Cara Mengatasi Irritable Bowel Syndrome Dengan Mudah di Rumah

Cara Mengatasi Irritable Bowel Syndrome Dengan Mudah di Rumah,- www.ujangherbal.com – Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh, kita biasanya akan mengonsumsi makanan atau minuman yang kaya akan kandungan gizi diperlukan oleh tubuh. Untuk mendapatkan nutrisi tersebut, makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh akan melewati proses pengolahan di dalam sistem pencernaan. Ada banyak organ yang terlibat dalam sistem pencernaan manusia, agar makanan bisa dicerna dan diserap oleh tubuh.

Mengingat begitu pentingnya fungsi saluran pencernaan, maka kita dianjurkan untuk selalu menjaga kesehatannya. Walaupun begitu, terkadang saluran pencernaan juga bisa mengalami masalah. Ada beragam gangguan kesehatan yang bisa menyerang saluran pencernaan, salah satunya yaitu irritable bowel syndrome.

Apa itu irritable bowel syndrome? Dan adakah cara mengatasi irritable bowel syndromeyang bisa dilakukan? Simak uraian lengpanya dibawah ini !

Cara Mengatasi Irritable Bowel Syndrome

Mengenal Gangguan Pencernaan Irritable Bowel Syndrome serta Cara Mengatasinya

Sebagian orang mungkin merasa asing dengan masalah saluran pencernaan yang satu ini. Irritable bowel syndrome (IBS) merupakan gangguan pada saluran pencernaan yang umum terjadi dan biasanya terjadi dalam jangka panjang. Gangguan ini menyerang usus besar dalam waktu yang lama dengan gejala yang terus kambuh dari waktu ke waktu.

Usus besar sendiri berfungsi untuk menyerap air. Biasanya otot usus besar berkontraksi dan akan mendorong kotoran keluar. Pada IBS, kontraksi otot ini mungkin bekerja secara tidak normal. Terlalu banyak kontraksi bisa memicu timbulnya diare. Sedangkan kontraksi yang lebih lambat atau sedikit bisa memicu sembelit. Kontraksi otot yang tidak teratur atau berselang mungkin bisa menimbulkan rasa sakit atau membuat penderitanya merasa terdesak untuk segera ke kamar kecil.

Umumnya IBS terjadi pada orang bekerja yang berusia 20-45 tahun. Setidaknya 1 dari 10 pekerja pernah mengalaminya. Kondisi ini lebih sering dialami oleh perempuan dibandingkan laki-laki.

Penyebab dan Faktor Risiko Irritable Bowel Syndrome

Penyebab dari irritable bowel syndrome ini belum diketahui secara pasti. Diduga salah satu penyebabnya adalah rasa cemas dan stres yang berlebihan. Rasa cemas dans tres bisa memengaruhi gerakan usus dan menyebabkan usus menjadi lebih sensitif terhadap rasa nyeri.

Selain itu, ada beberapa faktor yang diduga dapat memicu timbulnya risiko IBS, diantaranya yaitu :

  • Infeksi yang terjadi di saluran pencernaan
  • Perubahan kondisi bakteri normal dalam usus kecil
  • Gangguan fungsi otak ketika mengirim sinyal ke usus
  • Gangguan kesehatan mental, seperti gangguan panik, cemas, depresi, dan stres
  • Mengonsumsi makanan atau minuman tertentu yang sulit untuk dicerna, seperti makanan yang tinggi asam, lemak, gula, atau karbohidrat
  • Makanan terlalu cepat atau lambat dicerna di saluran pencernaan, sehingga menyebabkan diare atau konstipasi
  • Terjadi perubahan kadar hormon atau zat kimia lainnya di dalam tubuh yang berperan untuk menstransmisikan sinyal-sinyal saraf.

Gejala Irritable Bowel Syndrome

Sakit perut merupakan gejala utama dari irritable bowel syndrome. Perut biasanya akan terasa seperti mengalami kram. Keluhan sakit perut ini umumnya terjadi saat stres, dan sakit peruta kan semakin hebat jika penderitanya makan. Hal yang khas terjadi pada penderita IBS yaitu sakit perut yang akan hilang begitu penderitanya buang air besar.

Tidak hanya itu, juga ada beberapa gejala lain yang bisa timbul akibat IBS, yaitu diantaranya :

  • Perut terasa begah
  • Diare, terutama terjadi di pagi hari setelah makan
  • Sering bersendawa
  • Sembelit

Namun perlu diketahui, tidak semua orang yang memiliki gejala gangguan pencernaan mengalami IBS.

Cara Mengatasi Irritable Bowel Syndrome

Cara Mengatasi Irritable Bowel Syndrome di Rumah

Mengubah gata hidup menjadi lebih sehat mungkin bisa membantu mengatasi irritable bowel syndrome. Lebih rinci lagi, berikut ini merupakan beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasi irritable Bowel Syndrome, yaitu diantaranya :

  • Pilih makanan dengan cerdas

Bukan hal yang mengejutkan jika beberapa jenis makanan bisa memperburuk kondisi gangguan pencernaan. Maka dari itu, selali perhatikan jenis-jenis makanan yang bisa memicu timbulnya gejala, dan cobalah untuk menghindarinya.

Beberapa jenis makanan dan minuman yang sering membuat gangguan pencernaan semakin memburuk diantaranya yaitu, kol, kubis, brokoli, kacang-kacangan, coklat, kopi, alkohol, soda, dan produk susu.

Tidak hanya menghindari beberapa jenis makanan tertentu, Anda juga bisa mengonsumsi beberapa jenis makanan untuk membantu mengatasi irritable bowel syndrome. Produk makanan yang mengandung probiotik atua bakteri atau ragi biasanya baik untuk pencernaan. Jenis makanan ini bisa membantu meringankan gejala perut kembung dan mengurangi gas pada pencernaan.

  • Konsumsi makanan mengandung serat

Cara selanjutnya yang efektif untuk membantu mengatasi irritable Bowel Syndrome yaitu mengonsumsi makanan yang tinggi serat. Serat memiliki efek yang beragam bagi penderita IBS. Serat bisa meringankan gejala termasuk sembelit, namun juga bisa memperparah gejala lainnya, seperti kram perut, dan meningkatkan gas.

Akan tetapi, beberapa jenis makanan tinggi serat seperti sayur-sayuran, buah-buahan can kacang-kacangan tetapi dianjurkan untuk dikonsumsi secara teratur selama beberapa minggu. Pada beberapa kasus, kemungkinan dokter juga akan meminta Anda untuk mengonsumsi suplemen serat sebagai pengganti serat alami.

  • Kurangi konsumsi produk susu

Beberapa penderita intoleransi laktosa bisa mengalami IBS. Maka dari itu, untuk membantu mencerna laktosa Anda bisa mencoba mengonsumsi produk enzim tertentu atau mengganti susu dengan yoghurt. Kemungkinan dokter akan menyarankan Anda untuk menghindari produk susu seutuhnya. Jika hal tersebut terjadi, maka Anda harus memastikan jika kebutuhan kalsium dan protein tercukupi dengan makanan lain. Agar bisa merencanakan makanan yang tepat untuk membantu mengatasi irritable bowel syndrome, Anda bisa berkonsultasi pada ahli gizi.

  • Olahraga

Selain mengatur pola makan menjadi lebih sehat, penderita IBS juga dianjurkan untuk berolahraga secara rutin. Olahraga terbukti bisa membantu menurunkan stres, depresi, dan kecemasa, terutama jika dilakukan secara teratur.

Segala aktivitas yang bisa menurunkan stres bisa membantu meringankan gangguan pencernaan dengan mengatur kontraksi otot usus. Jika Anda tidak terbiasa olahraga, pastika untuk memulai dengan olahraga yang ringan. Jika Anda mulai terbiasa, maka tingkatkan intensitas dan frekuensinya secara perlahan. American Heart Association menganjurkan untuk berolahraga selama 30 menit sehari selama 5 hari dalam seminggu.

  • Jangan minum obat diare sembarangan

Cara mengatasi irritable Bowel Syndrome yang terakhir yaitu hindari mengonsumsi obat diare secara sembarangan. Jika Anda sering membeli obat di apotek untuk meringankan gejala IBS yang dialami, sebaiknya waspada. Pasalnya, obat tersebut bisa membantu meringankan juga memperburuk gejala IBS, tergantung dari bagaimana penggunaannya.

Mayo Clinic menganjurkan untuk selalu waspada jika Anda mengonsumsi obat diare yang dijual secara bebas, atau obat laktasif seperti polyethylene glycol.

Untuk mencegah timbulnya gejala, beberapa obat perlu dikonsumsi 20-30 menit sebelum makan. Agar lebih aman, biasakan untuk membaca petunjuka penggunaan yang terdapat dalam kemasan obat terlebih dahulu.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi irritable bowel syndrome yang mudah untuk dilakukan di rumah. Jika Anda belum merasa yakin dengan pola hidup mana yang harus diubah untuk meringankan gejala IBS, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter atau tenaga medis lainnya. Semoga bermanfaat.

Tags: