulang ternyata dapat meningkatkan kekuatan tulang.
  • Terapkan pola makan sehat. Penderita sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin D dan kalsium, guna untuk menjaga kesehatan tulang agar tetap sehat. Vitamin D sangat penting dalam penyerapan kalsium yang diperlukan untuk memperkuat tulang dan gigi, seperti pada kuning telur, hati sapi dan susu kedelai.
  • Hindari kebiasaan buruk. Sangat disarankan untuk menghindari merokok dan hindari minuman yang mengandung alkohol guna untuk menjaga dan melindungi dari kondisi osteoporosis.

Tags: