Cara Pengobatan Pusing Secara Alami dan Aman

Cara Pengobatan Pusing Secara Alami dan Aman – Setiap orang hampir pernah merasakan pusing, tidak hanya pada orang dewasa, pada anak-anak juga kerap mengalaminya. Biasanya kondisi ini tidak akan berlangsung lama, tetapi cukup mengganggu pada berbagai aktivitas sehari-hari. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui cara pengobatan pusing secara alami serta aman tanpa harus mengonsumsi obat pusing. Lalu bagaimana cara pengobatan pusing secara alami tersebut? Mari kita simak selengkapnya berikut ini.

cara pengobatan pusing secara alami dan aman disertai penyebabnya

Cara Pengobatan Pusing Secara Alami dan Aman

Informasi Lengkap

Pada umumnya pusing akan membuat kepala menjadi terasa berat, badan menjadi terasa tidak seimbang dan bahkan dapat menyebabkan pingsan. Pusing yang ringan biasanya sering disebabkan oleh dehidrasi, stres, mabuk, melakukan olahraga yang berlebihan, perubahan hormonal dan efek dari obat. Selain itu, kondisi pusing bukanlah suatu penyakit namun gejala dari kondisi kesehatan lain seperti anemia, darah rendah, gangguan penglihatan, infeksi pada telinga, gangguan saraf, hipoglikemia, mengalami cedera pada kepala, dan kondisi lainnya.

Pada kondisi pusing yang tidak terlalu sering, pada umumnya dengan cara pengobatan pusing secara alami cukup dalam mengatasinya. Akan tetapi, jika gejala terus berlanjut dan muncul lebih sering, sebaiknya konsultasikan dengan dokter supaya mendapatkan penanganan yang tepat.

Lalu bagaimana cara pengobatan pusing secara alami?

  • Perbanyak Minum Air Putih

Saat pusing atau sakit kepala, menjadi aliran darah dan oksigen menuju ke otak akan mengalami gangguan sehingga otak akan kekurangan oksigen dan juga aliran darah. Dari hal itulah yang dapat menyebabkan seseorang menjadi pusing. Maka dari itu, perbanyak minum air putih untuk melancarkan aliran darah dan oksigen. Seseorang yang mengalami dehidrasi akan sering merasakan pusing sehingga asupan oksigen dan aliran darah pun berkurang.

  • Pisang

Buah pisang ternyata tidak hanya mengandung berbagai vitamin dan potasium saja, tetapi pisang juga mengandung magnesium yang berfungsi untuk meredakan migrain. Maka dari itu, saat sedang merasa pusing atau sakit kepala, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi pisang, karena cukup efektif untuk meredakan sakit kepala.

  • Teh

Teh merupakan salah satu minuman yang bisa menyenangkan. Adanya bahan aktif didalam teh dapat meredakan stres serta menenangkan pikiran. Untuk meredakan pusing dengan cepat, Anda bisa menambahkan sedikit air perasan lemon ke dalam teh tersebut.

  • Kentang

Pusing bisa disebabkan oleh kekurangan asupan kalium. Kandungan kalium yang terdapat pada kentang, yang dapat Anda konsumsi dengan cara di rebus secara rutin. Hindari memasak kentang dengan menggunakan minyak karena minyak akan membuat kentang memiliki lemak jenuh yang justru akan membahayakan bagi tubuh.

  • Es Batu

Es batu dapat digunakan sebagai cara pengobatan pusing secara alami. Caranya hanya dengan menggosokkan es batu pada bagian kepala yang terasa pusing. Adanya sensasi dingin dari es batu ini akan membuat mati rasa sehingga sakit kepala hilang seketika.

  • Kopi

Minuman yang mengandung kafein ini terbukti dapat mengobati sakit kepala atau pusing. Namun, cara pengobatan pusing ini harus dengan jumlah yang wajar. Karena jika terlalu banyak minum kopi dapat mengakibatkan sakit kepala di kemudian hari.

  • Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih bisa merilekskan pikiran karena memiliki aroma yang bersifat menenangkan. Kayu putih merupakan tanaman obat yang kaya akan sineol, terpineol, aldehid valerat, butirat, dan lainnya. Dari semua kandungan tersebut dipercaya dapat menghilangkan sakit kepala dan pusing. Anda bisa mencium aroma dari minyak kayu putih sebelum mengoleskannya.

  • Biji wijen

Kondidi migrain terjadi karena hormon estrogen yang tidak stabil. Biji wijen yang mengandung vitamin E tinggi yang berfungsi untuk menstabilkan hormon estrogen sehingga migrain akan berkurang. Selain itu, biji wijen juga memiliki kandungan magnesium yang dipercaya dapat mencegah sakit kepala.

  • Aromaterapi

Aromaterapi yang menenangkan dapat membuat kepala menjadi terasa rileks. Berbagai aromaterapi seperti aroma bunga, buah dan aroma lainnya. Dengan meletakkan aromaterapi tersebut di kamar agar bisa menghirup wanginya.

  • Semangka

Semangka adalah salah satu buah-buahan yang kaya akan air. Buah ini bis digunakan untuk menghindari dehidrasi. Namun tidak hanya pada semangka saja, buah lainnya juga bisa digunakan untuk menghilangkan rasa pusing dan sakit kepala yang diakibatkan oleh dehidrasi. Buah kaya akan air tersebut terdapat pada buah melon, buah pir, jeruk, dan lainnya.

  • Biji Alpukat

Biji alpukat ternyata bisa digunakan sebagai cara pengobatan pusing secara alami, tetapi bukan dengan cara mengonsumsi pada biji alpukat tersebut. Biji alpukat ini digunakan sebagai obat luar untuk menyembuhkan rasa pusing dan sakit kepala, dengan cara parut ke dua biji buah alpukat hingga berbentuk serbuk. Kemudian, parutan tersebut ditambahkan dengan sedikit air. Lalu oleskan pada dahi atau area lainnya. Lakukan pengolesan biji alpukat ini pada malam hari dan diamkan selama 1-2 jam.

Itulah berbagai cara pengobatan pusing secara alami dan aman yang dapat Anda lakukan. Apabila cara tersebut tidak mendapatkan perubahan, alangkah baiknya untuk konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Tags: