Cara Perawatan Mata Bintitan Dengan Mudah Tanpa Resep Dokter

Cara Perawatan Mata Bintitan – Meskipun mata bintitan memang jarang terjadi, tetapi anda juga bisa mengalami mata bintitan kapan saja. Kondisi tersebut tidak hanya mengganggu pada penglihatan, tetapi juga sangat mengganggu pada penampilan dan mungkin akan menjadi pusat perhatian banyak orang. Selama ini terdapat banyak pilihan dengan berbagai macam pengobatan secara alami sebagai obat mata bintitan yang banyak dikenal di kalangan masyarakat. Maka dari itu, kita tidak perlu memikir panjang, karena banyak bahan-bahan alami yang ada di sekeliling kita yang dapat kita manfaatkan untuk pengobatan maupun perawatan mata bintitan dengan mudah tanpa menggunakan resep dari dokter.

cara perawatan mata bintitan dengan mudah tanpa resep dokter

Mata bintitan memiliki istilah medis dalam bahasa Inggis yaitu Stye. Pada umumnya, mata bintitan terjadi pada area kelopak mata, hal ini dipicu oleh adanya bakteri Staphylococcus Aureus. Terjadinya pembengkakan di area kelopak mata tersebut sering disertai dengan nanah. Meskipun akan menimbulkan rasa sakit, tetapi kondisi seperti ini tidak berbahaya jika diatasi dengan tepat.

Sebenarnya kondisi mata bintitan ini akan membaik dengan sendirinya, tanpa harus melakukan pengobatan apapun. Jika kondisi bisul bintitan pada mata akan pecah, maka akan mengeluarkan nanah dan kemudian akan mulai proses pemulihan. Perlu diketahui bahwa, jika anda sedang mengalami kondisi tersebut maka hindari untuk memencet atau mengeluarkan nanah dari dalam bisul pada kelopak mata, hal ini dikarenakan akan membuat infeksi menjadi semakin luas. Biasanya mata bintitan akan sembuh dalam waktu satu hingga tiga minggu.

Cara Perawatan Mata Bintitan

Berikut ini ada beberapa cara perawatan mata bintitan supaya cepat sembuh, diantaranya :

  • Kompres Mata

Cara perawatan mata bintitan yang pertama yaitu dengan cara mengompreskan pada mata dengan menggunakan air hangat. Namun perhatikan juga suhu air supaya tidal terlalu panas karena justru akan melukai bola mata. Caranya, celupkan lap bersih ke dalam air hangat, lakukan pemerasan pada lap tersebut, kemudian tempelkan pada area atas kelopak mata yang mengalami bintitan.

Lakukan prosedur ini selama 5 hingga 10 menit sebanyak tiga hingga empat kali dalam sehari, supaya mulai mengeluarkan nanah, karena hal tersebut merupakan tanda akan segera sembuh. Selain itu, menjaga kebersihan mata juga sangat penting, selama prosedur ini dan juga masa pemulihan. Hindari juga mata mengering dan mengelupas, pastikan area mata tetap lembab.

  • Kantong Teh

Jangan langsung dibuang setelah menyeduh teh, karena kantong teh bermanfaat untuk dijadikan cara perawatan mata bintitan. Caranya, kompreskan kantong teh yang masih hangat pada area mata yang mengalami bintitan, biarkan selama 10 menit. Kemudian celupkan kembali ke dalam teh tawar, dan ulangi mengompres lagi sebanyak 5 kali sehari.

  • Daun Sirih

Daun sirih termasuk ramuan herbal yang bersifat antibiotik. Telah banyak orang yang membuktikan dari daun yang beraroma khas ini. Untuk cara perawatan mata bintitan menggunakan daun sirih yaitu rebus beberapa lembar daun sirih dengan menggunakan air bersih. Gunakan saringan, kemudian airnya basuhkan pada wajah. Atau anda juga bisa menggunakan cotton bud lalu oleskan pada area mata yang mengalami bintitan.

  • Minyak Kelapa

Gunakan cotton bud untuk mengoleskan minyak kelapa pada area mata yang mengalami bintitan dan biarkan sampai mengering. Ulangi pengolesan beberapa kali setelah minyak kelapa mengering dan meresap ke dalam kulit.

  • Minyak Kayu Putih

Celupkan cotton bud ke dalam minyak kayu putih secukupnya lalu oleskan pada bagian mata yang mengalami bintitan. Tutup mata untuk menghindari minyak masuk kedalam mata.

  • Lidah Buaya

Haluskan lidah buaya, lalu oleskan pada bagian mata yang bintitan. Biarkan sampai mengering. Setelah selesai, kompres dengan menggunakan air hangat, dan ulangi lagi sebanyak 2 sampai 3 kali.

  • Bawang Putih

Bawang putih yang memiliki sifat antibakter bisa digunakan untuk cara perawatan mata bintitan. Lakukan pengompresan menggunakan air hangat, kemudian lakukan terapi dengan bawang putih. Caranya, iris bawang putih kemudian usapkan pada bagian mata yang berair di bagian kelopak mata. Selain itu, Anda juga bisa menghancurkannya terlebih dahulu sebelum diusapkan pada kelopak mata.

Sebaiknya konsultasika pada dokter jika mengalami rasa sakit yang sangat mengganggu. Biasanya dokter pun akan mencari sumber penyebab adanya infeksi tersebut seperti bulu mata yang terdekat dengan area tempat bintitan tersebut untuk mencabut bulu mata tersebut. Selain itu, pada kasus-kasus tertentu, bintitan yang tidak kunjung sembuh akan dilakukan pemeriksaan dan akan ditangani oleh dokter spesialis mata. Itulah beberapa cara perawatan mata bintitan, semoga bisa membantu dan bisa menjadi rekomendasi untuk Anda dan juga keluarga anda.

Tags: