Cara Perawatan Gondongan Dengan Cepat Disertai Penyebabnya

Cara Perawatan Gondongan Dengan Cepat Disertai Penyebabnya – Apakah Anda pernah mendengar mengenai penyakit gondongan? Mungkin hal ini sudah tidak asing lagi. Pada setiap orang pasti pernah mengalami gejala dari penyakit gondongan, atau bahkan mengalami penyakit gondongan tersebut. Ketika baru memasuki pada gejala, maka seseorang akan merasakan tidak nyaman pada bagian tenggorokannya sehingga dapat mengakibatkan pembengkakan kelenjar parotis. Tetapi setelah sudah menjadi penyakit tersebut, maka sudah tidak boleh disepelekan lagi. Sebelum kita membahas pada cara perawatan gondongan, mari kita bahas lebih lengkap, apa itu penyakit gondongan.

cara perawatan gondongan dengan cepat disertai penyebabnya

Pengertian Gondongan

Gondongan adalah terjadinya pembengkakan pada area kelenjar parotis yang diakibatkan oleh infeksi virus. Kelenjar parotis tersebut merupakan suatu kelenjar yang berperan sebagai memproduksi air liur dan terletak tepat pada bawah telinga. Ketika sedang mengalami gondongan, maka bagian sisi wajah akan terlihat membesar. Pada umumnya penyakit gondongan ini merupakan penyakit menular yang seringkali diderita oleh anak-anak.

Proses penyebaran virus gondongan ini dapat terjadi dengan melalui percikan ludah yang dikeluarkan oleh penderita tersebut saat batuk atau bersin. Bahkan orang yang sehat pun dapat tertular gondongan jika percikan tersebut masuk ke dalam hidung atau mulut mereka baik secara langsung maupun melalui perantara seperti berbagi alat makan dengan penderita dan menyentuh pada permukaan benda-benda yang sudah terkontaminasi virus dari penderita.

Selain itu, gondongan juga dapat menyebar dalam waktu beberapa hari. Untuk itu, lakukan pencegahan dengan cepat dan tepat, dengan cara menghindari kontak langsung dengan penderita serta melakukan imunisasi terutama bagi anak-anak di atas usia satu tahun.

Penyebab Gondongan

Seperti yang telah dijelaskan di atas, penyebab dari gondongan yaitu oleh adanya virus yang dinamakan Paramyxovirus. Ketika virus tersebut ke dalam saluran pernafasan dengan melalui hidung, mulut atau tenggorokan, maka virus tersebut akan menetap serta dapat berkembang biak sehingga akan menginfeksi pada kelenjar parotis yang menyebabkan kelenjar tersebut mengalami pembengkakan.

Dalam penularan tersebut, penderita pada orang yang sehat juga dapat terjadi dalam beberapa hari sebelum kelenjar penderita mengalami pembengkakan hingga lima hari setelah timbulnya pembengkakan.

Gejala Gondongan

  • Sakit kepala
  • Demam tinggi
  • Sakit tenggorokan
  • Leher kaku
  • Mual dan muntah
  • Lesu
  • Mulut kering
  • Nafsu makan menurun
  • Nyeri pada sendi

Komplikasi Gondongan

Paramyxovirus akan menyebar pada alat reproduksi yaitu pada laki-laki bagian buah pelir, sedangkan pada perempuan di bagian indung telur. Organ-organ tersebut akan mengalami pembengkakan sehingga menjadi kaku dan terasa nyeri. Selain itu virus ini juga dapat menyebar pada kelenjar pankreas yang dapat menyebabkan penderita mengalami mual, muntah dan demam. Serta dapat menyebar ke bagian telinga sehingga akan mengalami gangguan pada pendengaran dan kasus yang paling serius yaitu jika virus telah menginfeksi pada selaput otak.

Lantas bagaimana cara perawatan gondongan dengan tepat?

Cara Perawatan Gondongan

  • Kompres menggunakan air hangat

Air hangat dapat digunakan sebagai cara perawatan gondongan dengan cara mengompreskan supaya tubuh yang mengalami demam dapat menyesuaikan dengan suhu air tersebut sehingga kita bisa menghindari naik turunnya suhu tubuh.

  • Hindari makanan yang asam

Mengonsumsi makanan yang mengandung asam dapat mengakibatkan benjolan pada leher menjadi terasa perih. Oleh karena itu, penderita harus menghindari dari makanan ataupun minuman asam guna untuk mengurangi rasa perih yang dialami.

  • Istirahat yang cukup

Seseorang yang menderita gondongan sebaiknya istrirahat cukup serta menghindari kebiasaan buruk seperti bergadang karena akan memperburuk pada kondisi Anda. Bergadang akan membuat sistem imunitas tubuh menjadi menurun. Sehingga ketika sedang istrirahat maka organ tubuh pun akan beristirahat serta fungsinya akan maksimal.

  • Konsumsi makanan lunak

Supaya gejala gondongan tidak semakin parah, sebaiknya lakukan cara perawatan gondongan yaitu dengan mengonsumsi makanan yang lunak seperti bubur. Ketika penderita mengonsumsi makanan yang kasar dan sulit untuk dicerna maka akan mengakibatkan rasa linu pada area kelenjar parotis.

  • Ramuan jahe

Jahe merupakan salah satu rempah-rempah alami yang memiliki kandungan antiinflamasi yang dapat mengurangi peradangan termasuk pada leher yang mengalami pembengkakan. Untuk cara perawatan gondongan menggunakan jahe yaitu tumbuk beberapa buah jahe sampai halus, kemudian lumuri pada bagian leher yang mengalami pembengkakan tersebut.

  • Mengoleskan lidah buaya

Mengoleskan gel lidah buaya, kemudian balurkan pada area leher yang mengalami bengkak tersebut. Lidah buaya yang memiliki sensasi dingin ternyata bisa meminimalisir rasa sakit yang dialami.

  • Bawang putih

Bawang putih yang memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh, bahkan banyak digunakan dalam mengobati sakit gigi dan juga gusi bengkak. Tidak hanya itu saja, ternyata bawang putih juga dapat digunakan sebagai cara perawatan gondongan. Selain itu, bawang putih juga mampu meransang produksi glutathione yang berfungsi untuk penambah kinerja dari kelenjar parotis tersebut.

  • Mengkudu

Selain dijadikan untuk pengobatan diabetes, ternyata mengkudu atau yang disebut noni ini juga bisa digunakan sebagai cara perawatan gondongan. Bahan alami ini bisa dijadikan sebagai jus atau dikonsumsi secara langsung. Namun jangan dikonsumsi saat warnanya hijau karena mengkudu tersebut masih mentah sehingga rasanya tidak akan enak.

Pencegahan Gondongan

Upaya pencegahan penyakit gondongan dapat dilakukan sejak dini dengan memberikan imunisasi MMR khususnya pada anak-anak. Pemberian vaksin akan dilakukan ketika anak berusia 1 dan harus diulangi lagi saat usia 5 tahun. Sedangkan seseorang yang tidak mendapatkan vaksin sejak kecil, ada upaya pencegahan yang dapat dilakukan yaitu dengan cara menjaga kebersihan tangan, tidak memakai peralatan mandi orang lain, menggunakan tisu saat bersin atau batuk, dan memakai masker. Sementara bagi penderita yang mengalami gondongan sangat dianjurkan untuk tidak melakukan aktivitas diluar rumah guna untuk mencegah penyebaran pada orang lain.

Tags: